Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Menghemat Baterai Macbook Agar Tidak Cepat Habis

 

cara mengecas macbook yang benar

Teknologizoo.com - 8 Cara Menghemat Baterai Macbook Agar Tidak Cepat Habis. Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang Cara merawat dan menjaga kesehatan baterai macbook air m1 dan pada kesempatan kali ini saya masih akan membahas seputar baterai Macbook yang terkenal cukup awet, khususnya Macbook Air M1 yang dikenal bertahan cukup lama ketika digunakan, yaitu bisa bertahan hingga 24 jam. 

Kemudian bagaimana dengan Macbook versi terdahulunya? apabila dirasa sudah menurun signifikan dari performa baterai yang dipakai, rasanya sobat bisa mencoba 8 Cara Menghemat Baterai Macbook Agar Tidak Cepat Habis. Setidaknya bisa sedikit membantu agar baterai Macbook yang sobat gunakan tetap awet dan bisa dibawa kemana-mana.

Cara Menghemat Baterai Macbook Agar Tidak Cepat Habis

Setidaknya ada 8 cara yang bisa sobat coba agar baterai Macbook yang digunakan bisa awet dan bisa dibawa kemana-mana serta tidak cepat habis, dan berikut ini adalah caranya.

1. Kurangi Kecerahan Layar 

Yang pertama dalam 8 Cara Menghemat Baterai Macbook Agar Tidak Cepat Habis adalah dengan mengurangi kecerahan layar apabila berada di tempat yang gelap, karena dengan menggunakan layar yang teralu terang dapat menguras energi baterai yang digunakan. 

2. Matikan Wifi 

Yang kedua adalah dengan mematikan fitur Wifi yang ada, Wifi tetap menggunakan energi baterai bahkan saat tidak digunakan. 

3. Matikan fitur Bluetooth 

Yang ketiga dalam upaya menghemat baterai Macbook yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan bluetooth apabila tidak digunakan, sama halnya dengan Wifi, bluetooth sendiri tetap menguras energi baterai yang kita gunakan.

4. Atur Layar Untuk Tidur atau Sleep Jika Tidak Digunakan

yang keempat dalam 8 Cara Menghemat Baterai Macbook Agar Tidak Cepat Habis adalah sobat bisa mengatur atau melakukan setting layar Macbook supaya tertidur atau lebih familiar dengan istilah sleep apabila tidak digunakan. 

Cara mengaturnya sendiri sangatlah mudah dimana sobat hanya perlu masuk ke pengaturan baterai, kemudian sesuaikan dan centang kotak bertuliskan put hard disks to sleep when possible. Kemudian atur durasinya. 

berapa lama charge macbook air m1
Mengaktifkan fitur sleep Macbook


Silahkan simak gambar diatas ya sobat, dimana saya mengatur turn display off after : 1 min. Yang berarti ketika Macbook saya tidak digunakan atau disentuh dalam kurun waktu 1 menit, otomatis layar akan redup dan tertidur dengan sendirinya. 

5. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan 

Yang kelima dalam 8 Cara Menghemat Baterai Macbook Agar Tidak Cepat Habis adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan, sama halnya seperti kita menggunakan Windows, banyak sekali aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa disadari. 

Selain itu ketika kita menutup aplikasi, biasanya kita akan mengklik tombol (x) atau close. Tapi pastikan lagi pada menu dock atau taskbar tidak ada titik dibawah ikon aplikasi yang habis kita buka, contohnya seperti pada gambar berikut. 

cara agar baterai macbook awet
Contoh aplikasi yang masih terbuka walau sudah di close 


Bisa sobat lihat pada gambar diatas, dimana ada sebuah titik dari ikon aplikasi yang saya buka seperti Photoshop, Notes, Chrome, dan juga Finder. Silahkan sobat klik kanan kemudian pilih Quit agar aplikasinya benar-benar tertutup dan berhenti beroperasi.

6. Aktifkan Fitur Low Power Mode

Yang keenam yang bisa sobat lakukan untuk menghemat baterai Macbook adalah dengan mengaktifkan fitur Low Power Mode seperti pada gambar berikut ini.

kenapa baterai macbook cepat habis
Aktifkan Fitur Low Power Mode


seperti pada gambar diatas, low power mode menjelaskan deskripsi bahwa Mac yang kita gunakan akan mengurangi energi untuk meningkatkan masa pakai baterai. 

7. Cabut Perangkat Eksternal 

Yang ketujuh, sobat bisa melepas semua perangkat eksternal yang terhubung dengan Mac yang digunakan, contohnya seperti hard drive eksternal. 

8. Matikan Backlight Keyboard

Backlight atau lampu latar pada keyboard Mac memang cukup membantu untuk tetap terlihat jelas apabila digunakan didalam kondisi yang gelap atau kurang pencahayaan, tapi apabila digunakan diruangan yang cukup terang, alangkah baiknya sobat meredupkan fitur backlight nya, karena dapat menguras energi baterai Mac yang kita gunakan. 

Untuk meredupkan fitur backlight nya sendiri sangatlah mudah, dimana kita hanya perlu masuk ke pengaturan keyboard brightness kemudian geser ke kiri untuk meredupkan fitur backlight nya. 


Akhir Kata, seiring berjalannya waktu dan semakin sering penggunaan Macbook tentu baterai yang digunakan memiliki masa pakai nya tersendiri, semakin sering digunakan lambat laun kapasitas baterai Macbook pun turut menurun, tapi ada 8 cara menghemat baterai Macbook agar tidak cepat habis dan ada cara merawat serta menjaga kesehatan baterai Mac yang setidaknya bisa sedikit memperpanjang usia baterai yang digunakan. 

Baiklah sobat, demikianlah artikel tentang 8 Cara Menghemat Baterai Macbook Agar Tidak Cepat Habis selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "8 Cara Menghemat Baterai Macbook Agar Tidak Cepat Habis"