Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Watermark di Adobe Photoshop CS6

 Cara Membuat Watermark di Adobe Photoshop CS6

Teknologizoo.com - Cara Membuat Watermark di Adobe Photoshop CS6. Photoshop merupakan salah satu software photo editor yang cukup terkenal dan familiar di telinga para editor foto, dimana software Adobe Photoshop ini pasti ada di semua PC atau Laptop tak heran nampaknya Adobe Photoshop ini sudah identik untuk menjadi software editor foto yang paling diandalkan oleh semua orang. pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang Cara Termudah Mnegetahui Jenis Font di Photoshop CS6

Untuk ukuran pemula memang agak ribet untuk menggunakan software ini pertama kalinya, tapi seiring berjalannya waktu tentu lama-lama terbiasa dan familiar dengan software ini, Adobe Photoshop sendiir sudah memiliki beberapa versi seperti CS4 dan yang saya gunakan adalah CS6 entah kenapa saya memilih setia dengan versi CS6 meskipun versi terbarunya telah dirilis.

Berbagai macam fitur yang ada di Adobe Photoshop ini memang sangat bermanfaat bagi kita sebagai pengguna, dimana kita bisa membuat logo, mengedit background foto, membuat vektor, wpap, bahkan membuat watermark pun bisa kita lakukan di Photoshop ini.

Cara membuat watermark di photoshop sendiri sangatlah mudah sobat, dimana kita tetap bisa membuat watermark hanya dengan tulisan biasa saja, lantas bagaimana tutorial membuat watermark di photoshop? dan berikut ini adalah Cara Membuat Watermark di Adobe Photoshop CS6

Apa itu Watermark?

Sebelum masuk ke inti pembahasan alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sih definisi dari Watermark itu dalam bahasa Indonesia? Watermark sendiri memiliki definisi Tanda Air dalam bahasa Indonesia, dimana watermark biasanya akakn berbentuk gambar, tulisan ataupun logo yang ada pada foto, watermark sendiri biasanya akan muncul sebagai bayangan dan tidak sepenuhnya muncul dalam sebuah foto.

Fungsi Menggunakan Watermark?

apa manfaat atau fungsi dari sebuah watermark? watermark atau tanda air sendiri biasanya berfungsi untuk mengantisipasi karya kita yang dijiplak atau diambil atau dicopy paste oleh orang lain dengan adanya watermark orang lain tidak akan dengan mudah mengklaim bahwa sebuah karya itu miliknya.

Setelah mengetahui apa itu watermark dan apa itu fungsi dari watermark mari kita masuk ke inti pembahasan tentang Cara Membuat Watermark di Adobe Photoshop CS6

Cara Membuat Watermark di Adobe Photoshop CS6

Ada beberapa langkah yang akan sobat lakukan dalam Cara Membuat Watermark di Adobe Photoshop CS6 ini, caranya sendiri sangatlah mudah dan tidak terlalu sulit, dan berikut ini adalah caranya.

1. Buka Photoshop & Buat Kanvas Baru

Yang pertama silahkan sobat buka Photoshop dan membuat kanvas baru dengan menekan tombol kombinasi Ctrl+N agar semakin mudah, silahkan sesuaikan ukuran canvas photoshop sesuai dengan keinginan dan kebutuhan sobat. silahkan lihat gambar berikut ini.

cara membuat watermark full paper di photoshop
Canvas Baru di Photoshop

Jika sudah, mari lanjut ke langkah nomor kedua.

2. Tulis Watermark Yang Diinginkan

Jika sudah membuat Canvas baru di Photoshop silahkan sobat buat tulisan baru jangan lupa untuk menyesuaikan jenis huruf, ukuran huruf, dan Warna yang diinginkan, silahkan lihat gambar berikut ini.

membuat watermark otomatis di photoshop
Tulis Watermark Yang Diinginkan


  • Pada Layer Yang saya tandai dengan koak berwarna hijau, jangan lupa sobat untuk membuat layer baru

Jika langkakh kedua dirasa cukup, lanjut ke langkah ketiga ya sobat.

3. Nonaktifkan Layer Background

Langkah ketiga dalam tutorial membuat watermark di photoshop ini, silahkan sobat nonaktifkan layer background pada photoshop, bagi yang masih bingung silahkan lihat gambar berikut ini.

cara membuat logo watermark
Nonaktifkan Mata Layer Background

Jika sudah, mari lanjut ke langkah berikutnya.

4. Simpan Dalam Format PNG & PSD

Langkah keempat yaitu sobat harus menyimpan watermark yang baru saja dibuat, silahkan sobat simpan dalam 2 format yang pertama PNG & PSD, Format png merupakan format gambar transparan tanpa latar belakang / background.

cara menempel logo di photoshop
Simpan Hasil Editan

Sedangkan format PSD merupakan format Photoshop yang bisa kita edit kembali apabila memerlukan revisi di masa yang akan datang sehignga tidak perlu membautnya dari awal lagi.

5. Buka Watermark Yang Telah Disimpan

Yang terakhir watermark yang kita buat tadi telah jadi, silahkan sobat buka file dimana tadi menyimpan watermark, kira-kira seperti ini penampilan dari watermark yang saya buat tadi.

cara membuat watermark di photoshop 2020
Contoh Watermark yang telah jadi

Memang nampak tidak menarik, maka dari itu sobat bisa melakukan improvisasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sobat, semua kembali ke kreatifitas kita sebagai pembuat watermark.

Nah sampai disini kita telah berhasil membuat watermark pada photoshop, oh iya meskipun saya menggunakan adobe photoshop cs6 cara yang saya berikan ini berfungsi untuk semua versi ya, hanya saja berbeda dari segi tampilan di masing-masing versi.

Post a Comment for "Cara Membuat Watermark di Adobe Photoshop CS6"