Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Baterai Macbook Air M1

 

cara merawat baterai Macbook Air M1

Teknologizoo.com - Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Baterai Macbook Air M1. Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang cara melihat batery health dan cycle count di Macbook Air M1. Seperti yang kita tahu, baterai Macbook Air M1 merupakan salah satu baterai dengan kekuatan dan daya tahan yang cukup lama. Dimana baterai MBA M1 ini bisa digunakan hingga 24 jam tanpa harus di cas. 

Bagi sobat pengguna macbook tentu sangat terbantu dengan daya tahan baterai nya yang bertahan lama ketika digunakan, sehingga kita tidak perlu repot-repot selalu membawa magsafe alias chargeran ketika menggunakan Macbook. Laptop yang memiliki kekuatan dan daya tahan baterai yang cukup lama ini tentu sangat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan, contohnya untuk pekerjaan kantor, melakukan editing, desain, dan beberapa pekerjaan lainnya. 

Agar baterai Macbook tetap terjaga awet dan tahan lama, tentu tidak luput dari yang namanya perawatan yang kita lakukan sebagai pengguna, pada artikel ini akan saya bahas tentang Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Baterai Macbook Air M1.

Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Baterai Macbook Air M1

Memang seiring berjalannya waktu kapasitas atau usia dari sebuah baterai masa pakainya tentu akan berkurang, namun ada langkah-langkah yang setidaknya bisa kita lakukan agar performa baterai Macbook yang kita gunakan tetap pada performa baiknya.


dan berikut ini adalah Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Baterai Macbook Air M1. 

1. Jangan Biarkan Baterai Macbook Habis 

sebuah hal yang sering kali kita lupa adalah untuk menjaga daya agar baterai Macbook tidak habis, banyak orang yang berasumsi baru akan melakukan charge Macbook nya ketika persentase baterai dibawah 10% atau malah ada yang baru di cas ketika persentase nya sudah menunjukkan lemah. 

Padahal alangkah baiknya kita melakukan charge Macbook pada saat baterai nya menunjukkan persentase sekitar 20-30% dan diusahakan dalam keadaan mati. 

2. Hindari Macbook Agar Tidak Overheat 

Yang kedua dalam Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Baterai Macbook Air M1 adalah dengan menjaga suhu agar tidak kepanasan alias overheat. Macbook yang digunakan terlalu lama dan overheat tentu dapat merusak atau mengurangi kualitas baterai yang ada pada Macbook itu sendiri. 

Jadi, sangat disarankan bagi pengguna Macbook untuk sesekali mengistirahatkan perangkatnya agar terhindar dari kepanasan alias overheat

3. Jangan Mengecas Berlebihan 

Yang ketiga hindari mengecas baterai Macbook secara berlebihan alias overcharge. Saya seringkali menemukan teman-teman saya yang membiarkan laptopnya tetap dalam kondisi di cas, walaupun persentase baterai nya sudah menunjukkan 100%. 

Alangkah baiknya kita melepas chargeran ketika persentase baterai sudah mencapai sekitar 80-90% untuk tetap menjaga kesehatan baterai. 

4. Cas Macbook Dalam Keadaan Mati

Sebagaimana manusia yang butuh istirahat atau tidur untuk mengecas kembali energi yang terkuras habis, begitupun dengan Macbook yang kamu gunakan, perlu waktu untuk 'tidur' agar energinya kembali penuh dan fresh saat digunakan. 

Banyak orang yang mungkin belum tahu bahwa sebaiknya tidak menggunakan Macbook jika sedang dalam keadaan di cas, hal ini juga dilakukan untuk menghindari overcharge.

Lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengecas Macbook versi M1? Biasanya saya sendiri hanya butuh 2,5 jam saja untuk melakukan pengecasan agar kapasitas baterai kembali ke 100%.

5. Lakukan Kalibrasi Baterai Macbook 

Yang terakhir dalam Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Baterai Macbook Air M1 adalah dengan melakukan kalibrasi baterai Macbook yang digunakan. Kalibrasi perlu dilakukan apabila sobat semakin sering melakukan pengecasan dan merasa kapasitas baterai lebih cepat habis dari biasanya.

Baiklah sobat demikianlah artikel tentang Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Baterai Macbook Air M1, dimana melakukan perawatan sederhana tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan baterai Macbook yang kita gunakan. Mulai dari menghindari overcharge, jangan biarkan baterai sampai habis, matikan Macbook ketika di cas, hingga melakukan kalibrasi apabila diperlukan.



Posting Komentar untuk "Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Baterai Macbook Air M1"