Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengatasi Battery is Not Detected di Semua Merk Laptop

 


Teknologizoo.com - 5 Cara Mengatasi Battery is Not Detected di Semua Merk Laptop, Battery is not detected merupakan sebuah pesan yang ditampilkan indikator baterai pada laptop apabila sistem tidak dapat mentedeteksi keberadaan baterai yang terpasang, apabila sobat mengalami hal tersebut maka bisa dipastikan baterai yang tertanam pada laptop sobat saat ini tidak terdeteksi oleh sistem lantas apakah ada cara untuk mengatasi hal tersebut? tentu saja ada sobat, karena pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 5 Cara Mengatasi Battery is Not Detected di Semua Merk Laptop.

Baca Juga : 4 Langkah Mudah Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Cas

Kenapa Battery Is Not Detected? 

Bagi para pemilik laptop yang masih baru tentu mendapatkan notifikasi seperti itu akan membuat kita sebagai pemilik merasa kebingungan, padahal baterai sudah terpasang tapi kenapa tidak mampu terbaca oleh sistem? sebenarnya hal-hal seperti ini wajar terjadi, apalagi kalau baterai yang digunakan sudah cukup lama dan berumur tanpa pernah dilakukan perawatan alias maintenance maka akan muncul notifikasi seperti itu. 

ada beberapa penyebab yang biasanya saya temui ketika ada teman meminta tolong saya untuk mengatasi masalah battery is not detected atau baterai tidak terdeteksi diantaranya sebagai berikut. 
  • Kerusakan Pada Fisik Baterai, kerusakan pada fisik baterai yang digunakan bisa jadi salah satu penyebab kenapa baterai laptop tidak bisa terdeteksi atau terbaca oleh sistem, maka untuk mengatasi hal ini sobat bisa menggantinya dengan baterai baru. 
  • Driver Baterai Belum Diupdate, seperti biasanya driver merupakan salah satu software penting yang wajib diperhatikan, pastikan driver baterai laptop sudah diupdate. 
  • Overheat / Kepanasan, menggunakan laptop terlalu lama tanpa adanya jeda juga bisa menimbulkan overheat atau kepanasan pada baterai laptop, hal ini juga dapat menyebabkan kenapa baterai laptop sulit terdeteksi oleh sistem. 
Diatas merupakan tiga masalah yang cukup sering saya temui ketika mencoba memperbaiki laptop teman yang mengalami masalah pada baterai laptopnya. 

Namun jangan khawatir bagi sobat yang juga mengalami masalah yang sama, pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman tentang 5 Cara Mengatasi Battery is Not Detected di Semua Merk Laptop.

5 Cara Mengatasi Battery is Not Detected di Semua Merk Laptop

Setidaknya ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi baterai yang sulit terdeksi oleh sistem pada laptop dan berikut ini adalah caranya.

1. Lakukan Kalibrasi Baterai 

Melakukan kalibrasi pada baterai merupakan langkah sederhana yang bisa dilakukan sendiri dirumah, layaknya baterai baru yang harus dikalibrasi sebelum digunakan, baterai lama pun bisa dilakukan kalibrasi untuk mengatasi baterai yang tidak terdeteksi di laptop dan pada semua tipe sistem operasi baik itu windows 7,8 ataupun 10. 

Cara melakukan kalibrasi pada baterai laptop sendiri cukup mudah dan tidak rumit. 
  1. Matikan Laptop
  2. Nyalakan Laptop
  3. Cas Baterai Laptop sampai 100%
  4. Gunakan Laptop sampai baterainya habis 
  5. Cas lagi sampai 100%
  6. Yang terakhir nyalakan kembali laptop
Atau sobat juga bisa menggunakan beberapa software tambahan untuk melakukan kalibrasi pada baterai laptop. 

2. Bersihkan Konektor Baterai 

Jika laptop sobat saat ini masih menggunakan baterai eksternal atau yang bisa dibongkar-pasang, maka membersihkan konektor pada baterai laptop dapat dilakukan, biasnya terdapat debu yang menumpuk pada laptop sehingga menghambat aliran listrik dari baterai menuju laptop yang dapat menyebabkan baterai tidak terdeteksi pada laptop. 

Sebenarnya hal ini hanya berlaku bagi laptop model lama dan masih menggunakan baterai eksternal tetapi tak ada salahnya untuk mencoba. 

3. Update Driver Baterai Laptop

Yang ketiga adalah dengan melakukan update atau pembaruan pada driver baterai yang ada pada laptop, mungkin hal ini terkesan sepele atau banyak yang belum tahu tapi hal ini sangat penting dilakukan, untuk bisa mengupdate driver baterai pada laptop caranya sendiri sangatlah mudah.
  • Klik Kanan pada Logo Windows
  • Klik Device Manager
  • Pilih Driver Baterai
Update Driver Baterai Laptop

Untuk driver nya sendiri sobat bisa menyesuaikan dan mencari sesuai dengan kebutuhan di internet, berhubung disini saya menggunakan laptop merk sony maka bisa mencari keperluan driver di situs resmi sony

3. Gunakan Aplikasi Battery Monitor

Langkah ketiga dalam 5 Cara Mengatasi Battery is Not Detected di Semua Merk Laptop adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan Battery Monitor, dengan menggunakan aplikasi tersebut kita bisa mengontrol dan mengetahui status baterai, tak hanya itu banyak sekali aplikasi yang saat ini bisa digunakan untuk memantau kesehatan baterai, menjadi alarm ketika baterai habis / penuh, dan beberapa fungsi lainnya. 

Saya sendiri saat ini menggunakan software BatteryCare yang bisa diunduh langsung secara gratis di internet dan saya akui cukup bermanfaat ketika saya menggunakannya. 

4. Uninstall Driver Laptop 

langkah keempat dalam 5 Cara Mengatasi Battery is Not Detected di Semua Merk Laptop yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan uninstall atau reset pada driver baterai laptop, cara ini juga pernah saya lakukan sendiri dan berhasil. 

Untuk mereset driver baterai nya sendiri sangatlah mudah sama seperti langkah nomor 3. 
  • Klik Kanan pada Logo Windows 
  • Klik Device Manager
  • Buka Driver Baterai 
  • Klik kanan lalu pilih Uninstall
  • Tunggu Proses Sampai selesai
Setelah selesai silahkan di cek apakah notifikasi battery is not detected masih muncul atau tidak. 

5. Install Ulang Sistem Operasi ( OS )

Jika keempat langkah diatas masih belum juga berhasil, maka sobat bisa melakukan langkah paling mutakhir yaitu melakukan install ulang pada sistem oeprasi yang saat ini digunakan, Dengan catatan kondisi baterai dipastikan dalam keadaan baik dan masih bagus, jika kondisi baterai tidak ada masalah maka saya berani menjamin ketika melakukan install ulang notifikasi Battery is not detected akan hilang. 

Jangan lupa sekalian update driver nya juga agar menyesuaikan dengan kondisi OS yang baru, nah diatas merupakan 5 Cara Mengatasi Battery is Not Detected di Semua Merk Laptop. 

Apabila 5 cara diatas belum juga berhasil, maka satu-satunya langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah mengganti baterai saat ini dengan yang baru jika sobat memiliki budget atau uang lebih untuk membeli baterai laptop baru. 

Berapa Harga Baterai Laptop Baru? 

Sebenarnya jika berbicara soal harga bisa dibilang cukup bervariasi tergantung merk laptop yang kita gunakan, saya sendiri menggunakan laptop Sony Vaio dan baru 1x ganti baterai sekitar 2 tahun yang lalu harga baterai yang saya beli di kisaran Rp. 550,000 rupiah, sekali lagi saya katakan harga baterai bervariasi dan menyesuaikan merk laptop yang digunakan. 

Baiklah sobat demikianlah artikel tentang 5 Cara Mengatasi Battery is Not Detected di Semua Merk Laptop semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Post a Comment for "5 Cara Mengatasi Battery is Not Detected di Semua Merk Laptop"