Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Jaringan atau Internet Telkomsel yang Lemot atau Lambat

cara mengatasi jaringan 4g yang lemot

Teknologizoo.com - 6 Cara Mengatasi Jaringan atau Internet Telkomsel yang Lemot atau Lambat, Jaringan Internet Telkomsel dianggap lebih lama daripada biasanya akhir-akhir ini, dimana ketika melakukan streaming atau menonton video di Youtube, seringkali tiba-tiba berhenti dan harus memuat ulang dengan waktu yang cukup lama.

Tentunya koneksi internet yang lambat cukup menjengkelkan karena bisa mengganggu aktifitas kita yang saat ini lebih lama duduk didepan laptop dan mengandalkan internet untuk berbagai keperluan seperti bekerja, maupun belajar secara online. 

Baca juga : Cara Melihat Penggunaan Data Internet di HP Oppo F9

Lalu, apakah ada cara mengatasi sebuah jaringan yang lambat atau dikenal juga dengan istilah lemot? pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman tentang 6 Cara Mengatasi Jaringan atau Internet Telkomsel yang Lemot atau Lambat dimana ada 6 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

6 Cara Mengatasi Jaringan atau Internet Telkomsel yang Lemot atau Lambat

Setidaknya ada 6 Cara Mengatasi Jaringan atau Internet Telkomsel yang Lemot atau Lambat yang bisa  teman-teman lakukan dan caranya bisa dibilang cukup mudah.

1. Periksa Lokasi atau Posisi 

Yang pertama, pastikan teman-teman dalam posisi yang bagus bagi smartphone untuk menangkap sinyal dari provider hal tersebut sangat berpengaruh untuk kualitas jaringan yang ditangkap, apabila indikator sinyal tidak full teman-teman bisa pindah ke tempat yang dianggap jauh lebih baik, biasanya tembok ataupun beton yang ada cukup berpengaruh bagi kualitas sinyal yang ditangkap.

2. Refresh atau Segarkan Jaringan

jaringan telkomsel lemot di android
Refresh / Muat Ulang Jaringan


Yang kedua dalam 6 Cara Mengatasi Jaringan atau Internet Telkomsel yang Lemot atau Lambat teman-teman bisa merefresh atau melakukan penyegaran terhadap jaringan yang ada. Caranya cukup matikan kemudian nyalakan ulang data seluler yang ada di smartphone.

Bisa juga teman-teman mengaktifkan mengaktifkan mode pesawat selama beberapa detik untuk menangkap sinyal yang jauh lebih baik.

3. Miliki Banyak Kuota

kapan jaringan telkomsel kembali normal
Cek Kuota Internet



Ada yang bilang, semakin banyak kuota maka semakin cepat pula koneksi internet yang berjalan, entah benar atau tidak hal tersebut, tapi setelah saya bandingkan dan amati ternyata fakta adanya, ada masa ketika kuota internet akan habis maka koneksi internet lebih lambat daripada biasanya.

4. Tutup Aplikasi Yang Tak Terpakai 

Yang keempat dalam 6 Cara Mengatasi Jaringan atau Internet Telkomsel yang Lemot atau Lambat adalah memastikan aplikasi yang ada di smartphone tertutup dengan sempurna, hal ini dilakukan khusus aplikasi yang tak digunakan saja ya teman-teman.

5.  Ganti Jaringan ke 3G/2G/H+ 

telkomsel lemot hari ini
Ganti Mode Jaringan



Bukankah dengan melakukan hal tesebut membuat internet jauh lebih lambat? memang iya, tapi faktanya hal tersebut sangat berpengaruh ketika teman-teman berada di posisi yang sulit dan jauh dari pemancar jaringan.


Hal tersebut sudah pernah saya coba ketika berada di sebuah daerah, dimana menggunakan jaringan 3G/2G jauh lebih cepat dibandingkan 4G yang cakupannya belum begitu merata.

6. Bandingkan Aplikasi dan Situs Web Yang Sama

Yang terakhir dalam 6 Cara Mengatasi Jaringan atau Internet Telkomsel yang Lemot atau Lambat apabila teman-teman merasa begitu lama ketika membuka sebuah aplikasi ataupun situs web, coba teman-teman bandingkan dengan situs lain atau aplikasi lain, lebih cepat atau lebih lambat? karena ada kemungkinan lamanya memuat sebuah web atau aplikasi bergantung dari pemilik web dan pembuat aplikasi tersebut.

Nah teman-teman demikianlah artikel tentang 6 Cara Mengatasi Jaringan atau Internet Telkomsel yang Lemot atau Lambat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

2 komentar untuk "6 Cara Mengatasi Jaringan atau Internet Telkomsel yang Lemot atau Lambat"

Silahkan Tinggalkan Komentar Jika ada yang Ingin Ditanyakan, Kritik dan Masukkan.