Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Webcam di Laptop

 

Cara menyalakan kamera di laptop

Teknologizoo.com - Cara Mengaktifkan Webcam di Laptop, Web Camera atau yang lebih familiar dengan singkatan Webcam merupakan sebuah kamera yang biasanya terdapat di bagian atas dari laptop, biasanya Webcam ini sudah tertanam alias internal, berbeda dengan PC yang menggunakan kamera luar ataupun eksternal. Berbicara tentang Webcam ternyata masih banyak pengguna laptop yang belum tahu tentang bagaimana cara menghidupkan kamera yang ada di laptopnya.

Bagi sobat yang belum tahu, semua itu akan saya bahas di artikel ini yaitu tentang Cara Mengaktifkan Webcam di Laptop. Cara ini bisa diterapkan di semua merk laptop seperti acer, asus, axioo, lenovo, HP, Dell, dan pada tipe sistem operasi yang berbeda baik itu di Windows 7, 8 ataupun 10.

Pada artikel sebelumya saya pernah membahas tentang 7 Cara Mengatasi Kamera Laptop Yang Gelap dan Buram.

Cara Menghidupkan Kamera Laptop di Sistem Operasi Windows 7,8 dan 10.

Baiklah sobat sebenarnya cara menghidupkan kamera laptop sendiri sangatlah mudah baik itu dari sistem operasi windows 7,8 ataupun 10 hanya saja segi tampilan yang membuatnya berbeda. Disini saya sendiri menggunakan sistem operasi windows 8 ya sobat, jadi silahkan menyesuaikan tampilannya.

1. Hidupkan Kamera Melalui Webcam Privacy Settings

Langkah pertama dalam Cara Mengaktifkan Webcam di Laptop yaitu bisa melalui Webcam Privacy Settings. Caranya bagaimana? caranya sebagai berikut.

  • Buka Menu Windows
  • Ketik kata kunci Webcam 
  • Kemudian klik ON
Apabila kurang jelas, mari simak gambar berikut ini.

Cara Menghidupkan Kamera Laptop di Windows 7,8,10
Pengaturan Webcam 

Nah diatas merupakan tampilan utama ketika kita ingin menghidupkan kamera laptop ( webcam ) di Windows 8, seperti tertera pada gambar, sobat bisa menghidupkan kameranya dengan mengklik tombol on. Maka, otomatis kamera laptop kita akan hidup. 

Selain itu, pada kotak berwarna hijau tua yang saya tandai diatas sobat juga bisa mengatur kamera ingin hidup pada aplikasi apa saja contohnya seperti Skype, dan lain-lain. 

2. Cara Menyalakan Kamera di Laptop Secara Langsung

Cara kedua tentang Cara Mengaktifkan Webcam di Laptop adalah dengan menyalakannya secara langsung. 

Caranya sendiri sebagai berikut.
  • Buka Fitur Pencarian
  • Ketik kata kunci Camera
  • Kamera Otomatis terbuka
Apabila belum jelas, mari simak gambar berikut ini. 

Cara menyalakan laptop di laptop asus. acer. lenovo, sony, toshiba,hp,dell
Menyalakan Kamera di Laptop

Nah apabila sudah seperti pada gambar diatas, silahkan sobat klik icon kamera, maka kita akan masuk secara otomatis dan kamera webcam pun akan hidup. 

Cara Mengaktifkan Webcam di Laptop asus
Kamera Laptop sudah aktif

Ketika kamera laptop ( webcam ) sudah aktif, biasanya ditandai dengan tampilan icon rekaman dan kamera di bilah sebelah kanan dan seharusnya wajah kita pun tampil di layar laptop. 

Selain itu indikator lainnya adalah lampu kecil berwarna hijau yang terdapat di sebelah kamera webcam akan ikut menyala contohnya seperti berikut. 

Cara Mengaktifkan Webcam di Laptop di google meet, zoom
Indikator lampu kamera laptop ( webcam )

Nah diatas merupakan lampu indikator dari kamera yang sudah menyala, biasanya terdapat tepat di sebelah kamera laptop, mungkin pada beberapa merk laptop bisa saja berbeda. 

Sampai disini kita sudah berhasil menghidupkan kamera webcam di laptop, cara diatas bisa diterapkan di semua merk laptop baik itu asus, acer, axioo, lenovo dan beberapa merk lainnya serta di semua sistem operasi. 

Demikianlah artikel tentang Cara Mengaktifkan Webcam di Laptop semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya sobat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Webcam di Laptop "