Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar HP Mencet Sendiri di HP Oppo F9

 cara memperbaiki touchscreen gerak sendiri

Teknologizoo.com - Cara Mengatasi Layar HP Mencet Sendiri di HP Oppo F9, Smartphone semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun, jika pada jaman dulu kita masih menggunakan keypad atau tombol yang ada pada ponsel, kini smartphone tidak memerlukan itu karena sudah menggunakan teknologi touchscreen atau yang biasa dikenal dengan layar sentuh.

Semakin lama semakin banyak juga produsen smartphone yang terus berinovasi dan melakukan pengembangan produknya, teknologi touchscreen sendiri saat ini terbagi dua ada touchscreen capasitive dan resistive dimana yang membedakan kedua teknologi tersebut adalah sebagai berikut.

Capasitive merupakan sebuah teknologi touchscreen atau layar sentuh yang permukaannya cukup keras, serta sangat sensitif dan mendukung sentuhan secara bersamaan atau yang dikenal dengan istilah multi touchscreen.

Resistive merupakan teknologi touchscreen yang bisa dibilang jadul dan pernah digunakan pada produk nokia beberapa tahun silam, berbanding terbalik dengan capasitive, resistive ini memiliki sensitifitas yang kurang jika dibandingan dengan capasitive juga permukaan touchscreen yang bisa dibilang lembek.

Nah berbicara teknologi pada sebuah smartphone sendiri dibalik kelebihan dan teknologi yang telah dimiliki, tidak luput dari yang namanya kelemahan, salah satunya adalah Layar sebuah smartphone yang sering bergerak dengan sendirinya, atau bahkan mencet sendiri padahal kita tidak mengoperasikan smartphone tersebut.

Lantas, apakah ada cara untuk mengatasi masalah tersebut? tentu saja ada karena pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Cara Mengatasi Layar HP Mencet Sendiri di HP Oppo F9, kenapa Oppo F9? karena saya menggunakan smartphone tersebut.

Tapi saya rasa cara ini bisa berfungsi dan diaplikasikan pada smartphone merk apapun selama itu layar sentuh atau touchscreen, dan berikut ini adalah Cara Mengatasi Layar HP Mencet Sendiri di HP Oppo F9

Baca Juga : Cara Blur Foto Tanpa Aplikasi di Smartphone

Cara Mengatasi Layar HP Mencet Sendiri di HP Oppo F9

Ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan dalam mengatasi Cara Mengatasi Layar HP Mencet Sendiri di HP Oppo F9.

1. Periksa Tempered Glass / Pelindung Layar

Langkah pertama yang bisa sobat lakukan apabila smartphone sobat mencet-mencet sendiri yaitu memeriksa keadaan fisik dari tempered glass atau pelindung layar, saya pernah mengalami layar smartphone yang ghosting touch atau bergerak tanpa disentuh sesaat setelah memasang tempered glass baru.

Untuk mengatasinya sobat bisa mengganti tempered glass yang lama dengan yang baru, tentunya dengan tempered glass yang cukup direkomendasikan, biasanya ada harga ada kualitas, jadi jangan ragu untuk membeli tempered glass yang punya harga sedikit lebih mahal tetapi kualitas terjamin.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Oppo F9 Yang Tidak Bisa Copy dan Paste

2. Cek Kesehatan Baterai Smartphone

Baterai smartphone yang 'sudah tidak sehat' juga bisa jadi salah satu penyebab kenapa sebuah smartphone sering bergerak sendiri, atau mencet sendiri, jika setelah dicek kondisi baterai smartphone yang sudah tidak layak untuk digunakan, tentunya sobat harus mengganti baterai tersebut agar kerja smartphone kembali optimal dan membuat layar touchscreen yang bergerak sendiri kembali normal.

3. Istirahatkan Smartphone

Penggunaan smartphone yang teralalu lama juga bisa jadi penyebab kenapa sebuah smartphone sering bergerak sendiri touchscreen nya, smartphone yang overheat atau kepanasan juga bisa jadi penyebab kenapa sebuah smartphone seringkali mengalami error pada touchscreen.

Biasanya hal tersebut akan terjadi ketika kita menggunakan smartphone untuk bermain game dalam jangka waktu yang lama, tanpa diistirahatkan.

Baca Juga : 5 Aplikasi Untuk Mengirim File Berukuran Besar

4. Bersihkan Layar Smartphone

Berikutnya dalam Cara Mengatasi Layar HP Mencet Sendiri di HP Oppo F9 adalah dengan membersihkan layar smartphone sobat, debu dan kotoran yang menempel biasanya tidak kita sadari, nah kotoran dan debu tersebutlah yang biasanya membuat sebuah layar smartphone terus bergerak sendiri padahal tidak kita gunakan.

5. Ganti Charger Smartphone

Yang kelima dalam Cara Mengatasi Layar HP Mencet Sendiri di HP Oppo F9 adalah harus memperhatikan tipe dan kondisi dari chargeran yang digunakan, banyak teman-teman saya yang menggunakan chargeran tidak sebagaimana mestinya, alias berbeda merk atau tidak orisinil.

Tentu hal tersebut membuat smartphone mengalami error karena beda aliran dan tegangan yang dihasilkan oleh chargeran tersebut.

6. Upgrade Sistem Operasi ( OS ) Smartphone

Langkah keenam dalam Cara Mengatasi Layar HP Mencet Sendiri di HP Oppo F9 adalah dari segi software, hal ini juga cukup penting untuk kita perhatikan terutama dari segi sistem operasi ( os ) yang kita gunakan, semakin lawas OS yang digunakan, maka semakin besar pula kemungkinan bug ( kesalahan program ) yang terjadi, tetapi tidak lagi disupport oleh pihak pengembang.

Maka dari itu penting bagi sobat untuk melakukan upgrade sistem operasi yang digunakan jika tersedia, agar kinerja smartphone terus berjalan lancar.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Getar Saat Disentuh HP Oppo F9

7. Keringkan Jika Terkena Air

Tidak bisa dipungkiri air jadi salah satu penyebab paling lumrah kenapa sebuah smartphone seringkali mengalami error atau masalah pada touchscreen nya, setidaknya hal tersebut pernah saya alami juga, ketika smartphone terkena tumpahan air, biasanya akan muncul efek samping yang ditimbulkan setelahnya.

Dan efek sampingnya tersebut adalah error, solusinya bagi sobat yang layar smartphone nya terkna air, segera keringkan menggunakan tisue atau kapas yang menyerap air secara maksimal.

8. Ganti Layar Touchscreen

Yang terakhir dalam artikel Cara Mengatasi Layar HP Mencet Sendiri di HP Oppo F9 apabila beberapa cara diatas telah dicoba tetapi hasilnya nihil, maka sobat bisa mengganti layar touchscreen dengan yang baru, ini merupakan cara terakhir yang bisa sobat lakukan, dengan demikian layar smartphone sobat akan kembali normal tentunya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar HP Mencet Sendiri di HP Oppo F9"