Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Layar HP Android Tidak Bisa Disentuh

 

cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali

Teknologizoo.com - 7 Cara Mengatasi Layar HP Android Tidak Bisa Disentuh, Layar Smartphone merupakan salah satu bagian yang paling sensitif pada HP masa kini, dimana layar touchscreen pada smartphone memang menawarkan kemudahan tetapi memiliki tingkat ketangguhan yang rendah apabila terbentur, tertekan dan mengalami gesekan dengan benda-benda keras lainnya. 

Tak jarang, layar smartphone pun seringkali mengalami masalah error seperti tidak bisa disentuh sebagian, bahkan tidak bisa disentuh sama sekali. Pada artikel ini akan saya bahas tentang 7 Cara Mengatasi Layar HP Android Tidak Bisa Disentuh yang bisa jadi referensi teman-teman apabila saat ini mengalami kasus yang sama.

7 Cara Mengatasi Layar HP Android Tidak Bisa Disentuh

Ada 7 cara yang bisa teman-teman coba untuk mengatasi layar smartphone yang tidak bisa disentuh, baik itu sebagian atau secara keseluruhan dan cara ini bisa diterapkan pada semua merk dan jenis smartphone. Dan berikut ini adalah caranya.

1. Pastikan Kondisi Layar Dalam Keadaan Bersih 

cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian
Periksa Layar Smartphone

Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan ketika layar smartphone mengalami error seperti tidak bisa disentuh adalah dengan memastikan kembali jika layar smartphone dalam keadaan bersih, kering dan tidak ada kotoran yang menempel. 

Biasanya layar smartphone akan mengalami error ketika ada percikan air yang tak sengaja pernah mengenai layar, pastikan kembali tak ada debu yang menempel pada layar smartphone.

2. Bersihkan Random Access Memory ( RAM ) 

Langkah kedua coba teman-teman bersihkan media penyimpanan RAM yang ada pada smartphone, biasanya sebuah smartphone tidak akan responsif ketika bekerja terlalu keras dan memiliki ruang penyimpanan yang sedikit. 

Cara membersihkannya sendiri teman-teman bisa menggunakan antivirus yang bisa di unduh di Google Playstore pilih antivirus yang terpercaya dan mendapatkan ulasan yang baik. 

3. Nonaktifkan Menu Pengembang / Developer Option 

Ketika mode Developer Option aktif, ini juga bisa jadi salah satu penyebab kenapa layar smartphone tidak bisa disentuh setidaknya hal tersebut yang pernah saya alami, jadi coba matikan terlebih dahulu menu Developer Option yang ada pada pengaturan smartphone. 

4. Gunakan Aplikasi Kalibrasi Touchscreen 

cara memperbaiki touchscreen hp tidak berfungsi
Aplikasi Kalibrasi Layar Touchscreen

Yang keempat dalam 7 Cara Mengatasi Layar HP Android Tidak Bisa Disentuh adalah dengan menggunakan aplikasi kalibrasi touchscreen, aplikasi tersebut berfungsi untuk melakukan kalibrasi pada layar smartphone yang tidak responsif.

Aplikasi tersebut juga bisa membuat sentuhan layar jauh lebih akurat dan sesuai dengan apa yang kita perintahkan, aplikais kalibrasi touchscreen juga bisa diunduh di google playstore.

5. Restart Smartphone 

Yang kelima dalam urutan 7 Cara Mengatasi Layar HP Android Tidak Bisa Disentuh yaitu dengan melakukan restart pada smartphone, hal ini berfungsi untuk memperbaiki setiap kesalahan, error dan juga bug yang sesekali terjadi pada smartphone. 

6. Reset Ke Setelan Pabrik 

Melakukan Factory Reset atau menyetel ulang smarpthone ke setelan pabrik merupakan salah satu langkah yang juga bisa dilakukan ketika merasa smartphone sudah tidak kondusif dan memiliki kinerja yang lambat yang berpengaruh terhadap sensitifitas layar smartphone.

7. Ganti Layar Touchscreen 

Yang terakhir dalam 7 Cara Mengatasi Layar HP Android Tidak Bisa Disentuh jika dirasa poin 1 sampai 6 tak kunjung berhasil, langkah satu-satunya yang bisa teman-teman lakukan yaitu dengan mengganti layar touchscreen pada smartphone. Teman-teman bisa menggantinya ke konter hp atau jasa service smartphone terdekat.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Layar HP Android Tidak Bisa Disentuh"