Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Membersihkan File Sampah di Laptop dan Komputer Sampai Tuntas

 cara membersihkan file sampah di laptop windows 7

Teknologizoo.com - 3 Cara Membersihkan File Sampah di Laptop dan Komputer Sampai Tuntas, Membersihkan file sampah yang ada pada laptop ataupun komputer merupakan salah satu cara perawatan PC ataupun Laptop secara software dimana dengan membersihkan sampah pada laptop maupun komputer bisa memberikan ruang atau space lebih kepada Harddisk, RAM juga kinerja laptop agar bekerja lebih optimal dan jauh lebih cepat. 

File Sampah pada laptop maupun komputer sendiri biasanya akan muncul sesaat setelah kita menggunakan aplikasi, browsing di internet ataupun mengunduh file kemudian kita hapus tetapi file tersebut belum sepenuhnya hilang, sekarang silahkan sobat cek Partisi Harddisk C atau Drive C pada laptop maupun komputer masing-masing, apakah sobat mengamati adanya ruang atau kapasitas yang berkurang pada Harddisk yang tertanam? jika iya, maka dapat disimpulkan ada banyak file sampah yang mengendap disana.

Membersihkan Laptop dan Komputer dari File sampah sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan Harddisk, memberikan ruang lebih kepada RAM ( Random Access Memory ) maupun kinerja laptop karena dengan membersihkan sisa-sisa sampah akan membuat kinerja laptop ataupun komputer kita jauh lebih cepat dari biasanya. 

Lantas bagaimana cara membersihkan pc agar tidak lemot di windows 7,8 dan 10 juga cara menghapus file yang tersembunyi di laptop? caranya sendiri sangatlah mudah karena pada artikel ini saya akan membahas tentang 3 Cara Membersihkan File Sampah di Laptop dan Komputer Sampai Tuntas

3 Cara Membersihkan File Sampah di Laptop dan Komputer Sampai Tuntas

Ada 3 cara nih yang bisa sobat lakukan untuk membersihkan file sampah pada pc agar tidak lemot dan cara ini juga bisa kita terapkan pada semua tipe sistem operasi baik itu windows 7, 8 dan 10 dan caranya sendiri tentu sangatlah mudah.

1. Melakukan Disk Cleanup Pada Harddisk

Langkah pertama dalam cara membersihkan file sampah yang tersembunyi di laptop atau komputer bisa kita lakukan dengan memanfaatkan fitur Disk Cleanup dimana cara ini terbukti efektif untuk menghapus file-file yang tak diperlukan dan sudah lama mengendap di setiap partisi harddisk tanpa kita sadari. 

Cara melakukan Disk Cleanup sendiri sangatlah mudah.
  • Buka File Explorer
  • Klik Kanan Pada Partisi Harddisk Yang Dipilih
  • Pilih Properties
  • Klik Disk Cleanup 
Sekarang mari kita simak gambar berikut ini.

cara membersihkan file sampah di drive c
Proses Disk Cleanup Pada Harddisk

Silahkan klik Disk Cleanup maka akan muncul sebuah jendela baru seperti berikut ini.

cara membersihkan sampah di laptop dengan cmd

Nah diatas merupakan proses dari Disk Cleanup yang sedang beralngsung, tunggu sampai proses kalkulasi space atau ruang dan pembersihan file sampah dilakukan oleh sistem biasanya membutuhkan waktu beberapa menit tergantung seberapa banyak file sampah yang mengendap di partisi Harddisk Tersebut. 

2. Hapus File Sampah di Recycle Bin

Yang kedua dalam 3 Cara Membersihkan File Sampah di Laptop dan Komputer Sampai Tuntas adalah dengan menghapus sisa file sampah dari sebuah program melalui menu Recycle Bin, jadi ketika kita menghapus sebuah file ataupun software berkas dari software yang dihapus tersebut tidak akan langsung hilang, jadi ada tempat penampungan sementara yang menampung file-file yang sudah kita hapus, nah tempat penampungan sementara inilah yang namanya Recycle Bin 

Cara membersihkan file tersembunyi pada laptop dan komputer melalui Recycle Bin sendiri cukup mudah dimana kita hanya perlu membuka Recycle Bin kemudian hapus semua file sampah yang ada disana, contohnya seperit berikut ini. 

cara membersihkan pc agar tidak lemot
Tampilan Recycle Bin

Nah pada bagian inilah kita akan melihat betapa banyaknya file sampah tersembunyi yang mengendap di Harddisk dan di semua tipe sistem operasi baik itu Windows 7, 8 maupun 10, maka agar file sampah tersebut bisa hilang kita tinggal blok file yang ingin dihapus, setelah itu klik delete. 

Maka otomatis file sampah yang tersembunyi di laptop otomatis akan hilang dan kapasitas Harddisk pada PC akan jauh lebih besar. 

3. Membersihkan File Sampah Menggunakan Windows + R

Nah ini langkah terakhir dalam 3 Cara Membersihkan File Sampah di Laptop dan Komputer Sampai Tuntas yang bisa kita lakukan yaitu dengan menggunakan fitur Run atau yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan penjabaran Windows + R caranya sendiri cukup mudah kok sobat. 
  • Tekan Windows + R
  • Ketikkan kata Kunci Temp ( merupakan singkatan dari temporary )
  • Tekan Enter
  • Hapus File sampah yang diinginkan
Jika masih jelas mari simak gambar berikut ini ya sobat. 

cara menghapus file yang tersembunyi di laptop
Fitur Run / Windows + R

Nah jika sudah seperti diatas silahkan tekan enter / pilih OK, maka akan muncul jendela baru. 

cara membersihkan sampah di laptop menggunakan windows + r
File Temp pada Laptop


Nah pada bagian inilah kita bisa menghapus seluruh file sampah dan tersembunyi, silahkan blok semua file dengan menekan Ctrl + A apabila ingin menghapus secara keseluruhan, jika sudah di blok tinggal klik delete atau tekan tombol delete pada keyboard. 

Belum selesai, kembali lagi sobat buka Recycle Bin untuk kembali menghapus file yang "ditampaung sementara" pada Recycle Bin, lakukan hal yang sama seperti pada cara nomor dua. 

Nah sampai disini kita telah berhasil mengikuti panduan 3 Cara Membersihkan File Sampah di Laptop dan Komputer Sampai Tuntas selamat mencoba ya sobat.

Posting Komentar untuk "3 Cara Membersihkan File Sampah di Laptop dan Komputer Sampai Tuntas"