Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Touchpad Delay atau Lambat 2021

 

mengatasi touchpad laptop lambat geraknya

Teknologizoo.com - Cara Mudah Mengatasi Touchpad Delay atau Lambat 2021, pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang 7 Cara Mengatasi Tocuhpad Laptop Tidak Sensitif atau Kurang Responsif dimana touchpad laptop yang agak delay terkadang jadi permalasahan pada laptop yang kita gunakan, tak hanya itu lambatnya gerak touchpad pun tak jarang dialami oleh para pengguna laptop, dalam hal ini disebut juga dengan Delay Touchpad. 

Lalu apakah ada cara mengatasi touchpad laptop yang delay atau memiliki gerakan yang lambat? pada artikel ini akan saya bahas tentang Cara Mudah Mengatasi Touchpad Delay atau Lambat 2021. Dimana ada 2 cara ampuh yang saya gunakan ketika mengalami delay pada touchpad atau trackpad yang saya gunakan beberepa waktu lalu. 

Cara Mudah Mengatasi Touchpad Delay atau Lambat 2021

Mengatasi Touchpad yang delay, ataupun lambat ketika digerakkkan sangat mudah untuk diatasi saya sendiri hanya menggunakan 2 cara saja dan pergerakan touchpad pun kembali normal. Berikut ini adalah Cara Mudah Mengatasi Touchpad Delay atau Lambat 2021

1. Perbarui Driver Touchpad / Trackpad 

Yang pertama dalam Cara Mudah Mengatasi Touchpad Delay atau Lambat 2021 adalah dengan memperbarui Driver touchpad atau trackpad sesuai dengan merk laptop yang digunakan, disini saya sendiri menggunakan laptop Sony, maka bisa mencari drivernya di situs resmi Sony Jadi silahkan teman-teman menyesuaikan dan memperbarui Driver touchpad pada laptop masing-masing.

2. Ubah Pengaturan Touchpad Jadi No Delay 

Langkah kedua dalam Cara Mudah Mengatasi Touchpad Delay atau Lambat 2021 yaitu dengan mengubah aturan alias settingan touchpad pada lapotp yang tadinya medium, menjadi No Delay seperti pada gambar berikut ini.

mengatasi touchpad laptop agak macet
Pengaturan Mouse dan Touchpad

Untuk bisa masuk ke menu seperti pada gambar diatas, silahkan teman-teman masuk ke menu Mouse and Touchpad pada navigasi Windows. Jika sudah seperti diatas, silahkan teman-teman atur pengaturannya seperti berikut ini.

cara ubah pengaturan touchpad agar tidak lag
Pengaturan Agar Touchpad Tidak Delay / Lambat

Silahkan teman-teman ubah pengaturannya dan pilih menu No Delay ( Alaways ON ) dengan demikian akan meminimalisir delay atau lambatnya pergerakan touchpad ketika digunakan. 

Penyebab Touchpad Delay / Lambat 

Apa sih yang jadi penyebab ketika sebuah touchpad menjadi delay dan memiliki gerak yang lambat? ada beberapa penyebab diantaranya berikut ini.

  • Kotoran Yang Menempel, terkesan sepele tapi cukup berpengaruh ketika debu tak kasat mata menempel di tangan maupun touchpad otomatis akan membuat gerak touchpad jadi lambat atau delay.
  • Komponen Hardware Yang Terputus, silahkan teman-teman periksa lagi ketika touchpad laptop tidak responsif atau delay, apakah ada komponen hardware dan punya aliran ke touchpad ada yang terputus atau tidak.
  • Terkena Tumpahan Air, pernahkah teman-teman mengalami ketika touchpad pada laptop yang digunakan terkena tumpahan air? jika iya, maka bisa jadi penyebab delay atau lambatnya gerakan touchpad berawal dari tumpahan ini. 
Diatas merupakan 3 penyebab umum kenapa gerak touchpad begitu lambat atau delay. 

Akhir Kata, Cara Mudah Mengatasi Touchpad Delay atau Lambat 2021 sendiri cukup mudah dilakukan berdasarkan pengalaman pribadi saya, ada 2 langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi touchpad yang delay atau lambat yaitu dengan memperbarui driver dan mengubah pengaturan yang ada pada settingan touchpad. 

Demikianlah artikel tentang Cara Mudah Mengatasi Touchpad Delay atau Lambat 2021 semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.


Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Touchpad Delay atau Lambat 2021"