Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghemat Kuota Hotspot atau Tethering di Laptop

 menghemat kuota internet saat hotspot di laptop

Teknologizoo.com - Cara Menghemat Kuota Hotspot atau Tethering di Laptop, pernah berpikir tentang cara menghemat kuota saat hotspot ke laptop? sebuah langkah yang harus dilakukan untuk mengirit dan menghemat paket data seluler yang kita hotspot atau tethering ke Laptop untuk keperluan browsing, Cara Menghemat Kuota Hotspot ke Laptop sendiri sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan namun masih banyak orang yang belum tahu tentang cara menghemat paket data baik dari Provider Telkomsel, Indosat Ooredo, Axis, ataupun Smartfren bisa dilakukan. 

Ada beberapa cara nih teman-teman yang bisa kalian lakukan untuk mengirit dan menghemat data yang kita sharing atau kita tethering kan ke laptop kita dan berikut ini adalah beberapa caranya. 

Baca Juga : 4 Langkah Mudah Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Cas

Cara Hemat Data Kuota Saat Hotspot Ke Laptop

Bagi sebagian orang membagi tethering paket kuota yang ada di smartphone ke Laptop, merupakan langkah yang harus dilakukan dan merupakan cara yang efesien apabila laptop kita ingin terkoneksi dengan internet. 

Termasuk saya sendiri yang berbagi hotspot dari hp ke laptop, tapi terkadang saya berpikir "Bagaimana sih caranya menghemat paket data internet agar irit dan tidak boros" karena biasanya melakukan aktifitas tethering atau berbagi hotspot dari HP ke Laptop ini memakan data kuota yang cukup besar.

Terlebih ketika kita membuka program atau menonton Video Youtube yang bisa menyedot kuota internet begitu cepat. 

Berikut ini adalah beberapa cara agar hotspot atau tethering dari HP ke Laptop jadi lebih irit dan tidak boros kuota untuk semua provider seperti Telkomsel, Indosat, Axis, Smartfren, dan beberapa provider layanan internet lainnya. 

1. Gunakan Browser Yang Menghemat Kuota

Tahukah teman-teman kalau ada browser yang bisa kita pake untuk menghemat kuota internet? salah satu contohnya adalah Google Chrome dimana Chrome ini punya fitur yang bisa diaktifkan untuk menghemat kuota internet kita dan cara ini cocok banget buat teman-teman yang sering banget berbagi hotspot dari HP ke Laptop. 

Untuk bisa menghemat paket data internet di Laptop selain menggunakan Browser Chrome, fitur tersebut penghemat data tersebut bisa diatur pada menu pengaturan browser

2. Aktifkan Fitur Set As Metered Connection

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota atau paket data selular adalah dengan mengaktifkan fitur Set As Metered Connection dimana fitur yang ada di laptop ini memiliki fungsi sebagai pembatas kuota harian yang bisa membuat kuota internet kita jadi lebih hemat juga irit. 

Bagaimana cara mengaktifkannya? mudah kok.
  • Masuk Pada Network 
  • Klik Kanan Pada Nama Jaringan Yang Terkoneksi 
  • Klik Set as metered Connection 
Oh iya, disini saya masih menggunakan Windows 8 ya, jadi cara mengaktifkan fitur meteres as connection untuk menghemat kuota internet agak sedikit berbeda, jadi silahkan menyesuaikan. 

Fitur Penghemat Paket Data Selular di Laptop
Set as Metered Connection di Laptop

Nah kira-kira seperti diatas ya teman-teman tampilan untuk mengaktifkan fitur metered connection dimana dengan kita aktifkan fitur tersebut bisa menghemat kuota hotspot kita pada saat terkoneksi dengan laptop. 

3. Atur Penghemat Kuota di Android

Kemudian langkah ketiga dalam cara menghemat kuota juga bisa dilakukan di android, dimana kita bisa mengatur maksimal berapa GigaByte ( GB ) kuota per hari yang bisa digunakan, jadi nantinya ketika batas kuota sudah terlewati otomatis paket data di android akan mati dengan sendirinya. 

4. Nonaktifkan Windows Update di Laptop 

Menonaktifkan Windows Update yang biasa terjadi di Laptop juga menjadi bagian menghemat kuota agar tidak boros terlebih ketika adanya Windows Update yang memakan kuota cukup banyak.

Biasanya Windows Update ini akan selalu tersedia di Windows 10, maka agar kuota tetap irit silahkan dimatikan saja fitur tersebut. 

5. Bijak Dalam Melakukan Browsing 

Nah yang terakhir adalah Bijak dalam melakukan browsing, mungkin cara terakhir ini masih sering dianggap sepele atau terkadang terlupakan, lebih bijak dalam melakukan browsing agar kuota internet lebih hemat dan irit juga wajib dilakukan ya teman-teman. 

Contohnya untuk tidak membuka situs-situs yang memakan kuota internet yang banyak seperti Youtube, Bermain Game, dan beberapa aktifitas lainnya. 

Kenapa Kuota Hotspot atau Tethering ke Laptop Boros?

Mungkin teman-teman ada yang bertanya nih ya, "kenapa sih tethering kuota ke laptop boros"? hal ini cukup wajar ya teman-teman karena kita mengkoneksikan laptop menggunakan kuota hotspot, maka cukup banyak script yang dimuat oleh browser ketika browsing via laptop. 

Adanya Iklan, Video, serta banyaknya media yang harus dimuat otomatis akan memakan paket data internet lebih banyak. mengaktifkan fitur Set as Metered Connection, 

Akhir Kata, Cara Menghemat Kuota Hotspot atau Tethering di Laptop bisa dilakukan oleh 5 cara sederhana seperti Menggunakan Browser yang hemat kuota, mengatur pembatasan kuota di android, menonaktifkan fitur windows update di laptop, juga bijak dalam melakukan browsing merupakan cara-cara sederhana agar kuota internet atau paket data jauh lebih irit dan hemat juga tidak boros. 

Semoga cara Cara Menghemat Kuota Hotspot atau Tethering di Laptop bermanfaat ya sobat.

Post a Comment for "Cara Menghemat Kuota Hotspot atau Tethering di Laptop"