Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Trik Kirim Lamaran Kerja Via Email Cepat Dipanggil HRD Terbaru 2021

 cara mengirim lamaran lewat email di hp

Teknologizoo.com - Tips Trik Kirim Lamaran Kerja Via Email Cepat Dipanggil HRD Terbaru 2021, Mencari sebuah pekerjaan merupakan sudah kodratnya manusia untuk bisa memperoleh uang dengan cara yang halal dan bekerja merupakan sebuah kewajiban untuk semua orang terutama untuk pria yang memang sudah menjadi kodratnya untuk bekerja, meskipun demikian bukan berarti wanita tidak diperbolehkan mencari kerja, semuanya sama-sama boleh mendapatkan pekerjaan yang layak. 

Berbicara pekerjaan saat ini sudah banyak sekali kemajuan dibidang Teknologi yang mewajibkan pelamar kerja atau pencari kerja ( pencaker ) untuk melamar pekerjaan secara online, terlebih lagi ketika ada wabah Covid-19 yang mengharuskan semuanya serba online termasuk melamar pekerjaan, nah pada kesempatan kali ini saya akan memabahas tentang Tips Trik Kirim Lamaran Kerja Via Email Cepat Dipanggil HRD Terbaru 2021 tentunya cepat dipanggil dan mengikuti seleksi dari Perusahaan yang kita lamar merupakan sebuah impian bagi para pencari kerja yang baru ingin bekerja, terutama lulusan tahun 2021 dan baru masih mencari-cari loker atau lowongan kerja 2021, tak ada salahnya untuk membaca topik ini terlebih dahulu. 

Baca juga : Cara Scan Dokumen di Aplikasi CamScanner

Saya akan memberikan beberapa tips trik berdasarkan pengalaman pribadi saya tentang bagaimana sih caranya supaya lamaran kerja kita dibaca, diterima bahkan cepat dipanggil HRD, sekali lagi disini saya hanya berbagi pengalaman pribadi saya saja. 

Metode Melamar Kerja di Tahun 2021 

Seperti yang kita ketahui meskipun semuanya sudah serba online tetapi masih ada perusahaan dan tempat lowongan tertentu yang mewajibkan pelamar mengirim berkas secara fisik, bagi teman-teman yang baru lulus di tahun 2021 ini, saya ingin membahas bahwa ada 3 metode yang bisa dilakukan untuk melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan atau PT. 
  1. Via Kantor Pos, JNE, atau Ekspedisi Lain, langkah pertama yang bisa dicoba ketika mencari pekerjaan adalah dengan mengirimkan berkas lamaran melalui jasa ekspedisi yang ada seperti Kantor Pos, JNE, Tiki dan beberapa jasa ekspedisi lainnya, kumpulkan informasi terlebih dahulu tentang perusahaan yang ingin dituju kemudian tulis alamat perusahaan atau PT nya di bagian atas amplop lamaran. 
  2. Walk Interview, yang kedua ada nama Walk Interview, biasanya walk interview ini memberikan kesempatan kepada para pencari kerja untuk mendatangi langsung tempat yang membuka lowongan untuk kemudian mendapatkan sesi wawancara secara langsung ( interview ), biasanya hanya ada tempat-tempat tertentu dan dalam keadaan mendesak / urgent saja yang akan membuka lowongan secara Walk Interview. 
  3. Ngebolang, nomor ketiga saya lebih suka menyebutnya dengan istilah ngebolang, kenapa? karena kita tidak tahu perusahaan atau tempat kerja mana yang membuka loker, saya juga pernah melakukan hal ini ketika mencari pekerjaan yang tak jelas arah dan tujuan, dan ketika menemukan spanduk lowongan di jalanan yang saya lewati, disitulah saya tandai kemudian langsung datangi dan titipkan lamaran. 
  4. Browser Loker di Situs Internet atau Sosial Media, saat ini sudah banyak situs yang menaungi atau mewadahi lowongan kerja alias loker bagi para pencari kerja ( pencaker ), biasanya kita akan dengan mudah menemukan loker di situs lowongan kerja seperti Jobstreet, Jooble, atau lowngan kerja yang diposting di Instagram. 
Nah diatas merupakan 4 metode yang pernah saya terapkan ketika mencari pekerjaan sejak lulus tahun 2017 silam, berbeda dengan saat ini yang sudah dengan mudah bisa melamar pekerjaan melalui berbagai macam perantara. 


Kembali ke topik tentang Tips Trik Kirim Lamaran Kerja Via Email Cepat Dipanggil HRD Terbaru 2021 bagaimana sih caranya supaya lamaran kerja kita tembus dan dibaca oleh HRD perusahaan yang kita lamar? berikut ini adalah tips trik nya, silahkan disimak baik-baik

Cara Melamar Kerja Via Email di HP dan Komputer

Untuk bisa mengirim lamaran kerja via email dari HP ataupun Komputer sendiri caranya cukuplah mudah, tapi sebelum kita masuk ke inti pembahasan pastikan sobat sudah menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu seperti berikut ini. 
  • Email Perusahaan Yang Dituju, karena kita ingin mengirim lamaran kerja via email tentunya kita harus mengetahui email perusahaan yang akan dilamar, darimana kita bisa dapet email perusahaannya? tentunya kita harus mencari di situs atau sosial media yang menyediakan lowongan kerja, jika sudah bisa dikumpulkan atau dicatat alamatnya di selembar kertas, notepad, atau apapun itu. 
  • Berkas Dokumen, pastikan juga sobat sudah mengumpulkan semua berkas dokumen yang sekiranya dibutuhkan perusahaan seperti CV ( Curriculum Vitae ), Surat Lamaran Kerja, dan beberapa berkas pendukung lainnya seperti Piagam penghargaan, ijazah, Transkrip Nilai, dan lain-lain. 
  • Siapkan Kuota, HP atau Komputer, nah yang terakhir ini merupakan alat tempur yang akan digunakan pastikan punya kuota, jika tidak ada komputer bisa menggunakan hp begitu juga sebaliknya. 
Sekarang mari masuk ke inti pembahasan tentang Tips Trik Kirim Lamaran Kerja Via Email Cepat Dipanggil HRD Terbaru 2021

Tips Trik Kirim Lamaran Kerja Via Email Cepat Dipanggil HRD Terbaru 2021

Ada beberapa tips berdasarkan pengaalman pribadi saya tentang bagaimana caranya agar lamaran kerja kita bisa cepat dipanggil oleh HRD dan berikut ini adalah tips trik nya. 

1. Kirim Lamaran Via Email di Jam Kerja

Langkah pertama supaya lamaran kerja cepat dilirik HRD adalah dengan memperhatikan waktu pengiriman lamaran kerja, biasanya HRD akan berada didepan komputer atau meja kerjanya antara pukul 10.00-11.00 dan 13.00-14.00 setiap senin-jumat, nah pastikan sobat mengirim lamaran kerja pada jam tersebut yang otomatis akan langsung masuk ke email perusahaan yang dipegang oleh HRD. 

2. Buat CV ( Curriculum Vitae ) Yang Menarik 

Langkah kedua dalam Tips Trik Kirim Lamaran Kerja Via Email Cepat Dipanggil HRD Terbaru 2021 adalah dengan membuat CV atau Curriculum Vitae yang menarik dan berbeda dari yang lain, bayangkan dari 10 orang melamar CV yang sobat buat merupakan CV yang paling menarik perhatian HRD, tentunya besar kesempatan sobat buat dipanggil oleh HRD ke tahap berikutnya.

Contohnya bagaimana sih CV yang menarik perhatian HRD itu? berikut ini adalah contoh Curriculum Vitae yang bisa dilirik Hrd karena tampilan yang menarik dan berbeda dari yang lain. 

cara melamar kerja lewat email
Contoh CV Yang Dilirik HRD

Nah diatas merupakan salah satu contoh Curriculum Vitae yang menarik perhatian hrd karena berbeda dari biasanya, beberapa bagian informasi diatas saya sensor karena mengandung data pribadi.

3. Scan Dokumen 

Yang ketiga yaitu pastikan dokumen yang dimasukkan kedalam file adalah hasil scan bukan hasil foto karena perbedaannya terlihat jelas dan sangat berbeda antara scan dan hasil foto biasa, dimana hasil scan akan jauh lebih jernih dan jelas jika dibandingkan hasil foto biasa. 

4. Besar Ukuran Dokumen 

Yang keempat dalam Tips Trik Kirim Lamaran Kerja Via Email Cepat Dipanggil HRD Terbaru 2021 adalah dengan memperhatikan ukuran besarnya sebuah dokumen baik itu dengan format .pdf atau .docx semua sama saja, pastikan ukuran dokumen tidak lebih dari 5MB sekarang bayangkan, jika ukuran dokumen sobat yang dikirim lebih dari 5MB buttuh waktu lama untuk HRD mendownloadnya, yang tentu akan menguras waktu dan membuat HRD melirik pelamar lain yang mempunyai ukuran berkas yang jauh lebih kecil. 

Diatas merupakan 4 point penting yang harus diperhatikan bagi sobat lulusan 2021 yang baru ingin melamar pekerjaan. 

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email 

Nah pada langkah ini akan saya bagikan juga tips nya tentang tata cara mengirim lamaran kerja via email terutama untuk lulusan baru di tahun 2021. 

1. Login Ke Akun Gmail 

Yang pertama silahkan sobat login atau masuk terlebih dahulu ke akun gmail yang sobat miliki, usahakan alamat gmail yang digunakan Tidak Alay dan mudah dibaca agar HRD mau melirik lamaran yang dikirimkan.

2. Isi Alamat Email, Posisi Yang Dilamar dan Badan Email 

yang kedua yaitu dengan mengisi alamat email tujuan perusahaan yang akan kita lamar posisi yang dilamar juga badan email yang bisa kita isi dengan surat lamaran, jika masih bingung silahkan perhatikan gambar berikut ini.
cara mengirim lamaran kerja lewat email
Tata Cara Pengisian Lamaran Kerja Via Email 

Jika sudah seperti diatas jangan lupa melampirkan file CV dan beberapa dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Jika sudah yang terakhir tinggal klik kirim, saya ingatkan kembali mengirim lamarn kerja sangat dianjurkan juga pada jam kerja yaitu antara pukul 10.00-11.00 pagi dan 13.00-14.00 siang disaat HRD berada di meja kerjanya. 

Juga diperhatikan kembali tipe dokumen yang dikirim atau dilampirkan, pastikan format nya .PDF atau Docx agar mudah dibuka oleh hrd. 

Begitu juga mengirim lamran via HP atau smartphone kurang lebih sama yang membedakan hanya dari segi tampilannya saja.

Trik Kirim 50 Lamaran Kerja Via Email Sekaligus 

Saya juga pernah melakukan trik ini agar lebih efesien dalam waktu yang saya gunakan dimana saya menggunakan trik kirim lamaran kerja ke 50 email perusahaan sekaligus dalam 1x pengiriman, bagaimana caranya? cukup mudah dan simple. 

Sobat bisa mengumpulkan email-email dari perusahaan yang membuka lowongan baik yang ditemui secara langsung, maupun yang sobat lihat di akun loker atau situs penyedia lowongan kerja. 

Setelah itu sobat bisa catat di kertas selembar atau menggunakan software pengolah angka seperti Microsoft Excel yang lebih mempermudah pekerjaan kita. 

Jika sudah dikumpulkan dan dirasa sudah cukup banyak maka sobat bisa memasukkan email perusahaan lebih dari satu dan akan lebih efesien dalam waktu yang kita gunakan. 

Berapa Lama Lamaran Kerja Akan Dipanggil? 

Biasanya tergantung dari pihak perusahaan, saya sendiir pernah menunggu paling lama sampai 3 bulan dan paling cepat dipanggil hanya dalam waktu 2 minggu, jadi tidak ada ketetapan kapan kita akan dipanggil oleh perusahaan yang kita lamar untuk mengikuti test berikutnya. 

Jam Terbaik Mengirim Lamaran Via Email? 

Seperti yang saya katakan diatas jam terbaik untuk mengirim lamaran kerja via email adalah jam 10.00-11.00 dan 13.00-14.00 ketika hrd  berada di meja kerjanya dan membuka email. 

Ukuran FIle Lmaran Kerja? 

Berapakah ukuran maksimal dari file lamaran kerja yang bisa dikirimkan? biasanya hal ini juga tergantung pada kebijakan perusahaan yang dilamar, tetapi berdasarkan pengalaman saya biasanya tidak lebih dari 1MB  jika lebih kecil tentu lebih bagus karena tidak akan menyita waktu HRD. 

Posting Komentar untuk "Tips Trik Kirim Lamaran Kerja Via Email Cepat Dipanggil HRD Terbaru 2021"