Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Oppo

 

cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis

Teknologizoo.com - 5 Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Oppo, Media penyimpanan internal merupakan salah satu bagian dari spesifikasi sebuah smartphone yang cukup penting dimana penyimpanan internal atau yang biasa disebut memori internal ini merupakan salah satu bagian penting dalam smartphone, saat ini kapasitas penyimpanan memori internal sendiri sudah bervariasi dan semakin berkembang seiring berjalannya waktu, mulai dari yang 16 Gb, 64 sampai 128 Gb, nah disini saya sendiri menggunakan HP Smartphone Oppo F9 yang terkadang seringkali mengalami masalah pada ruang penyimpanan dimana muncul tulisan Ruang Penyimpanan Tidak Cukup yang saya rasa membuat jengkel.

Sampai sini kita sebenarnya sudah tahu penyebab ruang penyimpanan tidak cukup tersebut, dimana mengindikasikan memori internal sudah mencapai kapasitasnya alias full atau penuh, ada beberapa penyebab kenapa ruang penyimpanan penuh diantaranya 

  • Sampah Aplikasi, Yang pertama ada sampah pada aplikasi atau yang biasa disebut dengan cache, sampah ini selalu mengendap di memori internal ketika kita telah selesai menggunakan aplikasi.
  • Terlalu Banyak Aplikasi, banyaknya apliikasi yang diunduh dari playstore terkadang jadi salah satu penyebab kenapa memori internal cepat sekali penuh, maka sangat disarankan untuk menghapus aplikasi yang tidak penting.
  • Banyaknya File Foto dan Video, terlalu banyak file foto dan video yang disimpan dalam memori internal juga bisa jadi penyebab kenapa memori internal cepat penuh.
Nah adakah cara untuk membersihkan ruang penyimpanan pada HP Oppo? tentu saja ada cara yang bisa teman-teman lakukan untuk membersihkan ruang penyimpanan hp Oppo, cara ini sudah saya buktikan sendiri dan bisa dibilang cukup direkomendasikan.

5 Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Oppo

setidaknya ada 5 cara membersihkan ruang penyimpanan hp oppo yang bisa teman-teman lakukan untuk mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup dimana cara ini sangatlah mudah untuk bisa teman-teman lakukan sendiri. Baiklah berikut ini adalah 5 Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Oppo yang bisa teman-teman lakukan.

1. Hapus Sampah Aplikasi ( Cache ) 

Seperti yang saya tulis diatas, dimana salah satu penyebab ruang penyimpanan tidak cukup adalah akibat sampah aplikasi yang terlalu banyak, sampah aplikasi pada smartphone sering disebut dengan istilah cache, nah biasanya cache ini mengendap pada memori internal setelah kita menggunakan atau membuka sebuah aplikasi yang digunakan. 

Untuk bisa menghapus dan membersihkan cache ini, teman-teman hanya perlu masuk ke menu pengaturan pada smartphone Oppo, kemudian buka aplikasi yang ingin dihapus cache nya, yang terakhir tinggal tap hapus. Sampai disini kita telah berhasil menghapus cache atau sampah pada aplikasi.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Berikutnya dalam artikel 5 cara membersihkan ruang penyimpanan hp oppo adalah dengan menghapus aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan, semakin banyak aplikasi tentunya semakin besar pula mengkonsumsi penyimpanan pada memori internal, maka sangat diasarankan untuk melakukan uninstall pada aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan.

3. Backup Data File dan Video ke Onlline Storage

Biasanya para pengguna smartphone seringkali menyimpan momen-momen berharga termasuk foto dan video didalam memori internal, salah satu cara yang bisa teman-teman bisa lakukan untuk menghemat memori internal yaitu dengan melakukan backup atau mencadangkan seluruh data berupa foto maupun video ke Online Storage atau media penyimpanan online, dimana saat ini sudah banyak sekali media penyimpanan online yang bisa digunakan, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar, contohnya seperti Google Drive 

4. Hapus Pesan Masuk ( SMS )

Siapa sangka, SMS yang tersimpan didalam smartphone ternyata bisa jadi penyebab kenapa memori internal cepat penuh, salah satu cara membersihkan ruang penyimpanan hp oppo yang bisa lakukan yaitu bisa menghapus setiap pesan masuk ataupun sms yang tersimpan pada smartphone, tetapi jika teman-teman tidak memiliki riwayat pesan, maka cara keempat ini bisa teman-teman abaikan.

5. Pindahkan Data ke Memori Eksternal 

Kemudian cara terakhir dalam 5 Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Oppo yaitu dengan melakukan backup data ke memori eksternal pada smartphone, saat ini sudah tersedia memori eksternal yang menyajikan kapasitas yang cukup besar, dan bisa didapatkan dengan harga terjangkau. 

Nah teman-teman demikianlah artikel tentang 5 Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Oppo yang bisa teman-teman lakukan, dengan melakukan beberapa cara diatas selain bisa menghemat memori internal, juga bisa memberikan efek nafas lebih lega terhadap performa pada smartphone yang teman-teman punya. 


Posting Komentar untuk "5 Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Oppo"