Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot atau Tethering di Android

 
cara membatasi pengguna hotspot di hp oppo

Teknologizoo.com - 4 Cara Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot atau Tethering di Android, Hotspot merupakan sebuah proses yang memungkinkan Client terhubung dengan Server, dimana berbagi Hotspot dari smartphone ke smartphone lainnya merupakan salah satu aktifitas berbagi koneksi internet yang cukup sering dilakukan, hal ini cukup berguna bagi sebagian orang yang dalam keadaan kepepet dan tidak punya cukup kuota atau paket data.

Tapi terkadang tak selamanya yang "Meminta Hotspot" menggunakan bantuan kita dengan bijak, contoh si peminta hotspot berkata "Minta Hotspotnya dong, pengen ngehubungin orang tua" ternyata pada saat di cek malah digunakan untuk menonton Youtube, bermain game, dan hal-hal lain yang bisa menyedot kuota internet atau paket data kita sebagai pemilik.

Tentunya hal seperti ini sungguh menjengkelkan, maka dari itu saya akan membahas tentang 4 Cara Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot atau Tethering di Android dimana keempat cara ini efektif dan ampuh! untuk membatasi pengguna atau 'peminta hotspot' agar lebih bijak menggunakan kuota yang di hotspot kan dari Kuota Internet kita.

Cara ini juga bisa diterapkan di semua jenis smartphone, disini saya sendiri menggunakan Smartphone Oppo F9 ya teman-teman, mungkin secara tampilan agak berbeda, jadi harap menyesuaikan ya.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot HP Oppo, Samsung, dan Xiaomi.

Seperti yang saya katakan bahwa pada cara kali ini bisa diterapkan pada merk smartphone apapun, yang membedakan hanya dari segi tampilannya saja.

Jadi ada 4 metode yang bisa teman-teman lakukan ketika ingin membatasi jumlah sebuah pengguna ketika menggunakan hotspot dan keempat metode ini bisa dibilang efektif untuk memberikan "efek jera" terhadap orang yang menyalahgunakan fungsi dari sebuah hotspot.

Dan berikut ini adalah caranya.

1. Batasi Koneksi Maksimal Yang Diizinkan 

Langkah pertama yang bisa teman-teman lakukan untuk membatasi pengguna hotspot, yaitu dengan membatasi jumlah pengguna nya misal dalam sebuah hotspot dibatasi 10 pengguna, maka teman-teman atur 10 pengguna. 

Bagaimana cara mengaturnya? berikut ini adalah caranya.
  • Buka Pengaturan 
  • Pilih Sambungan Nirkabel Lainnya
  • Pilih Hotspot Pribadi 
  • Pilih Manajemen Koneksi 
  • Atur Jumlah Maksimal Koneksi yang Diizinkan.
Kalau belum jelas, mari simak gambar berikut ini.

Silahkan teman-teman buka menu pengaturan pada masing-masing smartphone apapun itu merknya, seperti berikut ini.

cara membatasi pengguna hotspot di hp oppo a71
Menu Pengaturan Smartphone Oppo


Silahkan teman-teman pilih menu Sambungan Nirkabel Lainnya seperti pada gambar diatas, jika sudah lanjut ke langkah berikutnya.


cara membatasi hotspot di hp samsung a51
Menu Hotspot Pribadi 

Silahkan teman-teman pilih menu Hotspot Pribadi seperti pada gambar diatas, jika sudah mari lanjut ke langkah berikutnya.

cara membatasi pengguna hotspot di hp oppo a37
Manajemen Koneksi Hotspot

Silahkan pilih Manajemen Koneksi, jika sudah lanjut ke langkah berikutnya.

cara membatasi hotspot xiaomi
Atur Maksimal Pengguna Hotspot 

Nah pada bagian inilah kita bisa mengatur berapa banyak perangkat yang diizinkan untuk menggunakna hotspot yang kita bagikan, diatas saya mengatur 10 pengguna. 

Diatas merupakan metode pertama yang bisa digunakan untuk membatasi jumlah pengguna yang mengakses hotspot kita di smarpthone. 

Sekarang mari masuk ke metode kedua...

2. Melakukan Pembatasan Data Pada Hotspot 

Langkah berikutnya kita juga bisa mengatur seberapa banyak kuota yang digunakan apabila kita membagikan hotspot, mulai dari 10 Mb, 50 dan 100 Mb bisa kita terapkan.

Untuk membatasi penggunaan data caranya sendiri masih sama, pada menu Manajemen Koneksi, silahkan masuk ke menu Pembatasan Data , lihat gambar dibawah berikut ini.

cara membatasi hotspot di hp samsung a11
Pembatasan Data Hotspot

Sekarang lanjut ke langkah terakhirnya, dengan mengatur seberapa banyak bandwith kuota yang kita izinkan untuk diakses. 


cara membatasi hotspot di hp samsung a50s
Pembatasan Data Hotspot / Tethering

Nah pada bagian inilah kita bisa megnatur seberapa banyak data hotspot yang ingin dibatasi, nantinya ketika kita telah menentukan jumlah data yang dibatasi dan jika sudah mencapai batas yang ditetapkan, maka otomatis hotspot nya akan mati dan terputus ke perangkat lain yang terhubung.

Cara ini sangat efektif bagi teman-teman yang ingin menghemat kuota internet.

3. Masukkan Perangkat Tertentu ke Daftar Hitam / Blacklist

Nah untuk langkah terakhir ini merupakan langkah paling jitu, terlebih lagi jika teman-teman ingin membatasi sebuah perangkat agar tak bisa lagi mengakses hotspot selamanya yaitu dengan memasukkannya kedalam blacklist / daftar hitam.

Masih sama seperti langkah sebelumnya, pada menu manajemen koneksi silahkan teman-teman pilih daftar hitam. 

Kita juga bisa memonitor perangkat apa saja yang ada didalam daftar blacklist seperti berikut ini.

cara membatasi pengguna hotspot di hp oppo f5
Daftar Hitam / Blacklist perangkat

Masih ada 1 metode lagi yang bisa kita terapkan untuk membatasi jumlah pengguna hotspot, mari simak metode terakhir ya.

4. Batasi Jumlah Pengguna Hotspot dengan Mobile Hotspot Manager

batasi jumlah pengguna hotspot dengan mobile hotspot manager
Mobile Hotspot Manager

Nah jadi dengan menggunakan Mobile Hotspot Manager ini kita juga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk membatasi jumlah pengguna yang menggunakan hotspot kita, tak hanya itu kita juga bisa menyalakan / mematikan hotspot secara cepat dalam sekali sentuhan. 


Aplikasi tersebut bisa diunduh di Playsotre dan bisa digunakan secara graits. 

Dengan demikian pengguna yang terhubung dengan hotspot yang dibagikan jauh lebih terkontrol dan aman dalam penggunaan data nya. 

Akhir Kata, membatasi jumlah pengguna hotspot pada sebuah smartphone bisa dilakukan dengan 4 cara, dan demikianlah artikel tentang 4 Cara Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot atau Tethering di Android semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi ya teman-teman.



Posting Komentar untuk "4 Cara Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot atau Tethering di Android"