Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Baterai Laptop Persentasenya Tidak Bertambah Saat di Cas 0% Available

 baterai laptop plugged in charging tapi tidak mengisi

Teknologizoo.com - Cara Mengatasi Baterai Laptop Persentasenya Tidak Bertambah Saat di Cas 0% Available, Pernahkah sobat mengalami masalah pada baterai laptop dalam keadaan di cas tapi persentase yang ditampilkan indikator baterainya tidak bertambah? dan kurang lebih menampilkan notifikasi "0% available ( plugged in, charging )" tapi persentase nya stuck di angka 0% ? jika ya saya pun mengalami hal tersebut beberapa waktu lalu dimana baterai laptop plugged in charging tapi tidak mengisi tentu saja keadaan seperti ini membuat saya sebagai pengguna merasa bingung, hingga pada akhirnya saya menemukan inti permalashannya dan memperbaikinya sendiri. 

cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi bisa dibilang gampang-susah, tergantung kita paham atau tidaknya, tapi cara yang akan saya berikan ini bisa dibilang cukup mudah termasuk untuk pemula sekalipun. 

dan berikut ini adalah artikel tentang Cara Mengatasi Baterai Laptop Persentasenya Tidak Bertambah Saat di Cas 0% Available oh iya pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang 5 cara mengatasi battery is not detected di semua merk laptop yang mungkin bermanfaat bagi sobat. 

Penyebab Baterai Laptop Plugged in Charging Tapi Tidak Mengisi

Hal ini tentunya jadi pertanyaan kenapa ketika baterai diisi tapi indikator nya stuck atau tidak bertambah sama sekali? tentu hal ini membuat kita sebagai pengguna merasa bingung dan kesal apakah ada kerusakan? error? atau gangguan? dan berikut ini adalah penyebab kenapa baterai laptop di cas tapi tidak mengisi. 
  • Gangguan Listrik, pernahkah sobat saat menggunakan laptop sambil di cas kemudian tiba-tiba aliran listrik dirumah mati? atau yang biasa disebut dengan istilah mati lampu? jika pernah, hal itu dapat menyebabkan gangguan terhadap ketahanan baterai laptop sehingga menyebabkan baterai laptop mengalami malfungsi.
  • Menggunakan Laptop Sampai Baterainya Habis, nahh untuk yang satu ini jujur, siapa yang masih sering mengganggap sepele? msalnya indikator baterai sudah menunjukkan 10% tapi sobat berpikir ahh nanti aja masih ada 10% kok sampai akhirnya baterai habis, hal seperti ini biasanya masih dianggap lumrah padahal sangat berbahaya bagi kesehatan baterai laptop yang ada, sangat disarankan untuk mengisi daya laptop minimal jika sudah mencapai 20% terakhir. 
  • Baterai Sudah Jebol. yang terakhir adalah baterai sudah jebol jika sudah digunakan terlalu lama dan sudah cukup berumur, bisa dibilang baterai tua, maka kondisi nya sudah tidak seprima dulu yang masih kuat dan tahan banting jika digunakan secara terus-menerus. 

Cara Mengatasi Baterai Laptop Persentasenya Tidak Bertambah Saat di Cas 0% Available

cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi
Baterai Stuck Saat di Cas

Lantas bagaimana sih cara mengatasi baterai yang persentasenya tidak bertambah alias stuck pada saat kita cas? dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa sobat lakukan sendiri dirumah tentunya. 

1. Cas Baterai Sebelum Kapasitasnya Benar-benar Habis

Langkah pertama yang bisa sobat lakukan adalah dengan mengecas baterai laptop sebelum kapasitasnya benar-benar habis, contoh jika baterai tersisa 15/20% maka sangat disarankan untuk langsung cas baterainya tanpa harus menunggu baterainya benar-benar habis, hal ini juga bisa memperpanjang usia baterai agar awet. 

2. Cas Laptop Dalam Keadaan Mati 

Terkadang tuntutan aktifitas yang menggunakan laptop mengharuskan kita mengecas laptop samnbil digunakan, padahal kegiatan semacam ini jika terlalu sering dilakukan sangat berbahaya terhadap ketahanan baterai laptop, maka apabila tidak digunakan dalam hal penting dan urgent, sangat disarankan untuk mengecas laptop dalam keadaan mati. 

3. Biarkan Laptop Dan Baterainya Istirahat

Mengistirahatkan laptop dan baterainya dari aktifitas berat terkadang perlu dilakukan, minimal kasih jeda 1-2 jam agar laptop dan baterainya dalam keadaan dingin dan jangan digunakan secara terus-menerus secara nontstop yang dapat mengakibatkan baterai laptop menjadi overheat dan bisa menyebabkan kerusakan pada baterai. 

4. Pastikan Baterai Laptop Terpasang Dalam Keadaan Benar

Apabila sobat baru saja mengganti laptop kemudian muncul notifikasi 0% available ( pluggged in, charging ) tetapi persentasenya tidak bertambah, maka silahkan dicek kembali apakah pemasangan baterai laptop sudah dalam keadaan benar atau belum. 

5. Selalu Gunakan Charger Laptop Original 

Hal yang paling sering saya temui dari teman-teman saya adalah menggunakan laptop tetapi tidak menggunakan charger bawaan atau original nya, dengan alasan tidak kebawa, jika sesekali saya rasa tak masalah, tapi jika berkali-kali patut diwaspadai karena bisa menyebabkan kerusakan pada baterai karena perbedaan tegangan atau aliran listrik yang masuk terhadap baterai, jadi sangat direkomendasikan untuk selalu menggunakan charger original. 

6. Ganti Baterai dan Charger Laptop

Apabila kelima langkah diatas belum juga berhasil, maka langkah terakhir yang bisa sobat lakukan yaitu dengan mengganti baterai dan charger laptop dengan yang baru langkah ini merupakan langkah terakhir apabila langkah sebelumnya belum juga berhasil. 

Menjaga kesehatan baterai pada laptop sangatlah penting, mulai dari mengisi daya sebelum waktunya mati, mengistirahatkan laptop dan baterainya agar suhunya kembali normal, melakukan pembersihan secara hardware dari debu dan kotoran yang menempel, sangatlah penting dilakukan dariapada akhirnya menyesal karena kerusakan yang muncul akibat kelalaian yang kita lakukan. 

Nah sobat demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Baterai Laptop Persentasenya Tidak Bertambah Saat di Cas 0% Available semoga bermanfaat ya sobat.



Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Baterai Laptop Persentasenya Tidak Bertambah Saat di Cas 0% Available"