Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Musik Mp3 Yang Tidak Terdeteksi di Android

 

cara memperbaiki file mp3 yang tidak bisa diputar di hp

Teknologizoo.com - Cara Mengatasi Musik Mp3 Yang Tidak Terdeteksi di Android, Mengunduh musik format Mp3 kedalam smartphone memang menjadi keunggulan tersendiri bagi para penikmat musik, selain tidak menggunakan kuota yang berlebihan, mendengarkan musik Mp3 yang ada di smartphone pun bisa menghemat konsumsi baterai yang ada. 

Meskipun saat ini banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk memutar musik seperti Spotify, tapi faktanya masih banyak pula yang mengandalkan musik mp3 untuk didengarkan di smartphon nya, tapi terkadang tak selamanya mengunduh dan menyimpan musik di smartphone berjalan lancar, ada masanya ketika koleksi musik yang ada di smartphone tidak terbaca atau tidak terdeteksi. 

Bagi teman-teman yang mengalami masalah yang sama, jangan khawatir karena pada artikel ini akan saya bahas tentang Cara Mengatasi Musik Mp3 Yang Tidak Terdeteksi di Android. 

Cara Mengatasi Musik Mp3 Yang Tidak Terdeteksi di Android

Cara mengatasi musik yang tidak terdeteksi baik itu musik yang sudah diunduh, ataupun baru diunduh sendiri cukup mudah dimana ada beberapa langkah yang bisa teman-teman lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya. 

1. Matikan Smartphone dan Copot Kartu Memori 

Langkah pertama dalam Cara Mengatasi Musik Mp3 Yang Tidak Terdeteksi di Android adalah dengan mematikan smartphone terlebih dahulu kemudian copot kartu memori ( SD Card ) dari smartphone, jika sudah silahkan teman-teman pasangkan kembali ke smartphone seperti semula. 

Fungsi dari proses ini adalah melakukan pemindaian kembali pada file-file yang disimpan di dalam memori card / SD Card. 

2. Pindahkan Musik ke Tempat Penyimpanan Lain 

Yang kedua dalam Cara Mengatasi Musik Mp3 Yang Tidak Terdeteksi di Android yaitu dengan memindahkan sementara file musik ke tempat penyimpanan lain, contoh disini saya menyimpan file musik di memori internal, tetapi tidak terbaca oleh android maka bisa dipindahkan terlebih dahulu ke penyimpanan lain ( dalam hal ini SD Card ) sebelum akhirnya di masukkan kembali ke memori internal.
cara memindahkan lagu dari file ke pemutar musik android
Memindahkan File Ke Tempat Lain 


Setelah mengikuti langkah kedua, silahkan teman-teman muat ulang kembali halaman koleksi musik / audio, maka otomatis musik yang sebelumnya tidak terdeteksi akan kembali muncul dengan sendirinya

3. Perbarui Aplikasi Pemutar Musik 

Yang ketiga yaitu dengan memperbarui aplikasi pemutar musik, dengan demikian akan meminimalisir setiap permasalahan yang ditimbulkan oleh pemutar musik yang saat ini digunakan, aplikasi pemutar musik sendiri bisa diunduh secara gratis melalui Google Playstore

4. Pastikan Format Yang Digunakan Benar

Yang keempat dalam Cara Mengatasi Musik Mp3 Yang Tidak Terdeteksi di Android dengan memastikan kembali bahwa file ekstensi yang digunakan adalah MP3 karena saya pernah menemukan kasus di smartphone rekan saya yang bertanya, "kenapa tidak bisa terdeteksi musiknya?" ternyata setelah saya cek ada satu masalah dimana format yang dia unduh bukanlah Mp3 tetapi Mp4 ( yang seharusnya digunakan untuk video ). 

Terkesan sepele, tapi nyata faktanya jadi silahkan teman-teman pastikan lagi format musik yang diunduh apakah Mp3 atau bukan.

5. Reset Smartphone 

Yang terakhir dalam Cara Mengatasi Musik Mp3 Yang Tidak Terdeteksi di Android adalah dengan melakukan reset smartphone, dengan demikian smartphone akan tampak baru karena kembali ke setelan awal dan akan memperbaiki semua masalah yang ada didalamnya, termasuk file musik yang tidak terdeteksi. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Musik Mp3 Yang Tidak Terdeteksi di Android"