Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Ampuh Merawat Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak

 

cara merawat hp agar tidak mudah rusak

Teknologizoo.com - 5 Tips Ampuh Merawat Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak, Smartphone merupakan sebuah alat elektronik yang punya tingkat kerawanan yang cukup tinggi, smartphone sendiri memiliki resiko lebih rawan rusak jika dibandingkan dengan alat elektronik lainnya, entah itu rawan rusak dari segi fisik maupun rusak dari segi software yang dikembangkan, lalu apakah ada cara ataupun tips untuk merawat smartphone agar usianya panjang, tak cepat rusak dan juga awet? 

Pada artikel ini saya akan membahas tentang 5 Tips Ampuh Merawat Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak dimana setidaknya 5 tips ampuh yang saya bagikan ini, bisa membuat smartphone kita lebih awet dan tahan lama dan berikut ini adalah cara agar smartphone awet dan tidak cepat rusak.

5 Tips Ampuh Merawat Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak

Cara yang akan saya bagikan ini berlaku untuk semua tipe atau merk smartphone baik itu Oppo, Samsung, Realme, dan beberapa merk lainnya, lalu bagaimana sih caranya merawat smartphone agar tidak mudah rusak, tidak menjadi lemot, dan agar smartphone lebih awet? berikut adalah 5 Tips Ampuh Merawat Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak.

1. Gunakan Casing Smartphone Yang Sesuai 

cara merawat hp android agar tidak lemot
Casing Smartphone


Pertama mari bahas terlebih dahulu tentang casing ya, fungsi dari sebuah casing itu untuk melindungi smartphone kita dari benturan secara langsung, jadi dengan adanya casing bisa meminimalisir kerusakna fisik apabila smartphone kita terjatuh. 

Maka pastikan teman-teman memilih casing yang sesuai dan pas dengan ukuran dan model smartphone, jangan hanya karena tertarik dengan sampul / tampilannya, lantas kita memaksakan casing HP yang sebenarnya tidak cocok dengan smartphone ktia.

Jadi pastikan casing hp yang sesuai ya teman-teman.

2. Jangan Gunakan Smartphone Saat di Charger

cara agar hp awet baterai
Memainkan HP Saat di Cas


cara merawat hp agar batre awet bisa dilakukan dengan tidak menggunakan smartphone pada saat di charging ( di cas ), hal ini yang memang sulit dihilangkan, termasuk saya pribadi hehehe. 
Terlalu sering menggunakan Smartphone saat di Charge dapat merusak baterai dan memperpendek usia baterai smartphone itu sendiri. 

Jadi agar batre awet dan demi kesehatan smartphone nya, jangan gunakan smartphone jika dalam keadaan di charge.

3. Matikan Wifi, Paket Data atau Bluetooth Jika Tak Digunakan 

yang ketiga yaitu dengan mematikan Wifi, Paket Data, ataupun Bluetooth apabila smartphone tidak digunakan, karena ketiga fitur tersebut bisa menyebabkan baterai drop, cepat habis, juga bisa menyebabkan smartphone menjadi overheat atau kepanasan karena banyak fitur yang menyala secara terus menerus. 

Jadi nonaktifkan ketiga fitur tersebut apabila tidak digunakan ya teman-teman.

4. Lakukan Scanning dengan Aplikasi Antivirus 

Langkah keempat dalam 5 Tips Ampuh Merawat Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak adalah dengan melakukan scanning menggunakan antivirus yang terdaftar di Playsotre, saat ini banyak antivirus gratis yang bisa diunduh. 

Meskipun gratis, antivirus yang bisa diunduh di playstore sendiri memberikan pelayanan dan fitur yang mewah untuk kita sebagai pengguna, bagi teman-teman yang belum mengunduh antivirus demi kemanan dan kesehatan smartphone nya, silahkan unduh di Playstore

Selain itu kita juga bisa mengoptimalkan smartphone dengan antivirus yang merupakan bagian merawat hp android agar tidak lemot.

5. Lakukan Restart Smartphone Sesekali 

cara merawat hp oppo agar awet
Lakukan restart smartphone

Langkah terakhir dalam 5 Tips Ampuh Merawat Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak bisa dilakukan dengan cara melakukan restart smartphone sesekali, layaknya manusia yang butuh makan untuk mengisi tenaga, demikian pun dengan smartphone yang sesekali butuh di restart.

Manfaatnya apa? manfaat restart sendiri untuk menyegarkan kinerja smartphone yang cukup berat, memulihkan kembali kapasitas smartphone, juga meminimalisir adanya kesalahan program alias Bug pada software smartphone. 

Akhir Kata, merawat smartphone bisa dilakukan dengan 5 Tips Ampuh Merawat Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak dimana kelima tips tersebut merupakan cara yang paling sederhana dan mendasar dalam melakukan perawatan smartphone. 

Semoga artikel 5 Tips Ampuh Merawat Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak bisa menjadi referensi bagi teman-teman semua.

Posting Komentar untuk "5 Tips Ampuh Merawat Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak"