Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Kesehatan Hardisk Tanpa Aplikasi

 

cara mengecek kesehatan hardisk laptop

Teknologizoo.com - Cara Mengecek Kesehatan Hardisk Tanpa Aplikasi, Harddisk atau yang biasa disingkat HDD merupakan salah satu media penyimpanan yang memiliki peranan penting baik didalam komputer maupun laptop, Harddisk juga merupakan media yang biasa kita gunakan untuk menyimpan berbagai macam file seperti foto, video, dokumen atau hal-hal penting lainnya didalam komputer atau laptop. 

Berbicara mengenai Harddisk, pernahkah teman-teman memeriksa kesehatan si Harddisk? 'loh emang Harddisk bisa sakit ya min?' layaknya manusia yang semakin berumur, Harddisk pun demikian seiring berjalannya waktu bukan tidak mungkin Harddisk kita mulai renta dan mengalami beberapa masalah, mulai dari error dalam membaca sebuah data, bad sector, terdapat file yang corrupt ( rusak ) dan beberapa permasalahan lainnya. 

Pada artikel ini akan saya bahas tentang Cara Mengecek Kesehatan Hardisk Tanpa Aplikasi dimana saya tidak akan menggunakan aplikasi apapun, jadi ini merupakan cara termudah bagi teman-teman dan sangat cocok bagi teman-teman yang baru saja memiliki laptop maupun Komputer ( PC ), sehingga bisa diterapkan dengan mudah. 

Cara Mengecek Kesehatan Hardisk Tanpa Aplikasi

Cara mengecek kesehatan harddisk tanpa aplikasi ini cukup mudah ya, dimana kita hanya akan menggunakan fitur bawaan windows. Dan berikut ini adalah caranya

Menggunakan Fitur CHKDSK

1. Menggunakan fitur CHKDSK
jadi si fitur CHKDSK ini merupakan fitur bawaan windows yang berfokus untuk memindai dan memperbaiki masalah pada bagian bad sector harddisk. cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah silahkan teman-teman buka File Explorer.

2.Klik Menu Properties,  

jika sudah membuka File Explorer masuk ke bagian partisi ( bagian ) harddisk yang ingin diperiksa kesehatannya, disini anggaplah kita ingin memeriksa kesehatan drive E 
cek kesehatan hardisk online
Klik Pada menu Properties

3. Masuk ke Menu Tool dan Pilih Check

Yang ketiga dalam Cara Mengecek Kesehatan Hardisk Tanpa Aplikasi adalah membuka menu tool kemudian klik tab check seperti pada gambar berikut ini.

aplikasi cek kesehatan harddisk
Pilih menu tool kemudian pilih check

Setelah teman-teman mengklik tab check biasanya akan muncul sebuah notifikasi atau jendela baru yang meminta konfirmasi apakah teman-teman ingin melakukan pemeriksaan atau tidak seperti pada gambar berikut ini.

cara termudah memeriksa kesehatan harddisk
jendela konfirmasi scanning 

Nah pada bagian inilah sistem windows akan memeriksa apakah harddisk kita terdapat masalah ataupun tidak, seperti yang saya katakan diatas bahwa fitur ini berfokus pada pemindaian masalah bad sector dan menemeukan masalah. 

Jika sistem menemukan masalah ketika selesai melakukan pemindaian maka akan muncul notifikasi berikutnya. 

Sampai disini kita sudah berhasil mengikuti tutorial tentang Cara Mengecek Kesehatan Hardisk Tanpa Aplikasi

Selain cara diatas, apakah ada cara yang lebih komplit dan lebih rinci? tentu saja, nanti akan saya bahas tentang aplikasi untuk mengecek kesehatan harddisk. 






Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Kesehatan Hardisk Tanpa Aplikasi"