Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi DVD Tidak Terbaca di Laptop Sony Vaio E Series

DVD Rom tidak terdeteksi windows 8

Teknologizoo.com- 4 Cara Mengatasi DVD Tidak Terbaca di Laptop Sony Vaio E Series. Laptop Sony Vaio E-Series merupakan Salah satu laptop yang cukup direkomendasikan banyak orang karena ketangguhannya, tak hanya itu spesifikasi laptop yang juga menengah ke atas menjadi andalan dari laptop yang satu ini, saya sendiri menggunakan laptop sony vaio e-seris sejak tahun 2012 lalu, semasa duduk di sekolah menengah pertama.

Laptop sendiri merupakan perangkat elektronik versi mini dari PC, yang juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur layaknya komputer termasuk salah satunya DVD Room yaitu tempat kita memasukan Dvd RW untuk melakukan berbagai macam hal, salah satunya adalah melakukan install ulang, atau menginstall game atau software.

Berbicara tentang DVD Room ada kalanya penggunaan DVD Room sendiri tidak selamanya lancar, terkadang ada masanya DVD Room error atau tidak terbaca, tidak terdeteksi, bahkan macet dan tidak mau mengeluarkan kaset ( DVD RW ).

Saya sendiri saat ini menggunakan DVD room bawaan laptop sony, dan saya pun pernah mengalami ketika DVD Room tidak bisa mendeteksi adanya kaset/ Dvd Rw yang masuk, lantas bagaimana cara mengatasi Dvd Room yang tidak terbaca atau tidak terdeteksi? berikut ini adalah 4 Cara Mengatasi DVD Tidak Terbaca di Laptop Sony Vaio E Series

4 Cara Mengatasi DVD Tidak Terbaca di Laptop Sony Vaio E Series

Ada 4 Cara Mengatasi DVD Tidak Terbaca di Laptop Sony Vaio E Series yang saya lakukan ketika Dvd room tidak terbaca, cara yang saya lakukan berfungsi pada semua tipe ssitem operasi, baik itu Windows 7, 8 dan 10, pernah saya coba.

1. Menggunakan DVD Room Eksternal

Cara pertama dalam 4 Cara Mengatasi DVD Tidak Terbaca di Laptop Sony Vaio E Series yang saya lakukan adalah dengan menggunakan Dvd Room Eksternal yang bisa dimanfaatkan, jika menggunakan Dvd Room Eksternal terbaca atau terdeteksi, maka jelas ada masalah pada Dvd room internal yang ada di laptop kita.

Saya sendiri membeli Dvd room eksternal dengan kapasitas 1TB ( Terabyte ) seharga 900 ribu, sebuah harga yang layak untuk Dvd room eksternal dan memiliki nama di pasaran.

2. ReBurning DVD RW

Langkah kedua dalam 4 Cara Mengatasi DVD Tidak Terbaca di Laptop Sony Vaio E Series adalah dengan melakukan burning ( pembakaran ) ulang pada DVD RW yang kita gunakan, tidak terbaca atau tidak terdeteksinya sebuah DVD RW pada DVD Room biasanya karena ada burning atau pembakaran yang tidak sempurna.

Contoh seperti proses burning berhenti, atau belum selesai tapi sudah berhenti, dan lain-lain. Sobat sendiri bisa menggunakan beberapa software yang direkomendasikan untuk melakukan burning seperti:

  • FileISO
  • Nero
  • CD Burner

Dan masih ada beberapa softtware burning lainnya yang bisa kita manfaatkan untuk memburning CD atau DVD RW.

3. Bersihkan DVD-Room

Mengatasi DVD Laptop tidak berfungsi
    DVD Room Internal Laptop

Langkah ketiga dalam 4 Cara Mengatasi DVD Tidak Terbaca di Laptop Sony Vaio E Series adalah dengan membersihkan DVD Room yang ada pada laptop, biasanya ada debu dan kotoran yang menempel, tapi kita tak sadar akan hal itu, silahkan sobat bersihkan kotoran dan debu agar proses pembacaan CD kembali lancar.

4. Bersihkan DVD-RW / CD

Langkah terakhir dalam 4 Cara Mengatasi DVD Tidak Terbaca di Laptop Sony Vaio E Series adaalh dengan membersihkan DVD RW atau CD yang akan kita gunakan, adanya debu yang menempel, serta kotoran yang singgah juag bisa jadi faktor kenapa DVD Room tidak bisa membaca CD.

Layaknya sebuah kaset pada playstation jika terdapat kotoran yang menempel pada optik tentu tidak akan erbaca atau terdeteksi oleh Dvd Room, jadi silahkan sobat bersihkan CD atau DVD RW yang ada dengan menggunakan cairan khusus pembersih.

Penyebab DVD Room Tidak Terbaca

Apa sih yang jadi penyebab dari DVD Room tidak terbaca? sepengalaman saya ada 4 penyebab kenapa sebuah DVD Room tidak bisa membaca CD yang kita masukan, dan berikut ini adalah 4 penyebabnya.

  • DVD Rusak, Faktor utamanya adalah ada indikasi kerusakan pada DVD tentu jika kerusakan pada DVD yang ada, maka kita harus melakukan service secara langsung
  • DVD Drive Kotor, seperti yang saya tulis diatas, membersihkan DVD Room merupakan hal yang bisa kita lakukan agar CD kemmbali terbaca
  • Optik pada DVD Room Lemah, Seperti yang saya katakan bahwa jika ada kotoran atau debu yang menempel pada Optik DVD Room, maka akan menghambat pembacaan CD kedalam DVD Room. Jika Optik DVD Room lemah otomatis akan mengurangi kemampuan untuk membaca CD yang masuk
  • Kesalahan Dalam Burning, yang satu ini juga masih jadi alasan yang paling sering saay temui, yaitu kesalahan dalam proses burning

Nah sobat, demikianlaha rtikel tentang 4 Cara Mengatasi DVD Tidak Terbaca di Laptop Sony Vaio E Series semoga bermanfaat.

 

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengatasi DVD Tidak Terbaca di Laptop Sony Vaio E Series"