Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Dengan Mudah

 

-memperbaiki hardisk bad sector dengan cmd

Teknologizoo.com - Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Dengan Mudah, Bad sector di hardisk ialah sebuah penyakit yang acap kali ada di hardisk, dimana bad sector pada hardisk akan membuat kita sebagai pengguna cemas sebab bad sector ini akan menyebabkan beberapa ruang hardisk rusak, Dan alhasil sector tak akan menanggapi permintaan dari pengguna.

Kerusakan hardisk sendiri terdapat 2 macam tipe yaitu Bad Sector Fisik dan Bad Sector logic apa bedanya? jika bad sector fisik ialah kondisi dimana hardisk mengalami kecacatan pada fisiknya ( efek terjatuh, terbentur, atau terpukul benda keras ), sedangkan bad sector logic adalah kerusakan secara software yang diakibatkan malware ( virus ). 

Untuk Hardisk yang rusak karena kondisi fisik yang rusak maka akan sulit diperbaiki tetapi apabila bad sector karena faktor software atau aplikasi masih ada kemungkinan untuk bisa diperbaiki. 

Penyebab Terjadinya Bad Sector Hardisk 

Sebelum masuk ke inti pembahasan tentang Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Dengan Mudah alangkah baiknya kita mengetahui unsur dan apa yang jadi penyebab bad sector pada hardisk.

Dan berikut ini ialah beberapa penyebab terjadinya bad sector hardisk.
  1. Aliran listrik tak stabil
  2. Komputer terkena malware / virus
  3. Hardware sudah tua / cukup berumur
  4. Mematikan Komputer secara paksa terlalu sering
  5. Overheat atau kepanasan
  6. Komputer dimatikan tidak dengan cara yang benar
Bad Sector pada hardisk menjadi permasalahan terbesar bagi komputer ataupun laptop tatkala terjadinya bad sector biasanya komputer akan memperingatkan kita sebagai pengguna karena akan menganggu aktifitas membaca dan menulis ( read and write ) yang dilakukan oleh komputer jadi diabaikan. 

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Dengan Mudah

Sekarang mari kita masuk ke inti pembahasan tentang Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Dengan Mudah, dimana caranya bisa dibilang cukup mudah. 

Seperti yang kita tahu windows ini punya fitur bawaan bernama Disk Check Tool merupakan sebuah tool yang memiliki fungsi untuk memeriksa apakah hardisk kita terindikasi terkena bad sector atau tidak.

Kita juga bisa menjalankannya secara otomatis ataupun manual dan berikut ini merupakan cara memperbaiki hardisk bad sector. 

1. Lakukan Error Checking 

Ketika terjadi bad sector pada hardisk untuk memastikan kembali silahkan teman-teman melakukan Error Cheching yang bisa dilakukan langsung pada letter hardisk  / partisi hardisk yang dipilih. 
  • Buka File Explorer
  • Klik kanan lalu pilih Properties
  • Pilih Tab Tools
  • Pilih Cek
Software Untuk Perbaiki Hardisk
Error Checking hardisk bad sector

Setelah mengklik tombol check maka sistem akan otomatis melakukan pemeriksaan dan scanning pada letter hardisk yang dipilih, jika hardisk dalam keadaan digunakan biasanya tak bisa dilakukan. 

Cara memeriksa error checking tersebut akan menganalisa partisi hardisk secara keseluruhan sekaligus memperbaiki hardisk bad sector. 

2. Gunakan Software Untuk Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Langkah kedua yang bisa jadi opsi juga yaitu memperbaiki bad sector hardisk dengan software HDD Regenerator dimana software tersebut punya kapasitas dan kemampuan yang bagus untuk mengatasi masalah bad sector pada hardisk. 

Teman-teman bisa menggunakan dan mengunduh softawre tersebut melalui tautan yang sudah saya berikan diatas, 

3. Perbaiki Hardisk Dengan SpinRite

SpinRite merupakan aplikasi/software yang juga bisa digunakan untuk memperbaiki problema pada hardisk salah satu contohnya adalah bad sector, keunggulan utama dari software tersebut bisa melakukan pemindaian pada hardisk, memulihkan data, serta menyegarkan permukannya. 

teman-teman bisa mengunduhnya disini

4. Lakukan Defragment Hardisk Mengatasi Bad Sector

Langkah keempat yaitu menggunakan metode defragment hardisk juga bisa teman-teman lakukan untuk mengatasi permasalahan pada hardisk seperti bad sector bagaimana cara melakukan defragment tersebut? sebelumnya sudah pernah saya bahas di artikel Cara Defrag Hardisk Terbaru Dengan Mudah.

Silahkan teman-teman baca disana tentang cara melakukan defragmenting hardisk. 

Langkah Mencegah Terjadinya Bad Sector Hdd

lebih baik mencegah dariapda mengobati 

Menurut pepatah mengatakan demikian, ada beberapa langkah yang bisa mencegah terjadinya bad sector hardisk yang wajib teman-teman terapkan. 

  • Laptop/PC harus punya cooler ( pendingin )
  • Ruangan sekitar PC/Laptop harus bersih dari debu
  • Gunakan Antivirus 
  • Jadwalkan Scanning secara rutin
Diatas merupakan beberapa langkah yang bisa mencegah terjadinya bad sector pada hardisk.

 Akhir kata, mengatasi hardisk yang bad sector bisa dilakukan dengan beberapa cara selain dengan Error Checking bisa juga menggunakan software yang mampu mengatasi bad sector, juga melakukan defragment hardisk. 

Selamat mencoba ya teman-teman.



Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Dengan Mudah"