Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Langkah Mudah Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Cas

 


Teknologizoo.com , 4 Langkah Mudah Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Cas, proses charging atau yang lebih dikenal dengan istilah cas merupakan sebuah proses pengisian daya yang dilakukan pada sebuah laptop, umumnya proses charing dilakukan ketika masa daya baterai pada laptop sudah habis atau tersisa beberapa persen lagi, proses charing sendiri biasanya memakan waktu sampai 2 jam tergantung jenis dan fitur yang terdapat di masing-masing laptop, nah pernahkah teman-teman ketika melakukan proses charing atau cas, tiba-tiba merasakan ada sebuah aliran listrik yang keluar dari laptop? 

Tentunya sebuah aliran listrik tersebut mengakibatkan rasa kaget kepada tubuh dan cukup berbahaya tentunya apabila dibiarkan secara terus-terus, selain berdampak buruk bagi tubuh si pengguna, laptop yang nyetrum pada saat di Cas juga bisa memiliki dampak negatif terhadap laptop itu sendiri yang bisa mengakibatkan korslet. 

Lantas apakah ada cara mengatasi laptop nyetrum saat di Cas ? tentu saja ada cara mengatasinya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang 4 Langkah Mudah Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Cas, dimana hal tersebut saya alami sendiri ketika melakukan proses charging dan merasakan aliran listrik yang menyengat ke tubuh, rasa kaget yang luar biasa. 

Baca Juga : 2 Cara Mudah Masuk BIOS Laptop Sony Vaio E-Series

Penyebab Laptop Nyetrum 

Biasanya penyebab utama muncul aliran listrik statis pada laptop yaitu diakibatkan bocornya baterai atau ada kerusakan pada casan laptop, hal ini merupakan penyebab utama yang sering terjadi pada laptop.

4 Langkah Mudah Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Cas

Setidaknya ada empat langkah yang bisa teman-teman lakukan untuk mengatasi laptop yang nyetrum saat di cas, cara ini terbukti saya lakukan setelah saya otak-atik juga meminta bantuan dari seorang teman yang merupakan teknisi komputer, dan berikut ini adalah 4 Langkah Mudah Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Cas.

1. Ganti Casan Laptop 

Yang pertama, dengan mengganti Casan Laptop yang lama dengan yang baru, ini merupakan cara yang paling ampuh jika teman-teman mengalami laptop nyetrum pada saat di Cas, teman-teman bisa membeli Casan laptop baru di toko komputer terdekat, memang bisa sih untuk melakukan service pada casan laptop yang nyetrum tetapi tidak menutup kemungkinan akan kembali terjadi hal yang sama, karena sejatinya apabila sebuah perangkat sudah harus diganti, maka jalan satu-satunya adalah dengan mengganti perangkat tersebut. 

2. Jangan Cas Laptop Jika Sedang Digunakan

Yang kedua, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan laptop sambil di cas selain dapat menimbulkan efek nyetrum, menggunakan laptop sambil di cas dapat memperpendek usia baterai yang ada pada laptop, memang terkadang menggunakan laptop sambil di cas seringkali dilakukan karena sebuah hal yang cukup penting, seperti mengerjakan pekerjaa, tugas, dan lain sebagainya, tetapi jika terlalu sering maka akan mengakibatkan casan mengeluarkan aliran listrik dan memperpendek usia baterai yang ada pada laptop, akhirnya membuat baterai laptop jebol dan rusak.

3. Letakkan Laptop Pada Tempat Yang Baik

Untuk meminilasir rasa kaget yang ditimbulkan setruman pada laptop, ada cara yang bisa teman-teman lakukan yaitu dengan menyimpannya pada tempat dan menggunakan alas yang baik, seperti halnya pada meja ataupun lantai, dengan demikian dapata meminimalisir aliran listrik yang dapat membuat sebuah efek kejut.

4. Koneksikan Laptop Dengan Arde 

Yang terakhir didalam artikel 4 Langkah Mudah Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Cas adalah dengan mengkoneksikan laptop ke alat yang bernama arde, apa itu arde? arde merupakan sebuah alat yang dipercaya dapat mengurangi dan menghalangi terjadinya kontak fisik antara aliran listrik dan manusia, bisa dikatakan arde ini berfungsi sebagai penagkal setruman yang ada pada laptop. 

teman-teman bisa langsung menggunakan arde apabila dirasa ada aliran listrik yang teman-teman rasakan. Baiklah teman-teman demikian merupakan artikel tentang 4 Langkah mudah Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Cas , semoga bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "4 Langkah Mudah Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Cas"