Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Nonton TV di Laptop Menggunakan VLC Media Player

 

Cara nonton tv online tanpa menggunakan STB atau TV Digital

Teknologizoo.com - Cara Nonton TV di Laptop Menggunakan VLC Media Player, VLC Media Player merupakan salah satu aplikasi atau software pemutar musik yang cukup terkenal dan cukup banyak digunakan oleh para pengguna, siapa yang tak kenal software ini, ketika kita akan mendengarkan musik kita bisa menggunakan VLC Media Player sebagai medianya. 

Meskipun dikenal sebagai media untuk memutar dan mendengarkan musik, VLC Media Player juga bisa kita gunakan untuk melakukan akfititas streaming, salah satunya adalah menonton TV secara online. Ketika TV Analog sudah diputus siarannya maka sebagian besar harus beralih ke TV Digital, ataupun harus menggunakan Set Top Box ( STB ). 

Tapi jika sobat punya laptop ataupun komputer kemudian ingin tetap menonton TV, sobat bisa memanfaatkan VLC Media Player tersebut sebagai media untuk melakukan aktifitas streaming TV online nya. 

Lalu bagaimana Cara Nonton TV di Laptop Menggunakan VLC Media Player? berikut ini adalah carnaya. 

Cara Nonton TV di Laptop Menggunakan VLC Media Player

Cara Nonton TV di Laptop Menggunakan VLC Media Player sendiri sangatlah mudah, sobat hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil dan tentunya software VLC Media Player yang nantinya akan digunakan sebagai media streaming. 

Bagi sobat yang  belum mengunduh aplikasi VLC, bisa langsung download disitus resminya, disini.

Jika sudah terpasang, sekarang kita masuk ke inti pembahasan ya sobat. 

1. Buka VLC Media Player 

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah membuka VLC Media Player, kemudian pilih media, kemudian klik lagi buka stream jaringan. Seperti pada gambar berikut ini. 

Cara nonton tv online tanpa buffering dan loading
Pilih Media kemudian klik Buka Stream Jaringan 

2. Masukkan URL Streaming 

Langkah kedua dalam Cara Nonton TV di Laptop Menggunakan VLC Media Player adalah dengan memasukkan URL Streaming. Untuk alamat URL nya silahkan sobat lihat pada gambar dibawah ini. 

nonton tv online gratis tanpa bayar
Masukkan URL Jaringan 


Setelah memasukkan URL Jaringan seperti pada gambar diatas, selanjutnya tinggal klik play. Kemudian tunggu beberapa saat sampai pencarian channel nya selesai, setelah itu otomatis akan muncul Channel TV nya seperti pada gambar dibawah ini. 

nonton tv online menggunakan VLC Media Player
Nonton TV Online melalui VLC Media Player 


Lalu apakah kita bisa menonton channel lokal juga? tentu saja bisa, tetapi ada beberapa channel TV yang tidak bisa diakses melalui VLC Media Player karena tidak semua TV menyediakan URL Streaming.  Tetapi harus meontonnya langsung melalui website resmi yang tersedia. 

Cara Mencari Channel Lokal di VLC Media Player

Untuk bisa menonton streaming TV lokal, caranya sendiri sangatlah mudah. Sobat hanya perlu melakukan cara berikut ini. 
  • Klik Tampilan 
  • Pilih Playlist
  • Pada kotak pencarian, cari channel TV yang ingin disaksikan.
aplikasi streaming tv online gratis tanpa bayar
Proses Pencairan Chnnel TV Yang Diinginkan 

Silahkan sobat ketik nama channel lokal yang ada, pada kotak pencarian. Jika nama channel nya sudah muncul, tinggal double klik. Otomatis kita akan langsung masuk ke channel TV yang diinginkan. Selain channel lokal kita juga bisa menyaksikan channel luar ya sobat. 

Sampai disini kita sudah berhasil mengetahui Cara Nonton TV di Laptop Menggunakan VLC Media Player.

Kelebihan dan Kekurangan Nonton TV Online Melalui VLC Media Player

ada beberapa kelebihan dan kekurangan ketika kita nonton TV Online melalui VLC Media Player, seperi berikut. 
  1. Fleksibel, Selain bisa digunakan untuk mendengarkan musik VLC Media Player juga bisa digunakan untuk menonton streaming dan bisa digunakan menonton channel yang mungkin tidak tersedia di TV Kabel. 
  2. Gratis, VLC Media Player merupakan sebuah aplikasi gratis yang bisa didownload di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan beberapa tipe OS lainnya. 
  3. Kompabilitas, di VLC kita bisa melakukan pengaturan dan penyesuaian seperti kualitas streaming, resolusi ataupun kecepatan bit. 
Diatas merupakan 3 kelebihan utama menonton TV Online melalui VLC Media Player, dan dibawah ini adalah kemelahannya. 

  1. Membutuhkan Koneksi Internet, pastinya ketika kita melakukan streaming kita membutuhkan koneksi internet yang ada, ataupun kuota yang mencukupi untuk tetap bisa menikmati layanan streaming yang ada. 
  2. Tidak Semua TV Tersedia, seperti yang saya tulis diawal tidak semua TV Bisa disaksikan ketika melakukan streaming karena tidak semua TV menyediakan URL Streaming. Tetapi tetap bisa menggunakan situs atau link resmi dari channel yang ingin disaksikan.
  3. Kualitas Streaming Bergantung Koneksi, ketika menonton TV secara online tentunya kita bergantung pada kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang ada.

Demikianlah Cara Nonton TV di Laptop Menggunakan VLC Media Player, selamat mencoba ya sobat.

Posting Komentar untuk "Cara Nonton TV di Laptop Menggunakan VLC Media Player"