Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mengembalikan File Excel Tidak Sengaja Terhapus

 cara mengembalikan file yang belum tersimpan di excel 2007

Teknologizoo.com - 2 Cara Mengembalikan File Excel Tidak Sengaja Terhapus. Microsoft Excel merupakan aplikasi bawaan microsoft yang berfungsi untuk mengolah data, selain itu excel juga bisa digunakan pada laptop maupun perangkat komputer pada umumnya. Microsoft Excel sendiri biasanya digunakna oleh pegawai kantoran untuk menyelesaikan pekerjaan, dimana biasanya terdapat data-data penting yang kita kerjakan didalam aplikasi atau software tersebut.

Berbicara tentang aplikasi, yang namanya aplikasi tidak akan berjalan lancar selamanya terkadang ada masa dimana software yang digunakan crash atau rusak, bisa juga terjadi error, atau hal-hal yang diluar dugaan lainnya, pernahkah sobat mengalami file excel yang tidak sengaja terhapus dari komputer ataupun laptop yang digunakan? entah itu karena error, file rusak, atau bahkan karena faktor eksternal yang membuat laptop ataupun komputer mati dan membuat kita lupa menyimpan file excel tersebut?

Kemudain pernahkah sobat tidak snegaja menghapus file excel dalam komputer atau laptop? padahal file tersebut berisikan data penting? apkah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file excel yang tidak sengaja terhapus? tentu saja ada pada artikel ini saya akan membahas tentang 2 Cara Mengembalikan File Excel Tidak Sengaja Terhapus dimana cara ini berfungsi untuk semua versi Microsoft excel baik itu 2007, sampai versi 2016.

Cara untuk mengembalikan file nya pun cukup mudah dan tidak sulit, serta tidak memakan waktu lama.

Dan berikut ini adalah 2 Cara Mengembalikan File Excel Tidak Sengaja Terhapus yang bisa sobat lakukan.

Baca Juga : 4 Langkah Mengunci File Word Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopas

2 Cara Mengembalikan File Excel Tidak Sengaja Terhapus

Setidaknya ada 2 Cara Mengembalikan File Excel Tidak Sengaja Terhapus yang bisa sobat lakukan untuk mengembalikan file excel yang tidak sengaja terhapus ataupun lupa disimpan, tenang karena file yang terhapus masih bisa dikembalikan seperti semula.

1. Buka Tampilan Desktop

Langkah pertama dalam 2 Cara Mengembalikan File Excel Tidak Sengaja Terhapus adalah dengan masuk ke tampilan desktop sobat, jika sudah mari lanjut ke langkah berikutnya.

2. Buka Recycle Bin

Langkah kedua sekaligus terakhir dalam 2 Cara Mengembalikan File Excel Tidak Sengaja Terhapus adalah dengan membuka aplikasi recycle bin, dimana recycle bin ini berfungsi menampung file-file yang telah kita hapus sebelumnya, jadi ketika sebuah file dihapus tidak aakn langsung hilang dari penyimpanan, melainkan ditampung terlbeih dahulu oleh recycle bin.

Jadi recycle bin ini diibaratkan sebuah tong sampah, yang tidak akan membuang isinya sebelum dibuang oleh si pemilik tong sampah tersebut, nah cara mengembalikan file excel yang tidak sengaja terhapus sendiri sangat mudah, dimana sobat hanya perlu mencari nama file excel yang terhapus pada software recycle bin seperti berikut ini.

mengatasi file excel tidak sengaja terhapus
Recycle Bin

Jika sudah menemukan file yang terhapus, sobat cukup restore saja, maka file yang tidak sengaja terhapus akan kembali ke tempat asalnya, asmpai disni sebenarnya kita telah berhasil melakukan 2 Cara Mengembalikan File Excel Tidak Sengaja Terhapus, simple kan?

Tapi alangkah baiknya untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini, sobat harus mengaktifkan fitur autosave pada aplikasi microsoft excel yang digunakan, bagaimana caranya? mari masuk ke bab berikutnya.

Cara Mengaktifkan Fitur Autosave Microsoft Excel

Cara mengaktifkan autosave atau menyimpan file dengan otomatis di microsoft excel sendiri sangatlah mudah, memang seharusnya excel ataupun word akan menyimpan file dengan sendirinya, namun tidak semua software di komputer melakukan tersebut, karena biasanya telah diubah pengaturannya oleh orang yang sama-sama menggunakan PC atau laptop tersebut.

Cara mengaktifkan fitur autosave nya sendiri cukup mudah

  • Buka aplikasi Excel
  • Klik File
  • Buka Menu Option

Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini,

cara mengaktifkan mode simpan otomatis excel
Autosave Excel

Silahkan sobat ikuti pengaturan seperti gambar yang saya sertakan diatas, jika sudah maka pada file berikutnya akan tersimpan otomatis meskipun sobat tidak memerintahkan software untuk menyimpannya.

Dan sampai disini sobat telah berhasil mengaktifkan fitur autosave di Microsoft Excel, nah sobat demikianlah artikel tentang 2 Cara Mengembalikan File Excel Tidak Sengaja Terhapus semoga bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "2 Cara Mengembalikan File Excel Tidak Sengaja Terhapus"