Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Bahaya Mematikan Laptop Secara Paksa atau Tanpa Shutdown

 

apakah boleh mematikan laptop dengan tombol power

Teknologizoo.com - 5 Bahaya Mematikan Laptop Secara Paksa atau Tanpa Shutdown, Mematikan laptop secara paksa, merupakan sebuah hal yang seharusnya dihindari dan tidak dilakukan terlalu sering jika keadaannya tidak terpaksa, karena dibalik mematikan laptop secara paksa ( force shutdown ) tanpa mengikuti SOP nya, maka bisa berakibat fatal dan menyebabkan beberapa kerusakan pada komponen yang ada di dalam laptop. 

Namun faktanya masih ada pengguna yang sering melakukan cara tersebut, setidaknya saya melihat beberapa teman saya mematikan laptop yang mereka punya tidak sebagaimana mestinya, yaitu tanpa menggunakan tombol atau fitur Shutdown. 

Lalu apa saja sih akibat mematikan laptop jika tanpa menggunakan fitur Shutdown? berikut ini adalah 5 Bahaya Mematikan Laptop Secara Paksa atau Tanpa Shutdown.

5 Bahaya Mematikan Laptop Secara Paksa atau Tanpa Shutdown

Ada beberapa bahaya yang bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen yang ada didalam laptop dan berikut ini adalah 5 komponen yang bisa saja rusak, apabila mematikan laptop secara paksa.

1. Merusak Harddisk 

dampak mematikan komputer tidak sesuai prosedur
Merusak Harddisk 

Harddisk merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam laptop, karena kita menyimpan semua data-data penting di piringan yang bekerja memutar tersebut. Jika laptop dimatikan secara paksa, tentu bisa menimbulkan kerusakan pada harddisk, seperti tidak bisa membaca data yang tersimpan secara utuh yang pada akhirnya membuat laptop harus masuk ke recovery mode.

2. Merusak Konsleting Pada Power Supply 

Yang kedua dalam 5 Bahaya Mematikan Laptop Secara Paksa atau Tanpa Shutdown adalah bisa menyebabkan konsleting pada power supply. Jika laptop dimatikan secara paksa apalagi dalam keadaan di charge tentu akan membuat aliran listrik yang ada tiba-tiba terputus.

3. Merusak RAM ( Random Access Memory ) 

cara mematikan laptop dengan tombol power
Kerusakan pada RAM

Mematikan laptop dengan cara yang tidak wajar juga bisa merusak komponen bernama RAM atau Random Acess Memory, dimana RAM ini merupakan media penyimpanan sementara, ketika sebuah laptop dimatikan secara paksa, kemudian dihidupkan lagi biasanya akan berakibat laptop jadi lebih lemot daripada sebelumnya.

4. Software dan Data-Data Laptop Terganggu 

Yang keempat dalam 5 Bahaya Mematikan Laptop Secara Paksa atau Tanpa Shutdown adalah terganggu nya data-data yang tersimpan pada laptop, biasanya jika terlalu sering mematikan laptop secara paksa akan timbul pesan error bertuliskan "Your PC ran into a problem and needs to restart" dengan background atau latar belakang berwarna biru. 

5. Kerusakan Pada Prosesor

cara mematikan laptop yang error
Kerusakan Pada Prosesor

Yang terakhir dampak mematikan komputer yang tidak sesuai prosedur adalah bisa menyebabkan kerusakan pada prosesor, hal ini terjadi karena ketika laptop dimatikan secara paksa, heatsink ( kipas pendingin ) akan tiba-tiba berhenti, sedangkan keadaan prosesor masih dalam keadaan panas setelah digunakan. Nah hal tersebut yang akan memicu prosesor menjadi panas, dan bisa menimbulkan pada kerusakan. 

"Apakah Boleh mematikan laptop dengan tombol power ( secara paksa ) ?" jawabannya sangat jelas ya teman-teman sama sekali tak direkomendasikan untuk mematikan laptop dengan cara tersebut karena bisa menimbulkan bahaya dan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen yang saya sebutkan diatas.

Akhir Kata, 5 Bahaya Mematikan Laptop Secara Paksa atau Tanpa Shutdown merupakan bahaya yang harus diketahui apabila terlalu sering mematikan laptop secara paksa yang bisa berakibat fatal pada komponen laptop. 

Post a Comment for "5 Bahaya Mematikan Laptop Secara Paksa atau Tanpa Shutdown"