Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Chromium dan Trik Menghindarinya 2021

 

cara menghapus chromium di laptop windows 7

Teknologizoo.com - Cara Menghapus Chromium dan Trik Menghindarinya 2021, Chromium sebuah peramban dengan lisensi terbuka ( Open Source ) yang dimana Google mengambil kode sumbernya dimana browser atau peramban ini memiliki logo browser ini identik dengan warna biru keunguan dan memiliki logo yang mirip dengan Google Chrome, banyak orang yang bertanya-tanya apakah fungsi dari Chromium, apakah Chromium berbahaya, kemudian apakah browser Chromium ini layak digunakan sebagai browser andalan? 

Saya pribadi sendiri lebih senang menggunakan browser Google Chrome daripada Google Chrome, karena Chrome sudah jelas dari segi keamanan dan fiturnya yang memanjakan, biasanya Chorimum akan tiba-tiba terpasang ketika kita mengunduh sebuah file gratisan di internet, kemudian dalam file tersebut disisipi Chromium yang tiba-tiba terinstall pada laptop ataupun komputer. 

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Google Chrome Sering Lag atau Lemot di PC & Android

Bagi teman-teman yang saat ini kebingungan kenapa ada Chromium pada Laptop ataupun PC padahal tidak menginstallnya, kemudian bagaimana sih cara menghapus Chromium tersebut dan bagaimana trik menghindarinya? semua itu akan saya bahas pada artikel ini tentang Cara Menghapus Chromium dan Trik Menghindarinya 2021. 

Cara Menghapus Chromium dan Trik Menghindarinya 2021

Cara Menghapus Chromium dari Laptop atau PC sendiri caranya sangatlah mudah dimana kita bisa menghapusnya secara langsung melalui Control Panel, selain itu kita juga bisa menghapus semua file atau folder yang berhubungan dengan Chromium. 

  • Klik Kanan pada Logo Windows 
  • Pilih Control Panel 
  • Pilih Uninstall Program 
  • Cari program Chromium 
  • Klik Kanan pada nama Software nya 
  • Pilih Uninstall 
Jika kurang jelas, mari simak gambar berikut ini ya teman-teman. 

perbedaan chrome dan chromium
Control Panel Menu 

Jika sudah masuk Control Panel silahkan teman-teman pilih Uninstall Program seperti pada gambar diatas, jika sudah maka kita akan dibawa masuk ke tampilan berikut ini. 

virus chromium
Hapus Program Yang Diinginkan 

Nah pada bagian inilah kita bisa menghapus program yang diinginkan contohnya Chromium berhubung saya sudah menghapus Software Chromium yang ada di laptop saya, jadi silahkan teman-teman menyesuaikan ya. 

Pilih pada nama Chromium nya, klik kanan kemudian pilih Uninstall. 

Seharusnya sampai disini kita sudah berhasil menghapus Software Chromium dari Laptop atau PC kita

Hapus File atau Folder Yang Berhubungan Dengan Chromium

Selain menghapusnya di Control Panel, teman-teman juga bisa menghapus semua file yang terkait dengan Chromium pada Window Explorer dan menghapus semua file yang berhubungan dengan Chromium sampai ke akarnya. 

Caranya sendiri cukup mudah, jika terdapat icon atau shortcut Chromium pada tampilan Desktop, kita bisa menghapusnya dan menuju langsung pada folder chromium, contoh seperti berikut ini. 

menghapus chromium sampai bersih
Open File Location Software

Nah pada bagian atau menu Open File Location seperti pada gambar diatas, kita bisa langsung menuju file dan folder yang berhubungan dengan chromium, sekali lagi saya katakan karena saya sudah menghapus program tersebut pada Laptop saya, silahkan teman-teman menyesuaikan ya. 

Jika sudah, maka kita akan dibawa masuk ke sebuah tampilan folder seperti berikut ini. 

cara menghapus chromium sampai ke akarnya
Menghapus Folder Software

Nah ibaratkan saja folder diatas merupakan chromium ya, disanalah folder yang berhubungan dengan Chromium berada, kita bisa menghapus folder tersebut secara tuntas sampai ke akarnya. 

Trik Menghindari Chromium 2021

Agar Chromium tak terinstall secara tiba-tiba padahal tidak diinginkan, ada trik yang bisa teman-teman terapkan agar software tersebut tidak terpasang pada Laptop atau PC secara tiba-tiba. Dan berikut ini adalah triknya. 

  1. Jangan Download Software Bajakan, langkah pertama yang bisa teman-teman lakukan adalah untuk tidak mengunduh software bajakan dari sebuah situs apalagi yang tidak terpercaya, jika memang inign tetap mengunduhnya  karena terpaksa dan kebutuhan, baca terlebih dahulu peraturan atau hal-hal mencurigakan yang muncul, contohnya seperti jendela atau pop up yang tiba-tiba muncul. 
  2. Gunakan Antivirus / Windows Defender, langkah kedua yang bisa teman-teman lakukan adalah dengan menginstall antivirus atau menggunakan Windows Defender yang ada, dengan demikian setiap ada software atau program mencurigakan yang akan terinstall, akan otomatis terdeteksi oleh sistem. 
  3. Unduh Software dari Sumber Terpercaya, yang terakhir saya tegaskan kembali unduhlah software gratis dari sumber terpercaya, saya sendiri sangat merekomendasikan situs Getinto PC dimana Getinto PC merupakan sebuah website yang menyajikan file atau software yang bisa diunduh secara gratis dan aman tentunya. 
Diatas merupakan 3 trik yang bisa teman-teman terapkan agar terhindar dari Chromium. 

Akhir Kata, menghapus sebuah software bernama Chromium dapat dilakukan melalui Control Panel dan langsung menghapusnya melalui menu Open File Location tak hanya itu kita bisa juga menggunakan trik agar terhindar dari Chromium. 

Demikianlah artikel tentang Cara Menghapus Chromium dan Trik Menghindarinya 2021 semoga apa yang saya tuliskan bermanfaat ya teman-teman.

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Chromium dan Trik Menghindarinya 2021"