Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar dengan Open Broadcaster Software 2021

 

Cara Merekam Layar dengan Open Broadcaster Software 2021

Teknologizoo.com , Cara Merekam Layar dengan Open Broadcaster Software 2021 , Open Broadcaster Software atau yang lebih dikenal dengan singkatan OBS merupakan salah satu software yang memiliki fungsi untuk melakukan streaming dan juga recording alias merekam pada laptop maupun PC, dimana aplikasi ini cukup banyak digunakan oleh para Youtuber sekedar untuk merekam layara ataupun melakukan live streaming dari aktifitas mereka sendiri. OBS sendiri merupakan salah satu software  berbasis open source yang artinya bisa dikembangkan oleh siapapun dan bisa diunduh secara gratis, Open Broadcaster Software pertama kali dirilis pada tahun 2012 silam. 

Nah berbicara tentang software Open Broadcaster Software ada yang bertanya-tanya gimana sih cara penggunaannya? gimana sih cara melakukan streaming dan gimana sih caranya merekam layar menggunakan Open Broadcaster Software ini ? nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Cara Merekam Layar dengan Open Broadcaster Software 2021 dimana untuk caranya sendiri bisa dibilang sangatlah mudah dan tidak ribet.

Apakah Aplikasi Open Broadcaster Software Gratis ? 

Banyak yang bertanya-tanya apakah aplikasi ini gratis atau berbayar? tenang bagi teman-teman yang berharap aplikasi ini gratis, ya memang benar, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis tanpa biaya sedikitpun dan untuk teman-teman yang ingin mencoba untuk menggunakan software ini bisa langsung mengunjungi situs resmi OBS dan mengunduhnya, maka sobat bisa menggunakannya untuk berbagai macam keperluan.

Cara Merekam Layar dengan Open Broadcaster Software 2021 

Baiklah mari kita masuk ke inti pembahasan pastikan teman-teman sudah mengunduh terlebih dahulu software OBS yang nantinya akan kita gunakan, jika sudah mari kita simak langkah-langakh berikut ini.

1. Buka Software OBS

Yang pertama tentunya teman-teman harus membuka terlebih dahulu Open Broadcaster Software, jika sudah lanjut langkah berikutnya.

2. Buat Sebuah Project Baru 

Yang  kedua agar teman-teman mulai bisa merekam dengan software OBS silahkan teman-teman membuat sebuah projek baru seperti gambar berikut ini.

display capture obs black screen
Buat Scene Baru di OBS

Nah kira-kira seperti diatas ya teman-teman sebuah tampilan ketika kita akan membuat scene atau project baru dimana yang pertama kita lakukan harus mengklik tanda tambah yang terdapat dibawah tampilan OBS. Jika sudah masuk ke pengaturan berikutnya.

3. Beri Nama Pada Project 

Ketiga dalam langkah Cara Merekam Layar dengan Open Broadcaster Software 2021 yaitu sobat akan dihadapkan dengan sebuah jendela baru sesaat setelah membuat new scene, kurang lebih tampilannya seperti ini. 
cara mengatasi obs tidak bisa merekam layar
Tampilan Jendela Project Baru

Silahkan teman-teman isi yang paling atas dengan judul, kemudian kotak ditengah dengan deskripsi yang diinginkan.

4. Masuk ke Menu Setting 

Langkah keempat yaitu dengan masuk ke menu setting atau pengaturan, setting ini berfungsi seperti dimana kita ingin menyimpan file hasil rekaman nantinya, juga kita bisa mengatur berbagai macam aspek yang ada didalamnya, mari simak gambar berikut ini.

cara setting obs studio untuk recording
Tampilan Setting OBS 

Nah teman-teman bisa mengatur sendiri sesuai keinginan pada menu setting ini, mulai dari dimana kita ingin menyimpan hasil file yang telah direkam, maka teman-teman bisa masuk ke menu output, disini teman-teman bisa menentukan sendiri ingin menyimpan file dimana. 

Selain itu masih ada beberapa pengaturan lain seperti Kualitas Audio, Video dan lain-lain yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

5. Mulai Merekam Layar dengan OBS 

Nah jika keempat langkah sudah kita lakukan, langkah terakhir dalam Cara Merekam Layar dengan Open Broadcaster Software 2021 yaitu dengan menekan tombol Start recording yang biasanya terdapat di pojok kanan bawah dari tampilan software OBS. Ketika kita telah menekan tombol start recording maka secara otomatis Open Broadcaster Software akan mulai merekam, dan untuk berhenti cukup klik menu stop recording kira-kira seperti berikut tampilannya.

cara menggunakan obs studio untuk presentasi
Menu Recording OBS

Nah teman-teman sampai dsini kita telah berhasil melakukan Cara Merekam Layar dengan Open Broadcaster Software 2021 dimana software ini benar-benar menyajikan berbagai macam kemudahan dalam melakukan perekaman layar atau untuk melakukan live streaming tentunya, selain gratis software ini pun cukup banyak digunakan oleh kalangan Youtuber yang sering merekam aktifitas layarnya ketika menggunakan laptop ataupun komputer. Semoga bermanfaat ya teman-teman.

Posting Komentar untuk "Cara Merekam Layar dengan Open Broadcaster Software 2021"