Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

 

cara mengatasi komputer hang saat baru dinyalakan

Teknologizoo.com - Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan, Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang saya rasa hampir semua kalangan bisa menggunakan perangkat ini, dimana dengan menggunakan laptop kita bisa berselancar di internet sesuai dengan keinginan dan membantu setiap aktivitas manusia sehari-hari. Tapi sayangnya tak selamanya penggunaan laptop akan berjalan lancar, nanti akan ada masa dimana kita mengalami masalah pada laptop yang digunakan salah satunya adalah Laptop Yang Ngehang, Ngefrezee, ataupun biasa disebut Ngelag. 

Jika teman-teman sedang mengalami masalah yang sama dan menemukan artikel ini, kemudian mengalami Komputer Hang saat baru dinyalakan, maka kita senasib, saya pun pernah mengalami masalah itu beberapa waktu lalu. 

Berawal dari loading yang cukup lama ketika masuk ke booting, sampai akhirnya hang atau ngelag pada saat dihidupkan. Tapi jangan khawatir pada artikel ini akan saya bahas tentang Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan sesuai dengan pengalaman pribadi saya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Cas

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Ada beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan ketika mengalami laptop hang saat baru dinyalakan lalu apa saja langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk permasalahan ini? mari masuk ke inti pembahasn. 

1. Nyalakan Dengan Safe Mode ( Mode Aman ) 

Langkah pertama yang bisa teman-teman lakukan ketika mengalami hang pada saat laptop dinyalakan adalah dengan menggunakan bantuan dari safe mode, Safe Mode adalah sebuah fitur bawaan yang dapat menyalakan sistem operasi ( os ) menggunakan aplikasi dan driver yang ada, sehingga safe mode ini mengembalikan windows yang diinstall pada komputer kembali dalam keadaan baik. 

Untuk bisa masuk kedalam safe mode sendiri sangatlah mudah, dan berikut ini caranya.
  • Tekan Windows + R secara bersamaan
  • Ketik "Msconfig" 
  • Masuk ke tab Boot 
  • Pilih Safe Boot kemudian Minimal 
  • Terakhir tekan OK
Jika belum jelas dengan penjelasan diatas, mari simak gambar berikut ini.

cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan
Fitur Run di Windows

Setelah seperti diatas, silahkan tekan OK kemudian kita akan dibawa ke menu berikutnya.

laptop macet saat starting windows
Safe Mode Windows 

Silahkan atur pengaturannya seperti pada gambar diatas, untuk menerapkan perubahan ini, teman-teman harus melakukan restart pada laptop yang sedang digunakan. 

2. Copot Driver Yang Tidak Cocok di Laptop Kamu

Langkah kedua dalam Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan adalah dengan mencopot driver yang tidak cocok yang sudah terpasang di laptop, untuk mengetahui driver apa yang tidak cocok dengan spesifikasi laptop, teman-teman bisa memeriksanya dengan mengakses fitur Device Manager seperti pada gambar berikut ini.

cara mengatasi laptop not responding
Deive Manager

Ketika teman-teman menemukan sebuah tanda seru berwarna kuning, itu berarti ada ketidakcocokan antara driver dan spesifikasi laptop yang teman-teman gunakan, jadi silahkan di copot / uninstall saja. 

3. Install Ulang Sistem Operasi ( OS )

Yang ketiga dalam Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan adalah dengan melakukan install ulang pada sistem operasi yang digunakan. Banyak yang menganggap bahwa ini adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan sejumlah permasalahan pada laptop. 

Untuk bisa melakukan install ulang sendiri sangat mudah dimana teman-teman hanya perlu melakukan backup data penting terlebih dahulu, siapkan file OS yang sudah di burn. Atau jika masih bingung, teman-teman bisa melihat tutorialnya yang tersebar luas di internet.

4. Ganti Harddisk ( Hdd / Ssd ) 

Berikutnya langkah yang bisa dilakukan, yaitu dengan memeriksa kesehatan media penyimpanan terlebih dahulu ( dalam hal ini harddisk ) biasanya ada permasalahan pada media penyimpanan yang menyebabkan keterlambatan pembacaan data, dan berakibat pada lag atau ngehang nya laptop yang digunakan. 

5. Mengganti RAM ( Random Access Memory ) 

Yang terakhir dalam Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan adalah dengan mengganti komponen RAM atau singkatan dari Random Access Memory, RAM hanya akan bekerja pada saat laptop kita hidup. Jika terdapat kerusakan pada RAM otomatis akan membuat kinerja atau performa laptop kita menjadi sangat lambat.

Laptop Ngelag Pencet Apa?

Apa yang harus dilakukan jika laptop ngelag atau dikenal juga dengan istilah Frezee ( beku ) ? langkah paling cepat yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del yang nantinya akan mengarahkan kita kedalam task manager untuk menutup program yang menjadi penyebab laptop ngelag pada saat digunakan. 

Akhir Kata, Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan dapat dilakukan dengan 5 cara mulai dari menggunakan safe mode sampai dengan mengganti RAM, demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan"