Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Suara Yang Tidak Terdengar Zoom Laptop

 

suara kita tidak terdengar di zoom laptop

Teknologizoo.com - Cara Mudah Mengatasi Suara Yang Tidak Terdengar Zoom Laptop, Aplikasi Zoom merupakan sebuah platform yang mampu mewadahi setiap pengguna untuk melakukan pertemuan secara virtual melalui perangkat elektronik seperti Laptop ataupun Smartphone, Zoom sendiri merupakan aplikasi meeting yang paling familiar saat ini. Dengan tampilan yang sempurna, fitur yang memanjakan dan mudah untuk dioperasikan jadi kelebihan dari aplikasi tersebut.

Namun dibalik kesempurnaan sebuah aplikasi tetap tak luput dari yang namanya masalah, misalnya suara tidak terdengar saat di zoom, atau suara yang tidak muncul pada saat melakukan meeting di aplikasi zoom melalui laptop. 

Lalu, bagaimana cara memperbaiki masalah tersebut? pada artikel ini akan saya bahas tentang Cara Mudah Mengatasi Suara Yang Tidak Terdengar Zoom Laptop.

Cara Mudah Mengatasi Suara Yang Tidak Terdengar Zoom Laptop

Pada setiap kasus bisa saja berbeda masalahnya, namun dari beberapa masalah yang sering saya temui ada satu inti permasalahan ketika suara tidak muncul atau tidak terdengar pada saat melakukan pertemuan virtual melalui aplikasi zoom di laptop.

Sesuaikan Hardware dengan Audio Port Audio Jack 

Maksudnya gimana? jadi, banyak sekali yang belum tahu kalau ada perbedaan antara laptop jaman dulu sama laptop jaman sekarang ya teman-teman, dimana jelas ada sebuah perbedaan pada bagian Port Audio Jack atau orang-orang biasa menyebutnya dengan 'lubang colokan' yang jadi tempat Headset ataupun Earphone bersanding. 

Sebelum mengotak-atik bagian dalam laptop ( software ), pastikan teman-teman paham terlebih dahulu bagian hardware di laptop yang teman-teman punya. Contohnya seperti berikut ini, dimana saya pernah menggunakan laptop tahun 2012 yang memiliki Port Audio Jack yang berbeda dengan laptop saat ini.

cara agar zoom ada suaranya di laptop
Sesuaikan Microphone nya

Bisa dilihat seperti pada gambar diatas, dimana port audio jack yang ada pada laptop jaman dulu memiliki 2 slot jadi pastikan teman-teman juga menggunakan microphone yang sesuai dan memiliki 2 kabel yang saling terhubung. 

Gambar diatas sangat jelas berbeda dengan laptop saat ini yang hanya memiliki 1 port audio jack saja ( all in one ). 

Lupa Mengkatifkan Fitur Audio di Aplikasi Zoom 

Tanpa disadari banyak pengguna yang jusrtu lupa untuk mengaktifkan fitur audio yang ada di aplikasi zoom, jadi silahkan teman-teman aktifkan terlebih dahulu fiturnya yang ada di bagian pengaturan.

Adanya Bug ( Kesalahan Program ) 

Yang namanya aplikasi tak luput dari yang namanya bug ( kesalahan program ) yang membuat beberapa fitur tidak berjalan sebagaimana mestinya, silahkan teman-teman bisa merefresh aplikasi atau melakukan restart untuk memperbaiki masalah tersebut.

Akhir Kata, Demikianlah artikel tentang Cara Mudah Mengatasi Suara Yang Tidak Terdengar Zoom Laptop dimana suara yang tidak terdengar di aplikasi zoom bisa disebabkan beberapa hal seperti Lupa mengaktifkan audio, salah memilih perangkat microphone, ataupun adanya bug yang terjadi di aplikasi.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Suara Yang Tidak Terdengar Zoom Laptop"