Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Sony Vaio

 cara agar laptop tidak ngelag

Teknologizoo.com - 7 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Sony Vaio, jika pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang 2 Cara Masuk BIOS di Laptop Sony Vaio maka pada artikel kali ini saya akan membahas tentang mempercepat kinerja dari sebuah laptop khususnya Sony Vaio, tapi cara ini bisa diterapkan di semua merk laptop seperti Asus, HP, Lenovo, Dell, Samsung dan beberapa merk laptop lainnya. 

Laptop yang punya kinerja lambat alias lemot tentu sangat menjengkelkan kita sebagai pemilik lantas muncul di pikiran apakah ada cara mempercepat kinerja ataupun performa sebuah laptop? tentu saja ada pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 7 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Sony Vaio dimana setidaknya ada 7 cara agar laptop tidak lemot yang bisa dilakukan.

Yang dimaksud Lemot nya sendiri apa? biasanya yang dimaksud lemot disini adalah ngelag, ngehang, atau lama merespond ketika membuka program contoh program Photoshop, Microsoft Office, dan lain-lain yang merupakan software yang cukup sering digunakan ketika kita mengoperasikan sebuah Laptop ataupun PC, tentu tidak wajar rasanya apabila software sehari-hari seperti Office Word, Photoshop, dan beberapa software lainnya jika tidak bisa dibuka atau berjalan baik sebagaimana mestinya. 

Penyebab Laptop Lemot atau Lambat

Apa sih yang jadi penyebab kinerja dari sebuah laptop begitu lambat alias lemot? apakah ada cara mengetahui penyebab laptop lemot? beberapa masalah yang paling sering saya temui kenapa sebuah laptop bisa jadi lemot alias lambat adalah sebagai berikut ini. 

  • Terlalu Banyak Software
  • Terlalu banyak aplikasi berjalan di belakang layar
  • Usia Harddisk ( HDD ) sudah tua
  • Kapasitas RAM Yang Penuh 
  • Kapasitas Harddisk Yang Penuh
  • Banyak Ekstensi Browser
  • Terlalu Banyak membuka tab Browser
  • Terkena Virus 
Diatas merupakan beberapa poin yang seringkali saya temui ketika ada teman yang bertanya "apa yang jadi penyebab laptop saya lemot?" .

Jika sudah mengetahui apa yang jadi penyebab dari lambatnya sebuah laptop maka sekarang kita masuk ke inti pembahasan tentang 7 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Sony Vaio

7 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Sony Vaio

Ya, ada 7 cara agar laptop tidak lemot yang bisa kita lakukan, bagaimana caranya? berikut ini adalah caranya. 

1. Hanya Gunakan 1 Antivirus 

Yang pertama adalah hanya gunakan 1 antivirus saja pada laptop, memang dengan adanya antivirus mampu menangkal virus yang hendak menyerang sistem laptop kita, tapi terlalu banyak antivirus pun tidak baik bahkan bisa menyebabkan kinerja laptop semakin berat, maka sangat disarankan bagi sobat hanya untuk menggunakan satu antivirus terpercaya saja, contoh seperti Kaspersky, Smadav, atau Avast Antivirus. 

2. Uninstall Software Tidak Berguna

Seperti yang saya tuliskan diatas terlalu banyak software dapat menyebabkan kinerja dari sebuah laptop semakin lambat dan semakin berat, terlebih jika kita membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, tanpa kita sadari begitu banyak program yang berjalan dibelakang layar nah program yang berjalan dibelakang layar inilah yang membuat kinerja laptop kian lambat dan berat, jadi silahkan unsintall software yang sekiranya jarang dibuka dan tidak penting di laptop yang digunakan. 

3. Lakukan Disk Cleanup Pada Harddisk

Yang ketiga dalam 7 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Sony Vaio adalah dengan melakukan Disk Cleanup yang berfungsi untuk membersihkan sampah-sampah yang mengendap pada partisi harddisk, dengan melakukan disk cleanup maka sistem komputer atau laptop akan melakukan scanning atau pemeriksaan terhadap file-file sampah untuk kemudian dikumpulkan, dan kita perintahkan untuk dihapus, cara ini bisa dibilang cukup efektif dan sederahana dalam upaya mempercepat kinerja laptop yang ada. 

4. Scan Laptop Dengan Antivirus 

Virus Komputer bisa jadi salah satu penyebab kenapa kinerja laptop kian melambat, biasanya virus ini seringkali disisipi di program-program yang kita unduh dari internet dan kita tidak menyadari hal itu, langkah mengatasinya adalah dengan menggunakan antivirus lakukan pembersihan, scanning, dan pemeliharaan secara rutin agar kinerja laptop kembali optimal. 

5. Lakukan Defragmentasi Harddisk

Defragmentasi atau Defrag Hdd merupakan sebuah proses penyusunan file-file yang bisa dibilang berantakan pada saat penggunaan Laptop jadi dengan menggunaakan fitur Defragmentasi akan membantu menyusun ulang file-file yang berserakan agar kembali rapih. 

6. Hapus File Recycle Bin

Yang keenam dalam 7 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Sony Vaio adalah dengan menghapus file-file yang berada dalam tong sampah bernama Recycle Bin, karena dengan mengendapnya file sampah di tong sampah sebenarnya masih memakan ruang yang ada pada Harddisk, dengan menghapus file sampah yang sudah tak terpakai di Recycle Bin ini bermanfaat untuk kelancaran kinerja laptop. 

7. Nonaktifkan Efek Visual 

Langkah terakhir agar Laptop tidak lemot adalah dengan mematikan efek visual yang ada pada laptop, biasanya efek visual ini berupa animasi pada saat kita membuka aplikasi / program, dengan menonaktifkan fitur ini dijamin akan mempercepat kinerja laptop karena tidak banyak animasi yang ditampilkan.

Caranya sendiri sangatlah mudah, dimana hanya perlu beberapa langkah untuk melakukannya. 
  1. Klik kanan pada this pc
  2. Klik Propertis
  3. Pilih Advanced System Settings
  4. Pilih Tab Advanced kemudian klik Settings
  5. Pilih Adjust for Best Performance
  6. Klik Apply & OK
Sampai langkah diatas kita akan langsung merasakan perubahan pada kinerja dan kemampuan laptop yang biasa digunakan, jika sebelumnya masih ngerasa lag, hang, sekarang setelah kita melakukan perubahan tersebut bisa dipastikan tidak akan ada lagi yang namanya lemot, lag ataupun hang dan cara ini work untuk semua merk laptop tak hanya sony vaio saja. 

Apabila masih belum jelas dengan penjelasan diatas, mari simak gambar berikut ini. 

cara agar laptop tidak lemot
Advanced System Settings


Jika sudah seperti diatas silahkan sobat klik Advanced System Settings jika sudah mari lanjut ke langkah berikutnya. 

aplikasi untuk mengatasi laptop lemot
Menonaktifkan Efek Visual / Animasi Windows


Jika sudah mengikuti settingan seperti diatas, yang terakhir cukup klik OK maka sampai disini kita telah berhasil menonaktifkan efek visual pada laptop / komputer yang bisa mempercepat kinerja sebuah laptop atau PC. 

Nah sobat demikianlah artikel tentang 7 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Sony Vaio semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "7 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Sony Vaio"