Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aplikasi Android Yang Menghemat Kuota Jadi Irit

 

aplikasi penghemat kuota terbaik

Teknologizoo.com - 7 Aplikasi Android Yang Menghemat Kuota Jadi Irit, Zaman yang serba online dan serba digital mewajibkan dan mengharuskan setiap orang minimal menggenggam sebuah smartphone yang sangat bermanfaat apabila digunakan sebagaimana mestinya, kita bisa menonton Youtube, bermain game, mencari berita, bahkan menghasilkan uang dari internet hanya dalam genggaman smartphone. 

Penggunaan smartphone pun tak luput dari yang namanya kuota internet, dimana kuota interet / paket data seluler bisa dibeli di berbagai tempat, dari segi harga cukup bervariasi tergantung seberapa besar kuota yang ingin dibeli. Berbicara tentang kuota rasanya tak akan pernah bosan, sebab sampai saat ini masih banyak pengguna yang masih mencari cara untuk menghemat kuota. 

Tentunya cara tersebut sangat bermanfaat terlebih jika memasuki tanggal tua, dimana kuota menjadi sebuah barang mewah yang harus dijaga, nah bagi teman-teman yang saat ini bertanya-tanya "Gimana sih caranya menghemat kuota?" pada artikel ini akan saya bahas tentang 7 Aplikasi Android Yang Menghemat Kuota Jadi Irit. Ya, ada 7 aplikasi yang cukup direkomendasikan dan mampu menghemat kuota kita sebagai pengguna.

7 Aplikasi Android Yang Menghemat Kuota Jadi Irit

Dan berikut ini adalah 7 aplikasi yang bisa menghemat kuota internet kita sebagai pengguna. 

1. Data Usage Monitor 

aplikasi mengontrol kuota internet
Penghemat Kuota - Data Usage Manager

Yang pertama ada  nama Data Usage Monitor merupakan sebuah aplikasi yang bisa memantau lalu lintas atau penggunaan data internet kita setiap harinya dan memiliki akurasi perhitungan yang sangat akurat. Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa melakukan monitor tentang sudah berapa GigaByte ( GB ) data yang dihabiskan dalam waktu 1 hari. 

Tak hanya itu, kita juga bisa membatasi penggunaan kuota yang berlebihan setiap harinya, aplikasi Data Usage Monitor sendiri bisa teman-teman unduh melalui Google Playstore aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta orang di Playstore.

2. Browser Google Chrome 

Yang kedua dalam 7 Aplikasi Android Yang Menghemat Kuota Jadi Irit ada nama Google Chrome salah satu browser yang cukup familiar di telinga para peselancar di dunia maya, masih jarang yang tahu, kalau Google chrome merupakan browser yang memiliki fitur yang cukup bagus. Yaitu fitur untuk menghemat kuota pengguna nya.

Bagaimana cara menghemat kuota di peramban/browser Google Chrome? hal tersebut sudah pernah saya bahas pada artikel tentang Cara Mengaktifkan Fitur Penghemat Kuota Chrome di Android 

3. Youtube Go

Yang ketiga dalam 7 Aplikasi Android Yang Menghemat Kuota Jadi Irit ada nama Youtube Go aplikasi ini sangat cocok bagi teman-teman yang sering memutar musik ataupun video melalui aplikasi Youtube, berbeda dengan aplikasi Youtube umumnya, Youtube Go memiliki fitur yang memungkinkan kita untuk menghemat kuota. Contohnya seperti berikut ini.

peramban atau browser yang bisa hemat kuota
Youtube Go

Bisa kita lihat, sebelum kita membuka sebuah video kita akan dihadapkan dengan 3 pilihan untuk memilih kualitas video yang ingin diputar, semakin rendah kualitas video otomatis kuota yang dimakan pun semakin sedikit. 

4. Google Maps Go

penghemat kuota google maps
Google Maps Go
Berikutnya dalam 7 Aplikasi Android Yang Menghemat Kuota Jadi Irit ada nama Google Maps Go sangat cocok bagi teman-teman yang senang menjelajahi tempat-tempat baru dan selalu mengandalkan Maps untuk menuju tempat-tempat tertentu. 

Kelebihan utamanya adalah menghemat kuota internet, tetapi kekurangannya adalah dianggap tidak begitu akurat seperti aplikasi utamanya.

5. Facebook Lite 

cara menghemat kuota facebook dengan facebook lite
Facebook Lite

Bagi teman-teman yang senang membuka sosial media seperti facebook, maka wajib mencoba aplikasi facebook versi lite bernama Facebook Lite merupakan aplikasi versi 'mini' dari Facebook. Kelebihan dari aplikasi ini adalah mampu mengirit kuota pengguna, dan tetap memiliki tampilan yang dinamis, selain itu Facebook lite juga punya tampilan versi mode gelap ( dark mode ).

6. Tiktok Lite 

cara menghemat kuota tiktok
Tiktok Lite 

Senang membuka aplikasi berbasis video yang sedang trending? salah satunya adalah Tiktok. Kabar baiknya, bagi teman-teman yang senang membuat Video atau sekedar menikmati video-video yang ada di Tiktok, saat ini sudah ada Tiktok versi Lite. Dimana Tiktok Lite ini diklaim mampu menghemat kuota dariapda aplikasi besarnya. 

Secara tampilan dan fitur saya rasa tak jauh berbeda dengan aplikasi utamanya dan tetap bisa diunduh melalui Playstore.

7. Data Eye - Penghemat Kuota Internet

aplikasi penghemat kuota internet ampuh
Data Eye - Save Mobile Data

Yang terakhir dalam daftar 7 Aplikasi Android Yang Menghemat Kuota Jadi Irit ada nama Data Eye / Save Mobile Data. Sama seperti aplikasi lainnya, Data Eye merupakan sebuah aplikasi yang bisa mengontrol dan memberikan laporan terhadap penggunaan kuota yang telah digunakan. Kita juga bisa memonitor sudah berapa banyak kuota yang digunakan dalam waktu sehari.

Tak hanya itu, kita juga bisa mengetahui Data Internet kita habis buat apa aja sih, dan yang paling menarik menurut saya pribadi adalah aplikasi ini juga bisa memperpanjang usia baterai ( menghemat baterai ) smartphone kita. 

Penutup, 7 Aplikasi Android Yang Menghemat Kuota Jadi Irit merupakan sekumpulan aplikasi yang bisa teman-teman coba ketika mencari cara meminimalisir penggunaan kuota internet yang begitu boros. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa menghemat kuota kita sebagai pengguna internet. 

Demikianlah artikel tentang 7 Aplikasi Android Yang Menghemat Kuota Jadi Irit.




Posting Komentar untuk "7 Aplikasi Android Yang Menghemat Kuota Jadi Irit"