Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mengatasi Video Yang dikirim di WA Tidak Tersimpan di Galeri

 

cara mengatasi kiriman video whatsapp tidak tersimpan di galeri

Teknologizoo.com - 2 Cara Mengatasi Video Yang dikirim di WA Tidak Tersimpan di Galeri, WhatsApp atau yang lebih familiar dengan istilah WA merupakan sebuah aplikasi perpesanan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kepentingan, salah satunya adalah mengirim Foto ataupun Video melalui pesan pribadi. 

Tapi sayangnya, terkadang ada beberapa pengguna yang tidak bisa menyimpan sebuah video ketika mendapatkan kiriman dari teman, ataupun keluarga, biasanya sebuah video akan langsung tersimpan di galeri smartphone ketika kita membukanya di WA. Tapi tak semua pengguna demikian, lalu bagaimana cara mengatasinya? pada artikel ini akan saya bahas tentang 2 Cara Mengatasi Video Yang dikirim di WA Tidak Tersimpan di Galeri

Baca Juga : Cara Mematikan Fitur Terakhir Dilihat di Aplikasi WhatsApp 2021

2 Cara Mengatasi Video Yang dikirim di WA Tidak Tersimpan di Galeri

Ada 2 cara yang bisa teman-teman lakukan ketika sebuah video yang dikirimkan melalui WhatsApp tidak tersimpan, caranya sendiri sangatlah mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. 

1. Aktifkan Pengaturan Unduh Otomatis di Pengaturan WhatsApp

Metode yang pertama yang bisa dilakukan apabila teman-teman mengalami masalah video WA yang tidak langsung masuk galeri, bisa diatasi dengan mengubah terlebih dahulu pengaturan yang ada, yaitu dari pengunduhan otomatis yang terdapat di WA. 

Biasanya WhatsApp akan langsung mengunduh foto, ataupun video yang dikirim apabila kita sedang menggunakan Wifi, berbeda dengan Data Seluler yang tidak demikian.

Nah, jadi yang teman-teman harus lakukan pertama kali adalah mengubah terlebih dahulu pengaturan yang ada. 

  • Buka WhatsApp 
  • Buka Setelan 
  • Pilih menu Penyimpanan dan Data 
  • Ketuk menu Saat Menggunakan Data Seluler
  • Centang Kolom Foto, Video, Audio ataupun Dokumen
Jika kurang jelas dengan penjelasan diatas, mari simak gambar berikut ini.

1. Buka Pengaturan WA Pilih Penyimpanan dan Data

cara agar video yang dikirim di whatsapp tersimpan otomatis
Menu Pengaturan WhatsApp

Nah kurang lebih seperti diatas tampilan dari pengaturan pada WhatsApp ya teman-teman, silahkan pilih menu Penyimpanan dan Data seperti pada gambar diatas, jika sudah kita lanjut ke langkah berikutnya.

2. Ketuk Menu Saat Menggunakan Data Seluler 

cara menyimpan video dari chat whatsapp ke galeri
Unduh Otomatis saat menggunakan data seluler

Ketika muncul sebuah jendela baru, silahkan teman-teman ketuk menu Saat menggunakan data seluler jika sudah mari masuk ke langkah terakhir.

Baca Juga : Cara Membuat Nada Dering WA berbeda Setiap Nomor

3. Centang Kotak Foto, Video, Audio atau Dokumen 

Nah teman-teman pada bagian inilah kita bisa mengunduh video secara otomatis yang sebelumnya tidak masuk ke Galeri smartphone, disinilah pengaturan yang belum diketahui banyak orang, dengan memberikan tanda centang pada media yang ingin diunduh secara otomatis, maka nantinya setiap video, foto, ataupun dokumen yang dikirim melalui pesan, akan masuk secara otomatis kedalam Galeri smartphone kita. 

video wa tidak ke save to gallery
Unduh Otomatis Saat Menggunakan Data Seluler

Silahkan teman-teman ceklis salah satu media yang ketika seseorang mengirimnya kepada kita, akan masuk otomatis kedalam Galeri Smartphone, berhubung pada trik kali ini saya ingin agar video yang dikirim orang lain langsung masuk ke galeri HP, maka ceklis atau ketuk kotak Video. 

Dengan demikian setiap video yang dikirim ke WA kita, akan masuk otomatis ketika menggunakan data seluler / paket data internet. 

Sampai disini kita telah berhasil mengikuti panduan 2 Cara Mengatasi Video Yang dikirim di WA Tidak Tersimpan di Galeri dengan metode pertama. 

Sekarang, kita lanjut ke metode kedua yaa...

2. Disimpan Terlebih Dahulu Ke Cloud Storage 

Bagi teman-teman yang enggan melakukan cara pertama, masih ada satu cara lagi kok yang bisa dilakukan apabila tidak ingin ribet soal menyimpan video WA supaya masuk otomatis ke galeri smartphone kita. 

Caranya sendiri cukup mudah dimana kita bisa melakukan trik backup atau menyimpan video yang dikirimkan ke Cloud Storage / Media Penyimpanan Online sementara. Caranya gimana? mudah sekali kok. 
  • Tekan 3 Detik Video yang ingin disimpan ke Cloud Storage
  • Ketuk Bagikan ke Drive / Google Drive
  • Buka Aplikasi Google Drive
  • Cari Video yang tadi disimpan 
  • Download Video nya dari Drive
Masih bingung? mari simak gambar berikut ini ya.

1. Tekan Video Yang Dikirimkan Selama 3 Detik 

Metode yang kedua dalam 2 Cara Mengatasi Video Yang dikirim di WA Tidak Tersimpan di Galeri adalah dengan menekan video yang dikirimakn selama 3 detik terlebih dahulu yang nantinya akan kita share atau bagikan ke cloud storage online. 


Cloud Storage sendiri merupakan media penyimpanan online yang bisa digunakan secara gratis, contohnya pada tutorial ini saya menggunakan Google Drive. 

2. Bagikan File Video ke Google Drive

Langkah kedua yang bisa teman-teman lakukan adalah dengan menyimpannya pada penyimpanan online seperti Google Drive, biasanya pada setiap smartphone ada sebuah fitur untuk berbagi ke media lainnya seperti Google Drive. Contohnya seperti berikut ini.

cara menyimpan video dari wa
Berbagi File ke Media Lain 

Nah contohnya seperti gambar diatas, dimana kita bisa berbagi file ke media lain seperti Google Drive, Story IG, Gmail dan beberapa media lainnya. Silahkan teman-teman pilih Simpan Ke Drive mungkin di beberapa smartphone agak berbeda dari segi tampilannya. Disini saya sendiri menggunakan smartphone Oppo. 

Jika sudah mari lanjut ke langkah berikutnya, sekaligus langkah terakhir.

3. Cari File di Google Drive & Download Video nya

Jika sebelumnya ktia sudah menyimpan file berupa video ke Google Drive, di langkah terakhir ini kita cari file yang disimpan tadi untuk kemudian diunduh. 
kenapa folder whatsapp image tidak muncul di galeri
Undu File Video dari Google Drive

Anggap saja kita sudah menemukan file yang tadi kita simpan, langkah terakhirnya cukup tap titik 3 vertikal kemudian ketuk unduh, dengan demikian kita telah berhasil mengunduh Video yang sebelumnya ktia simpan di Google Drive. 

Sampai disini kita telah berhasil mengikuti panduan tentang 2 Cara Mengatasi Video Yang dikirim di WA Tidak Tersimpan di Galeri. 

Akhir Kata, 2 Cara Mengatasi Video Yang dikirim di WA Tidak Tersimpan di Galeri sendiri sangatlah mudah untuk dilakukan, dimana ada 2 metode yang bisa dilakukan, selain mengubah pengaturan pada penyimpanan di WA, kita juga bisa memindahkannya sementara ke Cloud Storage Online sebelum pada akhirnya diunduh. 

Demikianlah artikel tentang 2 Cara Mengatasi Video Yang dikirim di WA Tidak Tersimpan di Galeri semoga apa yang saya tulis bermanfaat ya teman-teman.

Posting Komentar untuk "2 Cara Mengatasi Video Yang dikirim di WA Tidak Tersimpan di Galeri"