Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus File Sampah di Macbook Air M1

 

membersihkan macbook agar tidak lemot

Teknologizoo.com - Cara Menghapus File Sampah di Macbook Air M1. Layaknya laptop yang menggunakan sistem operasi Windows yang harus dilakukan pemnbersihan secara rutin, Macbook pun demikian, ada beberapa manfaat yang kita dapatkan ketika kita sering atau rutin membersihkan file-file sampah atau junk file yang tidak kita sadari ternyata mengendap di tong sampah atau trash di Macbook yang kita gunakan. 

Sama seperti laptop yang menggunakan OS Windows, di Macbook pun setiap file yang kita hapus tidak akan langsung hilang secara permnanen, alias akan terbuang dulu ke tempat penampungan sementara yang lebih dikenal dengan trash, kemudian setelah kurang lebih 30 hari, barulah file yang diahpus tersebut akan hilang secara permanen. 

Cara Menghapus File Sampah di Macbook Air M1

Lalu bagaimana cara membersihkan sampah di Macbook? caranya sendiri sangatlah mudah dan membersihkan file sampah ini harus rutin dilakukan untuk menjaga kapasitas memori internal juga menjaga agar Macbook tidak lemot. 

Buka Menu Trash Yang ada di Dock 

Cara membersihkan atau menghapus file sampah yang sudah pernah dihapus sebelumnya sangatlah mudah ya sobat, dimana kita hanya perlu membuka menu trash alias sampah yang ada di dock. 

cara membersihkan file sampah di macbook
Menu trash di Macbook 

Silahkan sobat lihat sebuah ikon tong sampah yang ada di pojok kanan bawah, seperti gambar diatas, silahkan klik ikon tong sampah atau trash tersebut. 

Pilih File Yang Ingin Dihapus Secara Permanen

Nah pada bagian inilah kita bisa menghapus file sampah secara permanen, yang sebelumnya ditampung disebuah wadah bernama trash atau tong sampah.

Disini kita bisa menghapus file sampah sesuai keinginan atau kita juga bisa menghapus semuanya. 

cara membersihkan macbook agar tidak lemot
Pilih File yang ingin dihapus 

Untuk cara menghapusnya sendiri cukup mudah ya sobat, kita bisa hapus satu per satu, atau sobat bisa melakukan block terlebih dahulu seperti gambar diatas, klik kanan, setelah itu klik menu delete immediately. 

Jika sudah, maka otomatis file sampah yang ada di trash akan hilang secara permanen. 

Sampai disini kita sudah berhasil mengikuti tutorial singkat tentang Cara Menghapus File Sampah di Macbook Air M1. 

Manfaat Rutin Membersihkan File Sampah di Macbook 

Ada beberapa manfaat ketika sobat rutin membersihkan file sampah yang mengendap di Macbook yang kita gunakan. 
  1. Mengosongkan Memori Internal, Karena file yang dihapus tidak langsung hilang permanen alias ditampung sementara di tong sampah alias trash, maka otomatis file-file sampah tersebut masih akan menggunakan kapasitas memori internal sebagai 'rumah mereka', manfaatnya ketika sobat menghapus file sampah secara permanen adalah mampu memberikan ruang penyimpanan lebih kepada memori internal. Sehingga kembali ke kapasitas semula. 
  2. Mencegah Macbook Lemot, Seperti kita ketahui terlalu banyak file sampah yang mengendap tentu tidak baik, nah salah satu manfaat membersihkan file sampah di Macbook adalah mencegah supaya Macbook yang kita gunakan performa nya stabil dan tidak lemot.
Diatas merupakan 2 manfaat paling utama ketika kita rajin membersihkan file sampah secara manual ya sobat. Demikianlah artikel tentang Cara Menghapus File Sampah di Macbook Air M1.

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus File Sampah di Macbook Air M1"