Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Langkah Mengunci File Word 2016 Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopas Terbaru

cara mengunci file word agar tidak bisa dicopy


Teknologizoo.com - 4 Langkah Mengunci File Word 2016 Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopas Terbaru , Microsoft Office Word atau yang lebih dikenal dengan istilah Word merupakan sebuah aplikasi pengolah kata yang cukup populer sampai saat ini dan menjadi andalan Microsoft sejak pertama kali dirilis tahun 1983, Office Word seringkali digunakan untuk mengerjakan berbagai macam tugas, proyek, membuat catatan, buku dan masih banyak lagi fungsi dari office word itu sendiri.

Sampai saat ini Microsoft Word masih menjadi primadona bagi masyarakat khususnya para pengguna komputer di dunia, selain aplikasi yang mudah untuk dipelajari dan digunakan, Microsoft word pun memiliki banyak fitur yang membantu setiap pekerjaan manusia, sebuah program aplikasi yang saya rasa cukup sempurna.

Dari tahun ke tahun Microsoft sendiri terus melakukan inovasi dan pengembangan tentang fitur yang ada didalamnya, selain itu pihak Microsoft pun sering memunculkan versi dari produk nya dari tahun ke tahun, contoh microsoft office word 2006, 2016 dan yang terbaru saat ini adalah 2021 dimana versi setiap tahunnya mengalami peningkatan juga mengalami sedikit perubahan pada tata letak fitur yang ada didalamnya.

Office Word pun sering digunakan oleh pelajar, mahasiswa sampai pekerja untuk menyelesaikan tugas mereka, nah tahukah sobat kalau diddalam microsoft word ini terdapat sebuah fitur yang bisa kita gunakan untuk mengunci sebuah file? dimana fitur ini sangat bermanfaat bagi sobat yang seringkali dicopy paste ataupun dicontek tentang masalah tugas, biasanya masalah seperti ini sering terjadi kepada mahasiswa ataupun pelajar.

Nah bagi sobat yang tugasnya seringkali dicopas ( copy paste ) atau dicontek oleh teman atau orang lain, mengunci file yang ada pada microsoft word ini bisa menjadi solusinya, lantas bagaimanakah cara mengunci file di word 2016? pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 4 Langkah Mengunci File Word 2016 Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopas Terbaru dimana cara ini bisa sobat implementasikan pada laptop ataupun komputer sobat yang ada dirumah.

Caranya sendiri bisa dibilang cukup mudah dan tidak terlalu sulit untuk dilakukan sendiri, dan berikut ini adalah 4 Langkah Mengunci File Word 2016 Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopas Terbaru

4 Langkah Mengunci File Word 2016 Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopas Terbaru

Hanya perlu 4 langkah untuk mengunci sebuah file didalam microsoft word, disini saya menggunakan word versi 2016 mungkin dari segi tampilan sedikit berbeda.

1. Buka Aplikasi Ms. Office Word

Yang pertama, silahkan sobat buka terlebih dahulu program Microsoft Word yang ada di komputer ataupun laptop yang sobat miliki, disini saya menggunakan Word 2016 sebagai senjata utama.

2. Buka Menu Review

Yang kedua dalam 4 Langkah Mengunci File Word 2016 Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopas Terbaru adalah membuka menu review yang ada di Microsoft Word, dan anggap disini kita telah membuat sebuah dokumen yang ingin dikunci.

3. Klik Menu Restrict Editing

Kemudian selanjutnya klik menu restrict editing yang terdapat pada halaman microsoft word, jika sudah mari kita lanjut ke langkah berikutnya.

4. Atur Menu Restrict Editing

Kemudian yang terakhir dalam 4 Langkah Mengunci File Word 2016 Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopas Terbaru yaitu mengatur setiap menu yang ada di restrict editing, silahkan ceklis kotak yang terdapat di sebelah kanan tampilan halaman word.

silahkan sesuaikan dengan gambar berikut ini.

cara mengunci word agar tidak bisa diedit
Restrict Editing

Silahkan sobat sesuaikan dengan tampilan diatas, ceklis kotak nomor 1 dan 2, kemudian pilih Filling in forms pada kotak yang tersedia seperti gambar diatas, nah sampai disini kita telah berhasil mengikuti tutorial tentang 4 Langkah Mengunci File Word 2016 Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopas Terbaru dimana caranya sendiri sangatlah mudah untuk dilakukan.

Setelah mengunci file ini tentunya tulisan atau kerjaan yang sobat simpan didalam office word tidak akan bisa diedit atau dicopas ( copy paste ) oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Mengunci Folder Dengan Aplikasi

sebenarnya masih ada satu cara tambahan yang bisa sobat lakukan agar file atau folder yang telah disimpan dalam keadaan terkunci, yaitu dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang harus diunduh terlebih dahulu, aplikasi tersebut bernama Folder Lock maka dengan demikian selain konten atau isinya yang kita kunci, kita juga mengunci folder tempat dimana file itu berada.

Sehingga tidak ada orang yang bisa masuk kedalamnya selain kita, baiklah sobat demikianlah artikel tentang 4 Langkah Mengunci File Word 2016 Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopas Terbaru

Posting Komentar untuk "4 Langkah Mengunci File Word 2016 Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopas Terbaru"