Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Batery Health dan Cycle Count di Macbook Air M1

 

cycle count macbook normal berapa

Teknologizoo.com - Cara Melihat Batery Health dan Cycle Count di Macbook Air M1. Macbook Air M1 merupakan sebuah laptop keluaran terbaru dari apple yang sudah dirilis sejak 2020 lalu, berbeda dengan beberapa generasi sebelumnya, Macbook Air M1 ini sudah dibekali chip M1 yang kabarnya memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan generasi sebelumnya. Salah satunya adalah dari ketahanan atau masa pakai baterai yang diklaim mampu bertahan 2 kali lebih lama daripada generasi Mac sebelumnya.

Meskipun kini sudah keluar Macbook yang dibekali dengan Chip M2, tak jarang masih banyak pengguna yang lebih memilih Macbook Air M1 ini, selain harga yang tentu sedikit lebih murah dibandingkan Macbook dengan Chip M2, secara fitur, ketahanan, dan berbagai aspek lainnya masih sangat layak tentunya Macbook dengan chip M1 ini untuk dimiliki. 

Berbicara tentang Macbook tentu tidak akan ada habisnya, selain tampilan yang mewah, fitur yang melimpah, dan sangat cocok digunakan untuk keperluan editing foto maupun video, baterai Macbook yang tahan sangat lama juga jadi keunggulan tersendiri bagi brand yang satu ini. 

Baca juga : Cara Mengatur Kecerahan Backlight Keyboard Macbook Air

Berbicara tentang baterai Macbook, pasti sobat bertanya-tanya tentang 'bagaimana sih cara melihat batery health dan cycle count di Macbook?' sebelum masuk ke inti pembahasan alangkah baiknya sobat harus tahu apa itu Batery Health dan Cycle Count di Macbook.

Apa itu Batery Health dan Cycle Count di Macbook? 

Informasi mengenai batery health dan cycle count sangat penting sekali didalam Macbook, hal ini juga yang harus sobat lihat jika seandainya sewaktu-waktu ingin membeli Macbook second

Definisi Batery Health 

Batery health sendiri merupakan sebuah informasi yang menunjukkan kapasitas baterai dari sebuah perangkat Macbook, semakin besar persentasenya, semakin sehat juga si baterai yang digunakan. Jadi, alangkah baiknya jika sobat mungkin ingin membeli Macbook Second, harus dicek terlebih dahulu atau ditanyakan terlebih dahulu kesehatan baterai ( batery health ) yang ada. 

Definisi Cycle Count 

Cycle Count merupakan sebuah siklus dari pengisian baterai yang dilakukan, mungkin sobat tidak akan asing dengan Cycle Count ( CC ) ketika bergabung di komunitas jual-beli Macbook di internet, bukan? 

Okelah sobat, diatas merupakan sedikit penjelasan mengenai apa itu batery health dan Cyclce Count.
Sekarang, mari kita masuk ke inti pembahasan tentang Cara Melihat Batery Health dan Cycle Count di Macbook Air M1

Cara Melihat Batery Health dan Cycle Count di Macbook Air M1

nah, lalu bagaimana sih caranya melihat informasi tentang batery health dan cycle count dari Macbook yang digunakan? caranya sendiri sangatlah mudah ya sobat. berikut ini langkah-langkahnya.

1. Buka Menu About this Mac Kemudian Pilih System Report

cycle count adalah
System report Macbook Air 


Jika sudah seperti gambar diatas, silahkan sobat klik menu system report seperti pada gambar. Maka kita lanjut ke langkah kedua.

2. Klik Menu Power dan Lihat Health Information 

Langkah kedua dalam Cara Melihat Batery Health dan Cycle Count di Macbook Air M1 adalah dengan masuk ke menu power kemudian sobat lihat dibagian health information seperti gambar berikut ini.

cara mengurangi cycle count macbook
Batery health information 

Silahkan sobat perhatikan gambar diatas yang sudah saya tandai warna hijau, dimana Cycle Count baterai Macbook saya adalah 6. kemudian Condition masih dinyatakan normal, dan Maximum Capacity 100%. Yang artinya baterai Mac yang saya gunakan kesehatannya masih bisa sampai 100%.


Tapi yang perlu kita ingat adalah, seiring berjalannya waktu dan semakin sering penggunaan Macbook yang kita punya, kapasitas dan kesehatan baterai tentunya akan semakin menurun ya sobat. Maka dari itu kita harus pandai merawat kesehatan baterai Mac yang kita punya. 

Pada artikel selanjutnya akan saya bahas tentang cara merawat dan menjaga kesehatan baterai Macbook

Baiklah sobat, demikianlah artikel tentang Cara Melihat Batery Health dan Cycle Count di Macbook Air M1. Cara ini tidak hanya berlaku pada Macbook M1 saja ya, tapi bisa juga diaplikasikan pada Macbook sebelumnya, tidak ada perbedaan yang begitu signifikan. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Cara Melihat Batery Health dan Cycle Count di Macbook Air M1"