Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Defrag Hardisk Laptop Terbaru Dengan Mudah

 

Fungsi Defrag Hardisk

Teknologizoo.com - Cara Defrag Hardisk Laptop Mudah, Defragment Hardisk pernah mendengar kalimat itu? atau masih terdengar asing di telinga kita? ya sebuah fitur yang sebennarnya bermanfaat untuk meningkatkan kinerja laptop seiring berjalannya waktu, dan semakin sering pemakaian laptop, tapi faktanya masih banyak pengguna laptop yang belum tahu tentang Defragment Hardisk ini. 

Apa sih Defragment hardisk? apa kegunaan defrag hardisk? apa manfaat dari melakukan defrag hardisk? terus bagaimana cara melakukan defrag hardisk? akan saya bahas pada artikel kali ini ya teman-teman. 

Apa Itu Defrag Hardisk ? 

Mungkin ada yang bertanya-tanya apa sih yang dimaksud sama defrag hardisk? Defrag Hardisk adalah sebuah program yang berinduk kepada sistem operasi ( OS ) yang berguna untuk menyusun file-file yang diperbarui, berantakan agar sesuai dengan urutan alfabet dan agar mudah dalam pencarian file itu sendiri.

Fungsi Dan Manfaat Defrag Hardisk 

Sebelum masuk ke inti pembahasan tentang bagaimana cara melakukan defragment pada hardisk, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Fungsi dan manfaat Defrag Hardisk jangan sampai teman-teman melakukan defrag, tetapi tidak tahu apa manfaat dari defrag itu sendiri. 

Manfaat Utama Defrag Hardisk adalah untuk mempercepat pembacaan data hardisk, merapikan file sesuai dengan urutan alfabet dan mempercepat kinerja laptop yang kita gunakan. 

Tapi gak cuma diatas kok manfaatnya, ada beberapa kegunaan lain juga ketika kita melakukan defragment pada hardisk laptop kita seperti berikut ini.
  1. File Akan Dirapihkan, seperti yang saya katakan diatas bahwa manfaat defrag adalah merapihkan file yang berantakan agar sesuai dengan alfabet.
  2. Menemukan File Corrupt / Rusak, dengan melakukan defragment pada hardisk laptop baik itu pada windows 7,8 ataupun 10, defrag tersebut bisa menampilkan file mana saja yang corrupt alias rusak yang ada pada laptop kita. 
  3. Mempermudah Pencarian File, karena file-file yang berantakan akan kembali tersusun sesuai dengan alfabet setelah melakukan defragment hardisk. 
  4. Memperbaiki Hardisk Bad Sector, nah bagi teman-teman yang pernah punya masalah sama hardisk khususnya bad sector hardisk, melakukan defragment pada hardisk adalah langkah yang tepat dan wajib dicoba.
Diatas merupakan beberapa manfaat yang didapat ketika kita melakukan defragment pada hardisk. 

Sekarang mari kita masuk ke inti pembahsan tentang Cara Defrag Hardisk 

Cara Defrag Hardisk Laptop Internal dan Eksternal Windows 7,8 dan 10. 

Sekarang masuk ke inti pembahasan ya tentang bagaimana cara melakukan defrag pada hardisk, sulit ataukah mudah? kalo menurut saya pribadi mudah ya, mungkin bagi teman-teman yang baru pertama kali agak bingung, tapi jangan khawatir saya sertakan gambar dibawah supaya mudah dipahami ya teman-teman. 

1. Buka File Explorer

Oke teman-teman langkah pertama dalam cara defrag hardisk yaitu dengan membuka partisi hardisk yang ingin di defragment, caranya bisa masuk langsung ke File Explorer kemudian pilih Letter Hardisk ( nama partisi hardisk ) yang ingin di defrag.

Apa itu defragment hardisk?
Letter Hardisk

Nah jadi itu ya teman-teman yang dimaksud sama Letter Hardisk, yaitu nama paritisi dari sebuah hardisk, conothnya Local Disk C atau Local Disk E seperti pada gambar diatas. 

2. Klik Pada Partisi Hardisk Kemudian Pilih Properties

Langkah kedua yaitu pilih Partisi hardisk mana yang ingin kita defrag, contoh disni saya pengen melakukan defragment pada partisi atau letter hardisk C, silahkan di klik kanan kemudian pilih properties.

3. Pilih Tool dan Klik Optimize

langkah ketiga dalam cara melakukan defrag hardisk laptop baik yang internal ataupun eksternal yaitu dengan masuk ke menu Tool kemudian pilih menu Optimize

bagaimana cara melakukan defrag hardisk
Defragment Hardisk

Silahkan pilih Optimize ya teman-teman, maka kita akan dibawa ke menu selanjutnya.

4. Klik Optimize Hardisk

Langkah keempat dalam cara defrag hardisk laptop yaitu dengan menentukan terlebih dahulu partisi mana yang ingin kita defrag, jika kita bingung kita bisa melakukan Analyze sehingga sistem akan melakukan analisa dan memberikan saran partisi hardisk mana yang harus dioptimasi. 

Atau jika teman-teman sudah yakin, maka bisa langsung mengklik tombol Optimize pada letter hardisk yang dipilih. 

5. Tunggu Proses Defragment Sampai Selesai 

Langkah terakhir dalam cara melakukan defrag hardisk laptop yaitu menunggu sampai selesai, biasanya membutuhkan waktu beberapa menit sampai benar-benar selesai.

Dan ketika telah selesai fragmen disk akan kembali ke 0%. 

Penutup, melakukan defragment hardisk memang cukup bermanfaat karena bisa merapikan file-file yang berserakan, juga bermanfaat untuk yang punya masalah bad sector pada hardisk, cara yang cukup mudah menjadi keunggulan sendiri dalam melakukan defragment secara manual.

Meskipun sebenarnya ada cara yang lebih simple lagi yaitu menggunakan Aplikasi Defrag Hardisk

Selamat mencoba ya teman-teman semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Defrag Hardisk Laptop Terbaru Dengan Mudah"