Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Yang Berisik dan Berbunyi Kencang

 

cara menghilangkan suara kipas laptop

Teknologizoo.com - 10 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Yang Berisik dan Berbunyi Kencang, Suara kipas laptop yang berbunyi kencang dan cukup berisik memang sangatlah mengganggu terutama bagi para pemilik laptop yang tentu akan membuyarkan konsentrasi ketika berada di depan laptop.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi kipas laptop yang bunyi kencang dan berisik tersebut? pada artikel ini akan saya bahas tentang 10 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Yang Berisik dan Berbunyi Kencang. 

Penyebab Kipas Laptop Bunyi Kencang dan Berisik

Sebelum masuk ke inti pembahasan mari kita simak terlebih dahulu penyebab utama kenapa suara kipas cukup berisik dan berbunyi kencang. 

1. Kipas Laptop Kotor

Yang pertama dan paling sering terjadi adalah kipas laptop yang kotor karena pemakaian sudah cukup lama tapi tidak ada perawatan yang dilakukan, disini sobat bisa membersihkan kipas yang kotor untuk mengurangi suara bising yang ditimbulkan.

2. Kipas Laptop Rusak 

Yang kedua adalah kipas laptop rusak, biasanya hal ini bisa saja terjadi untuk laptop yang sudah digunakan lebih dari 5 tahun, setidaknya hal itu yang saya alami sendiri dimana laptop saya memimbulkan suara bising setelah 5 tahun lebih pemakaian laptop. 

10 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Yang Berisik dan Berbunyi Kencang

Dan berikut ini adalah cara mengatasi suara kipas laptop yang berisik dan berbunyi kencang

1. Cek Suhu Laptop 

Langkah pertama dalam 10 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Yang Berisik dan Berbunyi Kencang adalah dengan memeriksa suhu laptop yang ada, caranya sendiri sangatlah mudah dimana kita hanya perlu masuk ke menu task manager. 

Untuk bisa masuk ke task manager sendiri sangatlah mudah, dimana sohat bisa mengetik kata kunci task manager di kolom pencarian windows, atau bisa mengkombinasikan tombol Ctrl + Alt + Del. Kemudian pilih task manager. 

cara mengatasi kipas laptop berputar kencang
Cek Suhu Laptop


Setelah seperti diatas silahkan sobat lihat menu performance apabila penyimpanan, RAM dan Processor sudah mencapai 100% maka kita harus melakukan upgrade atau peningkatan pada hardware yang ada di laptop kita. 

Baca Juga : 4 Software Pendingin Laptop Terbaik

2. Oleskan Thermal Paste

Yang kedua sobat bisa mengoleskan Thermal Paste pada processor, efek mengoleskan thermal paste tersebut mampu mengurangi suhu panas yang ditimbulkan laptop dan meminimalisir agar laptop tetap dalam performa terbaik, juga mampu mengantisipasi melambatnya kinerja laptop. 

3. Upgrade HDD ke SSD

Saat ini sudah banyak laptop-laptop keluaran baru yang sudah menggunakna SSD dibandingkan HDD ( Harddisk ). Banyak yang mengklaim bahwa SSD jauh lebih baik dan mampu mengurangi suara bising yang biasanya ditimbulkan kipas. 

4. Gunakan Pendingin Laptop ( Cooling Pad )

Yang keempat dalam 10 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Yang Berisik dan Berbunyi Kencang adalah dengan menggunakan pendingin Laptop, Pendingin Laptop sendiri mampu membuat kinerja kipas tidak terlalu berat dan tidak berlebihan dan sangat cocok untuk digunakan sehari-hari. 

Sobat bisa membelinya ke toko komputer terdekat, atau bisa membelinya secara online saat ini sudah banyak toko online yang menjual pendingin laptop sesuai kebutuhan kita. 

cara membersihkan kipas laptop
Pendingin Laptop ( Cooling pad )


5. Tutup Software Yang Tidak Digunakan 

Yang kelima dalam 10 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Yang Berisik dan Berbunyi Kencang adalah menutup aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan, biasanya aplikasi atau software ini berjalana dibelakang layar, hal ini mampu mengurangi beban yang diterima laptop ketika membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang sama. 

6. Upgrade Sistem Operasi 

Mungkin banyak dari kita yang susah move on dari Windows 7 ataupun Windows 8 ke Windows versi terbaru, padahal dengan melakukan upgrade pada sistem operasi dari yang lama ke yang terbaru mampu membuat kinerja laptop lebih baik, kanrea tentunya sistem operasi terbaru sudah dikembangkan dan terdapat beberapa inovasi didalmnya.

7. Membongkar Kipas Laptop

Yang ketujuh dalam 10 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Yang Berisik dan Berbunyi Kencang adalah dengan membongkar kipas yang ada pada laptop, seperti yang saya tuliskan diatas dimana debu biasanya jadi penyebab kenapa suara kipas teramat bising dan berbunyi kencang. 

8. Melakukan Defrag

Berikutnya dalam 10 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Yang Berisik dan Berbunyi Kencang adalah dengan melakukan proses Defrag biasanya kerja processor yang begitu berat berefek pada suara kipas yang bunyi kencang dan berisik. 

Bagaimana cara melakukan defrag pada laptop? pernah saya bahas di Cara Mudah Melakukan Defrag Pada Laptop

9. Gunakan Software Pengukur Kecepatan Kipas

Fungsi utama dari software pengukur kecepatan kipas adalah menjaga performa kipas laptop agar tetap terkendali karena biasanya kinerja kipas laptop begitu berat karena tidak adanya software yang mampu mengendalikan kecepatan kipas. 

Saya sendiri menggunakan software SpeedFan dimana software tersebut mampu mengukur kecepatan kipas laptop kita. 

10. Bawa ke Service Laptop Terdekat

Apabila beberapa cara diatas masih belum mampu memperbaiki masalah yang ada, maka langkah terakhir yang bisa sobat coba adalah membawa laptop ke service center terdekat sehingga kita bisa melihat lebih detail inti permasalahannya. 

Saya sendiri pernah membawa laptop saya yang berusia lebih dari 7 tahun ke service komputer, pada akhirnya mengganti kipas laptop yang lama dengan yang baru mampu menyelesaikan semua masalahnya. 

Demikianlah artikel tentang 10 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Yang Berisik dan Berbunyi Kencang semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat untuk sobat semua, selamat mencoba!




Posting Komentar untuk "10 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Yang Berisik dan Berbunyi Kencang"