Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik Untuk Mengoptimalkan Penggunaan Storage di Android

 

cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi

Teknologizoo.com - Tips dan Trik Untuk Mengoptimalkan Penggunaan Storage di Android. Ruang penyimpanan memori yang penuh tentunya menjadi hal yang sangat menjengkelkan bagi para pengguna smartphone, khususnya android, ketika memori internal penuh tentunya akan sangat berdampak terhadap kinerja smartphone yang digunakan. 

Saat ini kapasitas penyimpnan seperti 64GB sudah tidak lagi terhitung besar, karena banyak produk-produk keluaran baru yang memiliki kapasitas penyimpanan jauh lebih besar daripada smartphone keluaran lama. 

Lalu, apakah sobat bingung tentang bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan memori yang ada saat ini? jika belum ada budget untuk mengganti smartphone lama ke baru, tentu tutorial ini setidaknya bisa dimanfaatkan bagi sobat yang masih betah dengan smartphone nya saat ini. 

Dan berikut ini adalah cara agar penyimpanan tidak penuh di semua merk hp baik itu samsung, oppo, xiaomi, realme, sony, infinix, oppo, dan beberapa brand lainnya. 

Tips dan Trik Untuk Mengoptimalkan Penggunaan Storage di Android

Setidaknya ada beberapa langkah yang bisa sobat lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan storage di android. Jadi penyimpanan yang tersedia bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. 

1. Cari dan Hapus Yang Tidak Lagi Digunakan 

Kebanyakan dari pengguna smartphone adalah mengunduh aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting, sangat penting bagi sobat untuk meminimalisir penggunaan storage dari aplikasi yang tak lagi digunakan. 

2. Pindahkan Foto dan Video dari Smartphone ke Cloud Storage 

Yang kedua, sepertinya sobat harus memanfaatkan layanan Cloud Storage yang ada saat ini, Cloud Storage sendiri merupakan media penyimpanan berbasis awan, dimana setiap file yang sobat disimpan akan disimpan secara online dan tidak memakan ruang yang ada di smartphone. 

Contohnya seperti : 
  • Google Photo
  • Google Drive
  • MediaFire
  • Dropbox
Dan ada beberapa Online Cloud Storage lain yang bisa sobat manfaatkan, yang pasti gratis tentunya. 

3. Nonaktifkan Sistem Pembaruan Aplikasi Otomatis

aplikasi agar penyimpanan tidak penuh
Nonaktifkan update ootmatis aplikasi Playstore

Yang ketiga, sobat bisa menonaktifkan pembaruan aplikasi secara otomatis yang biasanya sering dilakukan oleh Google Playstore. Agar bisa menonaktifkannya sobat bisa masuk ke pengaturan akun di Playstore. 

4. Minimalisir Game

Setiap smartphone pasti terdapat setidaknya satu aplikasi ( game ), yang biasa kita mainkan ketika penat melanda. Saran saya, harus saja game yang sekiranya tidak lagi dimainkan, hal ini bisa menghemat memori internal smarpthone sobat. 

5. Manfaatkan Micro SD

Yang terakhir tentang Tips dan Trik Untuk Mengoptimalkan Penggunaan Storage di Android adalah dengan memanfaatkan Micro SD untuk smartphone, dengan cara memindahkan file dari memori internal kedalam MicroSD bisa memberikan ruang lebih banyak untuk memori internal sobat. 

Nah sobat demikianlah Tips dan Trik Untuk Mengoptimalkan Penggunaan Storage di Android yang bisa sobat lakukan untuk menghemat ruang penyimpanan internal di hp sobat. 

Selamat mencoba. 


Posting Komentar untuk "Tips dan Trik Untuk Mengoptimalkan Penggunaan Storage di Android"