Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Kapasitas Penyimpanan di Macbook Air M1

 

melihat sisa kapasitas penyimpanan di macbook

Teknologizoo.com - Cara Mengetahui Kapasitas Penyimpanan di Macbook Air M1. Berbicara tentang kapasitas penyimpanan, terutama kapasitas penyimpanan Macbook, saya yakin sobat yang membaca artikel ini sedang bingung tentang bagaimana cara mengetahui atau melihat kapasitas penyimpanan Macbook. 

Pada kesempatan ini akan saya bahas tentang Cara Mengetahui Kapasitas Penyimpanan di Macbook Air M1, jadi disini saya menggunakan Macbook M1, tetapi tutorial yang saya tulis bisa sobat aplikasikan juga ke Macbook terdahulu ya, tidak ada perbedaan. 

Baca juga : Cara Melihat Spesifikasi Macbook Air M1

untuk cara melihat sisa penyimpanan di Macbook sendiri sangatlah mudah dan sangat berguna ketika sobat ingin mengetahui kapasitas yang tersedia, misal sobat ingin mengunduh aplikasi atau software baru, tentunya harus memastikan terlebih dahulu kapasitas yang tersedia nya masih ada ruang yang kosong alias free space. 

Cara Mengetahui Kapasitas Penyimpanan di Macbook Air M1

Cara melihat sisa penyimpanan di Macbook sendiri sangatlah mudah, disini ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan. 

1. Melalui Menu About this Mac

Langkah pertama dalam Cara Mengetahui Kapasitas Penyimpanan di Macbook Air M1, adalah dengan melihatnya melalui menu about this mac. Caranya sendiri sangatlah mudah sobat hanya perlu klik logo apple yang ada di pojok kiri atas, kemudian pilih about this mac. 

Jika sudah, masuk ke menu storage. Jika belum jelas mari simak gambar berikut ini.

cara melihat ukuran file di macbook
Melihat kapasitas penyimpanan melalui About this mac

Nah pada gambar diatas dijelaskan, masih ada ruang sekitar 187 Gigabyte lagi yang tersisa dari kapasitas keseluruhan yaitu 245Gb atau 250Gb. 

2. Melihat Sisa Penyimpanan Melalui Finder

Cara kedua yang bisa sobat lakukan juga dalam Cara Mengetahui Kapasitas Penyimpanan di Macbook Air M1 adalah dengan melihatnya melalui finder. 

Melihat kapasitas storage di macbook air m1
Finder 

Silahkan sobat buka finder, setelah itu pada gambar seperti diatas klik kanan kemudian pilih get info, otomatis akan muncul sebuah jendela baru yang salah satunya menunjukkan informasi tentang kapasitas penyimpanan Macbook kita. Contohnya seperti gambar berikut ini.

Baca juga : Cara Menambahkan Touch ID atau Sidik Jari di Macbook Air M1


cara mengetahui dan melihat storage harddisk macbook
Get info di Macbook

Bisa sobat lihat capacity pada gambar diatas, juga available alias kapasitas yang tersisa dalam media penyimpanan. 

3. Melalui Disk Utility 

Yang terakhir dalam Cara Mengetahui Kapasitas Penyimpanan di Macbook Air M1, adalah melalui disk utility. Silahkan sobat buka disk utility melalui launchpad, setelah itu akan langsung dibawa masuk ke tampilan seperti berikut ini. 

melihat sisa kapasitas storage melalui disk utility
Melihat kapasitas penyimpanan melalui disk utility 

Seperti pada gambar diatas, melihat sisa penyimpanan melalui menu disk utility ini jauh lebih lengkap jika dibandingan dengan dua cara sebelumnya ya sobat. 

Akhir kata, melihat atau mengetahui kapasitas penyimpanan Macbook terkadang harus dilakukan dan cukup penting untuk dilihat. Agar kita bisa tahu sisa penyimpanan yang ada di Macbook kita. 

Demikianlah artikel tentang Cara Mengetahui Kapasitas Penyimpanan di Macbook Air M1. 

Selamat mencoba ya sobat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Kapasitas Penyimpanan di Macbook Air M1"