Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Baterai HP Oppo F9 Cepat Habis dan Boros

cara menghemat baterai hp oppo

 Teknologizoo.com - Cara Mengatasi Baterai HP Oppo F9 Cepat Habis dan Boros, telfon pintar atau yang lebih familiar dengan istilah Smartphone merupakan sebuah perangkat elektronik yang paling sering digunakan oleh orang-orang saat ini, dimana smartphone sendiri selalu mengalami inovasi dan pembaruan setiap tahunnya, banyak kelebihan-kelebihan baru yang dibuat oleh produsen smartphone, juga melakukan improvisasi sistem didalamnya, tapi sayangnya dibalik kelebihan-kelebihan yang ditingkatkan terdapat sebuah kelemahan yang seringkali dialami oleh para pengguna smartphone, salah satunya pengguna smartphone Oppo F9, salah satu brand yang cukup populer di Indonesia, juga memiliki pengguna yang cukup banyak seringkali mengeluhkan Baterai Smartphone yang Boros, Cepat Habis, dan Gampang panas ketika digunakan. 

Baca Juga : 2 Cara Mengaktifkan Timer atau Waktu Mundur Pada Fitur Kamera Oppo

Hal tersebut membuat para pengguna bertanya-tanya kok bisa sih smartphone saya cepet habis baterainya, padahal tidak digunakan? apakah ada cara yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut? tentu saja ada cara yang teman-teman bisa lakukan, pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Cara Mengatasi Baterai HP Oppo F9 Cepat Habis dan Boros, dimana daya tahan baterai yang cepat habis terkadang membuat jengkel, bahkan pada saat tidak digunakan. 

Cara Mengatasi Baterai HP Oppo F9 Cepat Habis dan Boros 

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai hp oppo f9 yang cepat habis? teman-teman bisa melakukan cara ini untuk setidaknya lebih menghemat kondisi baterai pada Hp Oppo F9.

1. Kurangi Kecerahan Layar

Yang pertama yang teman-teman bisa lakukan untuk meminimalisir borosnya baterai smartphone adalah dengan mengurangi kecerahan pada layar smartphone, menggunakan kecerahan layar yang teralalu cerah dapat menyedot konsumsi baterai yang jauh lebih banyak, maka sangat disarankan untuk mengurangi kecerahan layar dan menyesuaikan dengan kondisi mata. 

2. Matikan Fitur Yang Tidak Diperlukan

Terlalu banyak menggunakan fitur yang tidak digunakan pada saat pengoperasian smartphone dapat membuat smartphone menjadi lebih boros dari segi baterai, teman-teman dapat mematikan fitur yang sekiranya tidak diperlukan seperti Bluetooth, Wifi, atau Paket Data , terutama ketika menyalakan paket data baterai lebih banyak mengkonsumsi daya daripada menggunakan Wifi, selain itu dapat menimbulkan panas pada baterai smartphone jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Gunakan Mode Hemat Daya

Apabila ingin menghemat baterai, pada Hp Oppo F9 sudah terdapat fitur Mode Hemat Daya, fitur ini memang sengaja diciptakan agar kondisi baterai jauh lebih hemat daripada biasanya.

4. Tutup Aplikasi Dibelakang Layar

Berikutnya Cara Mengatasi Baterai HP Oppo F9 Cepat Habis dan Boros yang dapat teman-teman lakukan adalah dengan menutup aplikasi yang berjalan dibelakang layar, apa maksudnya? ketika teman-teman membuka sebuah aplikasi kemudian keluar dari aplikasi tersebut, otomatis aplikasi tersebut tidak akan menutup dirinya sendiri, artinya teman-teman harus menutup aplikasi dibelakang layar atau lebih sering disebut dengan multitasking.

5. Hindari Menggunakan Smartphone Saat di Cas

Langkah selanjutnya Cara Mengatasi Baterai HP Oppo F9 Cepat Habis dan Boros yang teman-teman bisa lakukan adalah untuk tidak menggunakan smartphone jika dalam keadaan di cas atau sedang mengisi daya, selain itu bisa menyebabkan baterai smartphone cepat panas.

6. Hapus Aplikasi Tidak Penting 

Terlalu banyak aplikasi dalam smartphone tentunya akan meningkatkan konsumsi daya baterai yang semakin banyak juga, nah sangat disarankan bagi teman-teman untuk menghapus aplikasi yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan, dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai, selain bisa menghemat daya, juga bisa menghemat kapasitas RAM ( Random Access Memory ) pada smartphone Oppo F9 teman-teman.

7. Rajin Bersihkan Cache Smarpthone

Agar kinerja baterai smartphone Oppo F9 lebih optimal, teman-teman harus melakukan pembersihan file cache yang mengendap di aplikasi secara berkala misalnya 1 minggu sekali lakukakn pembersihan file cache pada smartphone, untuk membersihkannya teman-teman bisa melakukannya dengan cara manual ataupun menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan file cache.

Manfaat lain dari membersihkan cache pada smartphone adalah mempercepat kinerja smartphone, membebaskan lebih  banyak ruang pada RAM, dan tentunya membuat kinerja baterai jauh lebih baik.

8. Matikan Fitur Getar atau Vibrasi 

Cara terakhir yang teman-teman bisa lakukan dalam Cara Mengatasi Baterai HP Oppo F9 Cepat Habis dan Boros yaitu dengan mematikan fitur Vibrasi atau Getar pada smartphone Oppo F9 karena getar pada smartphone bisa menekan lebih banyak konsumsi daya.

Penyebab Baterai Hp Oppo F9 Boros dan Cepat Panas

Diatas merupakan bebrapa cara yang bisa teman-teman lakukan dalam Cara Mengatasi Baterai HP Oppo F9 Cepat Habis dan Boros, lantas apa sih yang jadi penyebab baterai HP Oppo F9 Boros dan Cepat panas? selain beberapa hal diatas yang saya tulis, saya mengamati sebuah perbedaan sebelum dan sesudah melakukan upgrade pada sistem operasi yang ada pada smartphone Oppo F9, dimana ada perbedaan signifikan yang saya rasakan.

Sebelum saya melakukan upgrade OS baterai Smartphone berasa begitu tangguh dan awet, tetapi setelah melakukan upgrade OS benar-benar terasa bagaimana baterai smartphone jauh lebih cepat habis dan jadi agak lambat dalam kinerjanya, saya tidak tahu pasti mengapa demikian, tapi saya punya feeling bahwa kapasitas penyimpanan HP Oppo F9 ini tidak cocok untuk dipasang versi android terbaru berbeda dengan versi sebelumnya.

Nah teman-teman demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Baterai HP Oppo F9 Cepat Habis dan Boros semoga mudah dipahami dan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Baterai HP Oppo F9 Cepat Habis dan Boros"