Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Memori Internal Hampir Habis dan Kinerja Menurun HP Oppo F9

 

cara menghilangkan notifikasi memori internal hampir habis

Teknologizoo.com - Cara mengatasi memori internal hampir habis dan kinerja menurun hp oppo F9, Smartphone merupakan sebuah telfon pintar yang dilengkapi dengan berbagai macam kelebihan, fitur, tampilan dan juga kapasitas penyimpanannya yang membuat pengguna merasa puas, saat ini smartphone sendiri rata-rata memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. 

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar salah satunya adalah produk Oppo, meskipun demikian masalah penyimpanan ini terkadang yang jadi masalah para pengguna smartphone, saya sendiri menggunakan Oppo F9 yang dilengkapi RAM 8 Gigabyte dan memori internal sebesar 64 Gigabyte. 

Nah, masalah memori internal inilah yang mungkin juga dikeluhkan oleh teman-teman karena bisa dibilang memori internal 64 dan 8 GB RAM, saat ini bisa dibilang kecil. Semakin banyak pemakaian aplikasi, semakin banyak aplikasi, file dan foto yang disimpan akan semakin banyak pula memakan ruang. 

Pada artikel ini akan saya bahas tentang Cara mengatasi memori internal hampir habis dan kinerja menurun hp oppo F9.

Baca Juga : 2 Cara Mengatasi HP Oppo F9 Sering Masuk ke Recovery Mode

Penyebab Memori Internal Hampir Habis atau Penuh

Ada beberapa faktor yang membuat memori internal dari sebuah smartphone cepat penuh atau hampir habis, hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja smartphone kita, dimana kinerja smartphone akan melambat dan menurun. 

Dan berikut ini adalah faktor yang biasanya jadi penyebab kenapa sebuah smartphone memiliki memori internal yang hampir habis ataupun penuh. 
  • Ada Banyak File Cache ( Sampah ) yang mengendap, Cache ataupun yang biasa disebut file sampah, merupakan sampah dari data aplikasi yang kita buka dan kita gunakan, jadi setelah kita membuka atau menggunakna aplikasi, biasanya akan meninggalkan sampah berupa data cache tersebut. 
  • Banyak File Duplikat / Double, yang kedua biasanya terlalu banyak file duplikat ataupun double, contoh teman-teman mengunduh sebuah musik, file musik tersebut biasanya akan muncul 2 file dalam satu tempat yang sama. 
  • Banyak File Berukuran Besar, tanpa teman-teman sadari mungkin terlalu banyak menyimpan file berupa foto maupun video bisa jadi penyebab kenapa memori internal cepat penuh dan hampir habis.
  • Terlalu Banyak Aplikasi, terlalu banyak aplikasi berukuran besar merupakan faktor utama kenapa sebuah memori internal cepat penuh dan hampir habis. 
  • Banyak Mengunduh Video di Youtube, pernahkah teman-teman menggunakan aplikasi Youtube Go? dimana di aplikasi tersebut terdapat sebuah fitur yang bisa kita gunakan untuk menonton video secara offline nah menonton video secara offline tersebutlah yang memakan memori internal smartphone kita. 
Setelah kita mengetahui beberapa penyebabnya, sekarang kita masuk ke inti pembahasan tentang Cara mengatasi memori internal hampir habis dan kinerja menurun hp oppo F9

Cara Mengatasi Memori Internal Hampir Habis dan Kinerja Menurun HP Oppo F9

cara menghilangkan notifikasi memori internal hampir habis oppo
Memori Internal Hampir Habis dan Kinerja Menurun

Diatas merupakan notifikasi tentang memori internal yang hampir habis yang saya dapatkan beberapa waktu lalu.

Ada beberapa cara yang juga bisa teman-teman lakukan untuk mengurangi beban yang ada pada memori internal teman-teman, cara ini bisa diterapkan pada beberapa tipe HP Oppo seperti a5s, a3s, a12 dan beberapa tipe lainnya.


Oke teman-teman berikut ini adalah beberapa Cara Mengatasi Memori Internal Hampir Habis dan Kinerja Menurun HP Oppo F9 

1. Bersihkan File-File Sampah 

Langkah pertama yaitu membersihkan file-file sampah ( cache ) yang telah lama mengendap, bagaimana caranya? teman-teman bisa membersihkannya secara manual melalui manajemen aplikasi, ataupun teman-teman bisa menggunakan bantuan antivirus yang dapat membersihkan file sampah ( cache ) secara otomatis. 

2. Pindahkan File ke Kartu SD  

Langkah kedua dalam Cara Mengatasi Memori Internal Hampir Habis dan Kinerja Menurun HP Oppo F9 adalah dengan memindahkan file-file berukuran besar ke kartu SD atau Sim Card, cara ini cukup efektif dan mudah terutama bagi teman-teman yang punya kapasitas kartu SD yang cukup besar. 

3. Backup atau Cadangkan Data ke Google Drive

Yang ketiga yaitu melakukan backup atau mendacadangkan data-data, file, foto, video, dan beberapa elemen penting lainnya dari memori internal ke penyimpanan Google Drive. Google sendiri memberikan kapasitas penyimpanan gratis per akun sebesar 15GB. 

cara mengatasi memori internal hampir habis oppo f9, a12. a3s. a5s, f11
Tampilan Google Drive

Nah teman-teman bisa memanfaatkan kapasitas yang diberikan Google Drive, untuk menyimpan data-data yang memiliki ukuran besar. 

4. Cari dan Hapus File Duplikat

Yang keempat dalam Cara mengatasi memori internal hampir habis dan kinerja menurun hp oppo F9 adalah dengan mencari file-file duplikat yang ada di penyimpanan internal, disini teman-teman bsia mencarinya sendiri atau menggunakan software tambahan seperti 360 Lite Security yang bisa membersihkan semua file duplikat. 

5. Backup atau Cadangkan Data ke HeyTap Cloud 

Yang terakhir dalam artikel Cara mengatasi memori internal hampir habis dan kinerja menurun hp oppo F9 yaitu dengan melakukan backup atau mencadangkan data ke HeyTap Cloud. Jadi HeyTap Cloud ini merupakan sebuah fitur bawaan yang ada di Hp Oppo. Fungsi utamanya adalah sama dan mirip seperti Google Drive dimana kita bisa mencadangkan data-data ke kita ke penyimpanan awan ( cloud ). 

Cara mencadangkan data ke HeyTap Cloud sendiri sangatlah mudah dimana sudah saya bahas di Cara Backup atau Mencadangkan Data HP Oppo ke HeyTap Cloud Hanya dengan beberapa tap saja, kita sudah bisa mencadangkan data, file, foto, video yang memiliki ukuran besar. 

Cara ini sangat efesien dalam menghemat memori internal smartphone kita. 

Baiklah teman-teman, demikian artikel tentang Cara mengatasi memori internal hampir habis dan kinerja menurun hp oppo F9 semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya teman-teman. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Memori Internal Hampir Habis dan Kinerja Menurun HP Oppo F9"