Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Perintah Jitu CMD Untuk Merawat Laptop

 

4 Perintah Jitu CMD Untuk Merawat Laptop

Teknologizoo.com - 4 Perintah Jitu CMD Untuk Merawat Laptop, Perawatan Laptop bisa dilakukan dengan berbagai cara selain perawatan pada fisiknya ( hardware ) kita juga bisa melakukan perawatan Laptop pada bagian Software nya, dengan perawatan dari kedua bagian ini bisa memperpanjang usia laptop agar jauh lebih awet dan tahan lama. 

Selain menggunakan antivirus, tahukah teman-teman kalau perawatan laptop juga bisa dilakukan melalui Command Prompt atau yang lebih dikenal dengan CMD. Bagaimana sih caranya melakukan perawatan dengan perintah CMD? Apakah memang benar bisa dengan memasukkan perintah tertentu di CMD, untuk perawatan Laptop? 

Mungkin cara ini memang terdengar masih asing ditelinga tapi faktanya bisa kita lakukan, pada artikel ini akan saya bahas tentang 4 Perintah Jitu CMD Untuk Merawat Laptop. 

Baca Juga : 4 Langkah Mudah Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Cas

Apa Itu Command Prompt / CMD ? 

Alangkah baiknya kita masuk terlebih dahulu ke pembahasan tentang CMD, apa sih CMD itu? jangan sampai kita hanya tahu cara menggunakannya tapi tidak tahu defisini dari tool atau software yang digunakan tersebut. 

Command Prompt / CMD adalah Baris perintah penerjemah yang digunakan pada sistem Unix Lite, juga pada Sistem Operasi Windows baik itu windows 2000, XP, Vista, dan lain-lain.

4 Perintah Jitu CMD Untuk Merawat Laptop

Jadi ternyata ada 4 Perintah Jitu CMD Untuk Merawat Laptop yang bisa kita lakukan dimana dengan mengetikkan perintah-perintah yang akan saya tulis dibawah, bisa memberikan efek perawatan kepada laptop kita dan berikut caranya.

1. Ketik Cleanmgr Untuk Bersihkan Sampah via CMD 

Langkah pertama yang bisa kita ketikkan perintah di CMD yaitu dengan mengetikkan Cleanmgr dimana perintah Cleanmgr tersebut memiliki fungsi utama untuk membersihkan file-file sampah yang ada pada laptop. 

Jadi ketika kita memasukkan perintah Cleanmgr akan membuang semua file sampah yang tak berguna di laptop kita. 

Caranya sendiri cukup mudah.
  • Buka CMD / Command Prompt 
  • Ketikkan Perintah Cleanmgr 
  • OK
Jika kurang jelas, yuk disimak gambar berikut ini. 


perintah cmd keren
Ketikkan Perintah Cleanmgr

Silahkan ketikkan perintah Cleanmgr pada CMD, maka akan muncul sebuah jendela baru seperti berikut ini. 

cara membuka cmd di laptop
Pilih Letter Disk yang ingin Dibersihkan 

Nah seperti yang saya katakan kalau Cleanmgr punya fungsi utama untuk membersihkan file sampah yang ada pada harddisk, jika sudah seperti diatas silahkan teman-teman pilih Drive atau Letter Disk yang ingin dibersihkan dari sampah.

2. Ketik Defrag C Untuk Melakukan Defragment Hdd / Ssd

Langkah kedua dalam 4 Perintah Jitu CMD Untuk Merawat Laptop yaitu dengan mengetikkan perintah Defrag C untuk melakukan defragment atau penataan file yang ada pada masing-masing harddisk. 

Jadi ketika kita memasukkan perintah tersebut maka semua file akan kembali tersusun secara rapih dan tidak berantakan, 

Selain itu melakukan defragment juga bermanfaat untuk kesehatan harddisk laptop, pada artikel sebelumnya sudah saya bahas tentang Cara Melakukan Defrag Hardisk Laptop yang mungkin bisa jadi referensi untuk teman-teman semua.

3. Ketik sfc atau Scannow 

Yang ketiga yaitu dengan mengetikkan perintah sfc/scannow dimana perintah tersebut berfungsi untuk memperbaiki serta mencatat file-file yang error.

Sekarang mari masuk ke langkah terakhir.

4. Ketikkan Perintah Chkdsk

cmd untuk kesehatan laptop
Perintah untuk memeriksa harddisk

Yang terakhir dalam 4 Perintah Jitu CMD Untuk Merawat Laptop adalah dengan mengetikkan perintah Chkdsk dimana perintah tersebut merupakan singkatan dari "Checkhardisk" ya fungsi utama dari perintah ini adalah untuk memeriksa kondisi hardisk yang ada pada laptop kita.

Jadi bisa menampilkan status kesehatan dari hardisk yang ada. 


Akhir Kata, Ada 4 Perintah Jitu CMD Untuk Merawat Laptop yang bisa kita lakukan dimana dengan melakukan perintah-perintah tersebut melalui CMD, merupakan langkah perawatan laptop yang cukup sederhana tapi berdampak besar. 

Penggunaan CMD yang cocok untuk pemula dan gak ribet, serta cocok juga bagi teman-teman yang ingin merawat laptop nya dengan cara yang simple dan sederhana.

Demikianlah artikel tentang 4 Perintah Jitu CMD Untuk Merawat Laptop semoga bermanfaat ya teman-teman. 




Posting Komentar untuk "4 Perintah Jitu CMD Untuk Merawat Laptop"