Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Backup atau Mencadangkan Foto Dari HP ke Google Foto 2023

 

cara mencadangkan foto di google foto secara otomatis

Teknologizoo.com - Cara Backup atau Mencadangkan Foto Dari HP ke Google Foto 2023. Menyimpan terlalu banyak foto di penyimpanan internal smartphone atau hp tentunya akan cukup menguras kapasitas memori dari sebuah smartphone itu sendiri, dimana ruang penyimpanan akan terus berkurang apabila kita tidak melakukan backup alias pencadangan foto. Apalagi kalau foto yang kita simapn di HP merupakan foto-foto dengnan kualitas terbaik, atau HD. 

Lalu, apakah ada sebuah cara untuk menyimpan foto ditempat lain selain didalam memori internal hp yang kita punya? tentu saja ada ya sobat, sekarang sudah zamannya serba digital, jika dulu kita bisa menggunakan memori eksternal seperti SD Card, ataupun Flashdisk untuk menyimpan sebuah file, sekarang semua bisa dilakukan secara online alias disimpan didalam sebuah Cloud Storage, termasuk menyimpan foto. 

Baca juga : Cara Memperjelas Foto Yang Buram dan Blur di Laptop 100 Persen Mudah

Lalu layanan apa yang harus digunakan untuk menyimpan sebuah foto secara online? yang paling banyak digunakan dan cukup aman adalah dengan menggunakan salah satu layanan Google, yaitu Google Foto.

Kelebihan Menyimpan Foto di Google Foto

Kenapa sih kita harus menggunakan Google foto sebagai media untuk menyimpan foto kita? berikut ini adalah beberapa kelebihan ketika kita menyimpan atau melakukan backup foto di Google Foto. 

  • Ruang penyimpanan yang besar serta gratis. Seperti yang saya katakan diatas problematik ketik menyimpan foto di memori internal di hp adalah cukup menguras memori internal kita. Dengan menggunakan layanan Google Foto, selain mendapatkan penyimpanan yang cukup besar kita juga bisa menggunakannya secara gratis. 
  • Terkoneksi langsung dengan akun Google. Jangan takut kehilangan akses atau lupa password ketika kita mencadangkan foto-foto kita ke Google Foto, karena kita bisa memilih untuk mencadangkan foto dengan akun Gmail atau akun Google yang biasa digunakan. 
  • Fitur Pencarian. Salah satu fitur yang membuat Google Foto banyak digunakan adalah fitur pencariannya, Google Foto bisa memberikan tag atau tanda berdasarkan lokasi, pengenalan wajah, wilayah, serta kategori atau jenis gambar. 
  • Berbagi Foto ke Orang lain. Kelebihan terakhir yang bisa saya sebutkan adalah fitur berbagi foto ke orang lain dengan mudah. Didalam aplikasi kita bisa melakukan sharing foto maupun album ke pengguna lain, hanya dengan memasukkan alamat email nya saja.

Cara Backup atau Mencadangkan Foto Dari HP ke Google Foto 2023

Cara melakukan pencadangan atau backup foto dari hp ke Google Foto sendiri sangatlah mudah ya sobat, hanya perlu beberapa langkah saja untuk melakukannya. 

1. Buka Google Foto dan Pilih Setelan Foto

Yang pertama silahkan sobat buka terlebih dahulu aplikasi Google Foto kemudian pilih setelan foto seperti berikut ini. 

cara mencadangkan foto ke akun google
Setelan Foto Google Foto

Silahkan ketuk setelan foto seperti pada gambar diatas ya sobat. Jika sudah, kita lanjut ke langkah berikutnya. 

2. Ketuk Pencadangan dan Sinkronisasi 

Langkah kedua adalah dengan mengetuk menu pencadangan dan siknronisasi seperti gambar berikut. 

cara menyimpan foto di google foto agar tidak hilang
Pencadangan dan sinkronisasi 

Silahkan sobat ketuk menu pencadangan dan sinkronisasi, setelah itu kita akan dibawa ke menu baru. 

3. Pilih Akun Google Untuk Backup Foto 

Yang ketiga dalam Cara Backup atau Mencadangkan Foto Dari HP ke Google Foto 2023 adalah dengan memiilh akun google yang nantinya akan digunakan untuk melakukan backup alias pencadangan foto dari hp ke Google Foto. 

cara melihat cadangan foto di google foto
Pilih Akun Google Foto


Seperti pada gambar diatas sobat bisa memilih akun Google yang nantinya akan kita gunakan sebagai tempat melakukan backup atau pencadangan foto dari hp ke Google Foto. Kita sendiri mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15Gigabyte disetiap akun.


Jika sudah memilih akun Google yang nantinya digunakan, maka otomatis setiap kita menyimpan foto baru akan otomatis dibackup atau dicadangkan langsung ke Google Foto ya sobat. 

Oh iya, kita juga bisa mengatur ukuran upload agar tidak ada perubahan kualitas foto. Sehingga setiap foto yang diupload akan menggunakan ukuran asli seperti kita menyimpannya di HP.

Sampai disini kita sudah berhasil mengikuti tutorial tentang Cara Backup atau Mencadangkan Foto Dari HP ke Google Foto 2023.



Posting Komentar untuk "Cara Backup atau Mencadangkan Foto Dari HP ke Google Foto 2023"