Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar Laptop Dengan VSDC Screen Recorder

 cara rekam layar komputer dengan VSDC Screen Recorder


Teknologizoo.com - Cara Merekam Layar Laptop Dengan VSDC Screen Recorder, Merekam layar laptop merupakan salah satu aktifitas yang terkadang dilakukan oleh content creator, atau untuk keperluan presentasi dalam bentuk video. Saat ini banyak sekali software yang bisa digunakan untuk merekam layar laptop ataupun komputer, jika orang pada umumnya memilih Camtasia disini saya lebih merekomendasikan software VSDC Screen Recorder. 

Kenapa VSDC Screen Recorder? setelah saya gunakan dan bandingkan ternyata menggunakan VSDC ini jauh lebih ringan dan tidak berat, juga cocok buat teman-teman yang punya laptop ataupun komputer dengan spesifikasi yang rendah.

Tak hanya itu, VSDC Screen Recorder ini juga bisa digunakan secara gratis tanpa harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar, cocok juga buat teman-teman yang terbatas tentang budget/keuangan.

Baca Juga : 4 Cara Merekam Layar Laptop Dengan WM Capture

Apa Itu VSDC Screen Recorder? 

VSDC Screen Recorder ini sebenarnya merupakan adek kandung dari VSDC Video Editor, dimana software tersebut punya beberapa tool atau alat dalam satu software, hal ini bisa disebut juga multiguna.

Nah jadi didalam VSDC Video Editor tersebut ada yang namanya VSDC Screen Recorder yang bermanfaat sekali buat teman-teman yang ingin merekam layar laptop atau komputer menggunakan software VSDC Screen Recorder tersebut.

Cara Merekam Layar Laptop Dengan VSDC Screen Recorder

Lalu bagaimana sih cara merekam layar menggunakan software Vsdc Screen Recorder ini? caranya sendiri cukup mudah dan gak sulit ya teman-teman, sebelumnya teman-teman bisa mengunduh software tersebut disini

Jika sudah diunduh mari kita masuk ke inti pembahasan tentang cara merekam layar laptop dengan vsdc screen recorder.

1. Buka VSDC Screen Recorder

Untuk bisa membuka VSDC Screen Reocrder ini ada 2 cara ya teman-teman, baik itu melalui VSDC Video Editor atau langsung menggunakan Shortcut Screen Recorder nya.

2. Tentukan Pengaturan dan Audio Video 

Langkah kedua yaitu dengan menentukan pengaturan juga audio yang ada pada video nantinya, contoh tampilannya seperti berikut ini. 

software perekam layar laptop dan komputer ringan
Tampilan Utama VSDC Screen Recorder

Langkah pertama silahkan teman-teman mengatur terlebih dahulu pengaturan sesuai dengan kebutuhan seperti mengatur format video, tempat penyimpnana video, dan kualitas audio serta ukuran layar yang ingin direkam.

Jika sudah mari kita lanjut ke langkah berikutnya.

2. Klik Start Recording Untuk Merekam Video 

Nah jika semua pengaturan dirasa sudah sesuai langkah berikutnya dalam Cara Merekam Layar Laptop Dengan VSDC Screen Recorder yaitu dengan mengklik tombol Start Recording maka otomatis kita akan dibawa ke sebuah menu baru.

3. Klik Tombol Berwarna Merah Untuk Mulai Rekaman 

Langkah ketiga sobat akan dibawa ke sebuah jendela baru seperti berikut ini.

cara merekam layar laptop dengan software vsdc
Layar rekaman dengan VSDC Screen Recorder

Nah kira-kira tampilannya seperti diatas, silahkan teman-teman klik tombol berwarna merah seperti pada gambar yang sudah saya tandai. 

Maka otomatis rekaman layar akan berjalan dengan sendirinya, untuk bisa berhenti dari rekaman teman-teman cukup menekan tombol F5/F11 dan hasil rekaman video otomatis tersimpan.

Sampai disini sebenarnya sudah berhasil merekam layar dengan software VSDC Screen Recorder.

Cara Melihat File Hasil Rekaman 

Sekarang sudah selesai merekam, lalu saya pengen lihat hasil file dari rekaman tadi, gimana caranya? pada saat melakukan pengaturan di langkah pertama pastikan teman-teman sudah memilih folder yang nantinya digunakan untuk menyimpan file rekaman layar.

Sehingga pada saat ingin memeriksa hasil rekamannya kita tidak bingung mencari file nya dimana.

Rekam Layar Komputer dan Laptop dengan Mudah menggunakan VSDC Screen Recorder
Merekam layar dengan VSDC Screen Recorder

Nah saya sendiri membuat folder terpisah khusus untuk file rekaman yang dilakukan oleh VSDC Screen Recorder, jadi ketika saya pengen melihat hasil rekamannya tidak bingung mencari file tersebut.

Keunggulan VSDC Screen Recorder

Apa sih yang menjadi keunggulan VSDC Screen Recorder? berikut ini adalah beberapa kelebihan dari VSDC Screen Recorder yang harus kita ketahui.
  • Ukuran Yang Kecil, yang pertama yaitu size software atau ukuran dari VSDC ini bisa dibilang tidak terlalu besar seperti Camtasia sehingga cocok buat teman-teman yang memiliki keterbatasan dalam urusan spesifikasi laptop / komputer.
  • Ringan dan Mudah Digunakan, penggunaan yang mudah serta aplikasi yang tidak terlalu berat jadi keunggulan tersendiri dari software ini.
  • Banyak  Tool Bermanfaat, tak hanya bisa digunakan untuk merekam layar, VSDC ini juga menawarkan fitur-fitur mewah yang bisa digunakan untuk keperluan editing dan keperluan lainnya.
  • Gratis, yang terakhir gratis tanpa harus membayar, meskipun gratisan software ini tetap memberikan fitur mewah didalamnya walaupun kita menggunakan software tersebut dalam versi gratis. 
Diatas merupakan beberapa keunggulan dari software VSDC Screen Recorder.


Posting Komentar untuk "Cara Merekam Layar Laptop Dengan VSDC Screen Recorder"