Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mengatasi HP Oppo F9 Sering Masuk ke Recovery Mode

 Cara Masuk Recovery Mode

Teknologizoo.com - 2 Cara Mengatasi HP Oppo F9 Sering Masuk ke Recovery Mode. Oppo F9 merupakan salah satu smartphone yang masih tergolong baru dan baru saja dirilis sekitar tahun 2018 lalu dimana diawal kemunculan smartphone ini memang mampu menarik minat pasar gadget khususnya pasar di Indonesia, hadirnya Oppo F9 ini merupakan inovasi dan produk terbaru dari Oppo tipe lain yang merupakan pendahulunya.

Oppo F9 selain harganya yang bisa dibilang sesuai dengan standar harga pasaran smartphone di Indonesia, smartphone yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang cukup lengkap, mulai dari aplikasi, software hingga segi keamanan yang cukup baik.

Diawal kemunculan Oppo F9 sendiri masih menggunakan android 8 atau yang lebih dikenal dengan Oreo, dan sampai saat ini di tahun 2021 telah menggunakan android tipe 10 yang dikenal dengan istilah Queen Cake.

Baca Juga : Cara Mematikan dan Menyalakan HP Opppo F9 Secara Otomatis

Tidak hanya itu smartphone pun dilengkapi dengan yang namanya Firmware dimana firmware sendiri berfungsi untuk menyediakan kontrol lever dari yang terendah untuk perangkat keras.

Berbicara tentang firmware atau ColorOS ada keterkaitan satu sama lain dengan yang namanya Recovery mode, dimana Recovery Mode ini berfungsi untuk mengembalikan ke Stock ROM awal.

Saya yakin bagi sobat saat ini yang menggunakan HP Oppo F9 atau seri lainnya, kemudian menemukan artikel yang saya tulis, sedang mengalami masalah HP Oppo yang sering masuk ke recovery mode dengan sendirinya, tentu hal ini bisa dikatakan cukup menganggu apabila masuk sendiri kedalam recovery mode secara terus menerus.

Lantas apakah ada cara untuk mengatasi recovery mode ini? tentu saja ada, ada 2 Cara Mengatasi HP Oppo F9 Sering Masuk ke Recovery Mode yang bisa sobat lakukan, caranya sendiri bisa dibilang cukup mudah untuk saya pribadi, memang agak memerlukan waktu yang cukup lama.

Dan berikut ini adalah 2 Cara Mengatasi HP Oppo F9 Sering Masuk ke Recovery Mode

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Fitur Sidik Jari dan Wajah HP Oppo F9

2 Cara Mengatasi HP Oppo F9 Sering Masuk ke Recovery Mode

Ada 2 Cara Mengatasi HP Oppo F9 Sering Masuk ke Recovery Mode yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah recovery mode ini, lantas apa sih yang jadi penyebab sebuah smartphone masuk ke menu recovery mode dengan sendirinya?

Penyebab Smartphone Sering Masuk Recovery Mode

Penyebab sebuah smartphone sering masuk ke recovery mode biasanya terjadi karena ada ketidaksesuaian antara perangkat yang kita gunakan dengan versi ColorOS atau yang juga dikenal dengan istilah Firmware seperti yang saya katakan diatas bahwa ColorOS dan Firmware ini masih ada keterkaitan satu sama lain.

Dan berikut ini adalah 2 Cara Mengatasi HP Oppo F9 Sering Masuk ke Recovery Mode yang bisa sobat lakukan.

1. Perbarui Versi Color OS Melalui Pengaturan

Langkah pertama dalam 2 Cara Mengatasi HP Oppo F9 Sering Masuk ke Recovery Mode yang bisa sobat lakukan adaalh dengan memperbarui Color OS melalui pengaturan smartphone, biasanya untuk memperbarui ColorOS ini sobat hanya perlu masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih pembaruan perangkat lunak.

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Google di Smartphone Oppo F9

Jika sudah memiliki versi terbaru maka akan mendapatkan notifikasi seperti berikut ini.

Penyebab Sering Masuk Recovery Mode
Color OS 7.1


2. Perbarui Firmware Melalui Situs Resmi Oppo

Seperti yang saya katakan diatas firmware dan colorOS ini masih ada keterkaitan, kemudian penyebab sering masuknya smartphone kedalam recovery mode karena ada versi firmware/color os yang tidak sesuai dengan perangkat yang digunakan, atau dikenal dengan istilah not compatible.

Untuk mengatasi recovery mode sendiri caranya sangat mudah, dimana sobat bisa mencari terlebih dahulu firmware yang sesuai dengan versi perangkat yang sobat gunakan melalui situs resmi Oppo

Jika sudah mengunduh firmware yang sesuai lanjutkan langkah berikut ini

  • Simpan File Recovery Mode pada File SD Card ( Folder terpisah )
  • Hidupkan perangkat kemudian masuk ke menu recovery mode
  • Pilih Bahasa Inggris
  • Pilih lagi Wipe Cache and Data
  • Kemudian pilih instalasi dari Micro SD / SD Card kemudian cari folder dimana kita menyimpan file firmware yang telah diunduh tadi.
  • Tunggu proses berjalan sampai selesai.

Kemudian jika proses instalasi telah selesai maka kita telah berhasil mengikuti tutorial 2 Cara Mengatasi HP Oppo F9 Sering Masuk ke Recovery Mode.

Apabila hasilnya masih sama, sangat disarankan sobat untuk menggunakan bantuan Laptop ataupun Komputer untuk melakukan flash ulang.

Apakah cara ini berfungsi untuk semua seri Oppo? tentu saja, hanya saja harus dipastikan kembali firmware yang diunduh sesuai dengan spesifikasi perangkat yang digunakan atau compatible dengan perangkat sobat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Memori Internal Hampir Habis dan Kinerja Menurun HP Oppo F9

Nah sobat, demikianlah artikel tentang 2 Cara Mengatasi HP Oppo F9 Sering Masuk ke Recovery Mode, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "2 Cara Mengatasi HP Oppo F9 Sering Masuk ke Recovery Mode"