Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Sensitif atau Kurang Responsif

 penyebab touchpad tidak responsif

Teknologizoo.com - 7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Sensitif atau Kurang Responsif, Touchpad ataupun Trackpad merupakan sebuah permukaan khusus yang mampu membaca pergerakan jari ketika ditempelkan pada touchpad ataupun trackpad, touchpad sendiri merupakan alternatif pada perangkat laptop ketika tidak memiliki mouse. Touchpad sendiri merupakan salah satu bagian yang cukup sensitif pada permukaan laptop. 

Tapi dibalik sensitifitasnya terkadang ada masalah yang membuat touchpad alias trackpad ini tidak mampu membaca gerak jadi yang kita lakukan, apa penyebab touchpad tidak terbaca? kenapa touchpad terkadang macet? dan bagaimana mengatasi trackpad yang kurang responsif? bagi teman-teman yang mengalami masalah yang sama, akan saya bahas tentang 7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Sensitif atau Kurang Responsif mari simak dengan seksama.

7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Sensitif atau Kurang Responsif

Ada 7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Sensitif atau Kurang Responsif yang bisa teman-teman lakukan ketika bermasalah dengan sensitifas si Touchpad atau Trackpad ini, dan berikut ini adalah cara mengatasinya.

1. Kotor Karena Debu Yang Menempel 

Terkesan sepele untuk membersihkan kotoran pada permukaan touchpad atau trackpad, tetapi faktanya sangat berpengaruh terhadap sensitifitas yang ada pada Touchpad laptop. Contohnya seperti berikut ini

Mengatasi Touchpad Laptop Kurang Respon
Touchpad / Trackpad Lapotp

Silahkan teman-teman perhatikan gambar diatas, dimana jika diperhatikan dengan rinci, ada kotoran atau debu yang menempel dan sangat terlihat jelas dari segi warna yang berbeda, jadi silahkan teman-teman bersihkan permukaan touchpad apabila terdapat kotoran seperti diatas. 

Teman-teman bisa membersihkannya menggunakan kapas, tisu, atau kain lembut yang sedikit dibasahi untuk mengangkat kotoran yang menempel. 

2. Bersihkan Dari Tumpahan Air 

Menaruh segelas minuman disamping badan laptop biasanya jadi hal yang cukup sering dilakukan, termasuk saya pribadi dimana saya pernah melakukan hal tersebut dan minuman yang saya simpan di dekat laptop tersebut tumpah sehingga mengenai bagian touchpad yang berakibatkan tidak Sensitif dan Kurang Responsif pada fitur Touchpad nya. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, teman-teman cukup mengeringkan bagian Touchpad apabila terkena tumpahan air apapun itu, untuk meminimalisir error yang terjadi pada Touchpad nya.

3. Lakukan Perawatan Pada Permukaan Tocuhpad 

Melakukan perawatan touchpad saya rasa sangat jarang dilakukan oleh para pemilik laptop, padahal sesekali perlu melakukan perawatan ini karena bisa menjaga kondisi touchpad agar tetap prima dan berada di performa terbaiknya. 

Lakukan perawatan pada permukaan touchpad secara terjadwal, teman-teman bisa menggunakan kain lembut sebagai media untuk melakukan perawatan, selain itu jangan lupa selalu bersihkan jari-jari kita ketika menggunakan touchpad, karena tanpa disadari banyak kotoran, dan keringat yang menempel pada jari-jari tangan kita.

4. Pastikan Touchpad Dalam Keadaan Enabled ( Aktif )

Dalam beberapa merk laptop, biasanya terdapat pengaturan untuk menonaktifkan ataupun mengaktifkan fitur touchpad yang juga biasa disebut dengan istilah Enabled and Disabled apabila touchpad laptop dalam keadaan disabled, silahkan teman-teman aktifkan dengan beralih ke mode enabled. 

5. Periksa Kondisi Hardware 

Yang kelima dalam 7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Sensitif atau Kurang Responsif adalah dengan memeriksa kondisi hardware dan pastikan kembali tak ada jalur koneksi yang terputus antara mainboard dan juga touchpad nya.

Apabila teman-teman masih awam tentang hardware, teman-teman bisa membawanya ke Teknisi komputer atau ke toko service komputer untuk dilakukan pemeriksaan secara mendalam.

6. Install Ulang Driver / Software Touchpad

Yang keenam dalam 7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Sensitif atau Kurang Responsif adalah dengan melakukan install ulang driver atau software touchpad, hal ini berfungsi untuk mengatasi bug atau error yang biasa terjadi pada sebuah driver.

7. Ganti Hardware Touchpad 

touchpad laptop tidak bergerak
Ganti Touchpad

Jika beberapa langkah diatas belum juga membuahkan hasil, langkah terakhir dari 7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Sensitif atau Kurang Responsif adalah dengan mengganti hardware Touchpad, hal tersebut memang masih terdengar asing, tetapi ada beberapa tempat service yang mampu mengganti touchpad laptop jika permasalahannya sudah terlalu rumit dan menjadi satu-satunya solusi.

Akhir Kata, 7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Sensitif atau Kurang Responsif dapat dilakukan dengan 6 cara mudah dan bisa dilakukan sendiri, kemudian yang paling rumit mengganti touchpad tersebut apabila belum juga menemukan solusi. 

Demikianlah artikel tentang 7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Sensitif atau Kurang Responsif selamat mencoba, semoga bermanfaat ya sobat.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Sensitif atau Kurang Responsif"