Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Screenshot atau SS di Macbook Air M1

 

cara screenshot di macbook air m1

Teknologizoo.com - Begini Cara Screenshot atau SS di Macbook Air M1. Bagaimana cara mengambil screenshot alias tangkapan layar di Macbook? screenshot atau SS sendiri memang berfungsi untuk mendokumentasikan bagian-bagian yang tidak bisa diunduh atau download. Entah itu untuk mengambil tangkapan gambar atau video yang ingin di dokumentasikan. 

Macbook sendiri menggunakan sistem operasi MacOS yang tentu secara tampilan berbeda, begitupula dengan keyboard yang sedikit berbeda dari laptop-laptop lainnya, termasuk dalam mengambil screenshot atau tangkapan layar, jika di laptop lain hanya perlu menekan tombol print screen, di macbook kita harus menekan beberapa tombol agar bisa mengambil SS. 

Baca juga : Cara Mematikan dan Menyalakan Macbook Air M1 Secara Otomatis

Lalu bagaimana cara screenshot di Macbook Air? berikut ini adalah caranya. 

Begini Cara Screenshot atau SS di Macbook Air M1

Ada 3 cara yang bisa sobat lakukan untuk melakukan screenshot  di Macbook. 

1. Tekan tombol Command, Shift dan angka 3 di Keyboard

yang pertama dalam cara melakukan screenshot alias SS di Macbook, sobat bisa menekan tombol kombinasi command + shift + angka 3. Jika sudah, otomatis tangkapan layar akan tersimpan ke desktop Macbook yang kita gunakan. 

Cara pertama ini berfungsi bagi sobat yang ingin mengambil SS secara penuh alias fullscreen.

Baca juga : 8 Cara Menghemat Baterai Macbook Agar Tidak Cepat Habis

2. Tekan Tombol Command, shift dan angka 4 di Keyboard

Langkah kedua ini berfungsi bagi sobat yang ingin mengambil screenshot hanya pada bagian yang kita inginkan, bisa juga disebut sebagian layar saja sesuai yang kita drag and drop. Hasilnya kurang lebih seperti ini. 

hasil screenshot macbook tersimpan dimana
Hasil screenshot langkah kedua.

 Lalu apa yang membedakan langkah screenshot pertama dan kedua di Macbook? Jika sobat menggunakan cara pertama, hasil screenshot alias tangkapan layar akan otomatis langsung tersimpan di layar desktop, sedangkan jika menggunakan cara yang kedua, akan muncul sebuah pop-up dan kita bisa melakukan pengeditan terlebih dahulu seperti pada gambar diatas. 

Jika sudah selesai, klik done, maka otomatis hasilnya baru akan tersimpan.

3. Tekan Tombol Command, Shift dan angka 5 di Keyboard

Yang terakhir tentang bagaimana cara mengambil screenshot alias tangkapan layar di Macbook, sobat juga bisa menggunakan cara ketiga ini, yaitu dengan menekan tombol command, shift dan angka 5 di keyboard. Jika sobat menggunakan cara ketiga ini lebih memberikan banyak opsi pada hasil screenshot yang dilakukan. 


Contohnya seperti pada gambar berikut ini.

cara melihat hasil ss di macbook
hasil screenshot langkah ketiga

Diatas merupakan hasil SS dari cara ketiga, seperti yang kita lihat di cara ketiga ini memberikan banyak sekali opsi yang bisa dipilih unutk mengatur rasio screenshot. Ada banyak opsi dibawah layar yang bisa sobat pilih untuk menentukan rasio nya sesuai keinginan. 

Akhir kata, screenshot ini sangat berguna sekali untuk berbagai keperluan, terlebih lagi untuk mengambil gambar yang tidak bisa diunduh secara langsung. SS sendiri bisa dilakukan dengan 3 cara seperti pada tutorial diatas ya sobat. 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Begini Cara Screenshot atau SS di Macbook Air M1"