Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Lambat atau Lemot

 

cara mengatasi telegram pending

Teknologizoo.com - 7 Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Lambat atau Lemot, Telegram merupakan salah satu aplikasi pengiriman pesan yang cukup familiar saat ini. Terbukti dengan banyaknya pengguna Telegram yang kian melesat setiap waktunya. Banyak fitur-fitur menarik yang memang memnajakan para pengguna nya. 

Dibalik kecanggihan aplikasi Telegram ini, pernahkah sobat mengalami masalah ketika menggunakan Telegram? contohnya seperti aplikasi yang berjalan lemot atau lambat? jika demikian, pada kesempatan kali ini Teknologizoo.com akan mencoba berbagi tips perihal masalah tersebut. 

Penyebab Telegram Berjalan Lemot atau Lambat

Apa sih yang jadi penyebab aplikasi Telegram ini menjadi lebih lambat ketika dijalankan? seperti loading yang tak kunjung selesai, atau memang sangat lama hanya untuk membuka aplikasinya? mari kita atasi masalah tersebut. 

7 Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Lambat atau Lemot

1. Bersihkan File Cache

Yang pertama dalam 7 Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Lambat atau Lemot adalah dengan membersihkan file cache yang mengendap di smartphone kita. File cache ini diibaratkan sebagai sampah yang menumpuk. 


Dari mana asal file tersebut? tentunya berasal dari aplikasi Telegram yang kita buka. 

Cara membersihkannya sendiri sangatlah mudah, cukup masuk ke pengaturan, pilih aplikasi Telegram kemudian bersihkan file cache yang ada. 

kenapa telegram lemot saat menggunakan wifi
File Cache Telegram

Nah sobat bisa menghapusnya seperti pada gambar diatas. 

2. Hapus File Yang Tidak Penting di HP

Yang kedua dimana bisa juga jadi penyebab kenapa Telegram jadi lemot, adalah dengan kurangnya kapasitas memori pada smartphone yang kita punya, tentu setiap HP memiliki kapasitasnya masing-masing tergantung spesifikasi smartphone itu sendiri. 

Semakin sedikit ruang penyimpanan yang ada, maka setiap aplikasi yang dijalankan akan semakin lambat juga. 


Untuk mengakalinya, sobat disarankan menghapus aplikasi atau file-file yang dianggap tidak penting untuk memberikan ruang lebih terhadap penyimpanan smartphone ( memori internal ). 

3. Nonaktifkan Fitur Download Otomatis di Telegram

Yang ketiga dalam 7 Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Lambat atau Lemot adalah dengan menonaktifkan fitur unduhan otomatis yang ada di Telegram. Terkadang, ketika fitur tersebut aktif memang akan memperlambat jalannya aplikasi khususnya bagi sobat yang punya kapasitas penyimpanan yang terbatas.

Cara menonaktifkan fitur download otomatis nya sendiri sangatlah mudah. 

  • Buka Aplikasi Telegram
  • Masuk ke Pengaturan 
  • Ketuk menu Data dan Penyimpanan 
  • Kemudian Nonaktifkan Pengunduhan Otomatis
Bagi yang kurang jelas, mari simak gambar berikut. 

Menonatifkan Fitur Download Otomatis
Menonatifkan Fitur Download Otomatis Telegram

Baca Juga : 4 Langkah Agar Akun Telegram Tidak Diundang Sembarangan ke Grup

4. Keluar dari Grup Telegram Yang Tidak Penting

yang keempat adalah dengan keluar dari grup telegram yang sekiranya tidak penting, semakin banyak grup, semakin lama pula proses pemuatan aplikasi. 

5. Nonaktifkan Fitur Putar Otomatis

Yang kelima dalam 7 Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Lambat atau Lemot adalah dengan menonaktifkan fitur putar otomatis yang ada di Telegram, biasanya fitur ini berfungsi untuk memutar vidoe yang dikirim dalam grup maupun pesan pribadi. 

6. Hapus Pesan Yang Tidak Penting

Yang keenam adalah dengan menghapus beberapa pesan yang sudah lawas atau tak lagi penting, dengan demikian mampu meminimalisir lambatnya aplikasi Telegram.

7. Restart Smartphone

Langakah terakhir dalam 7 Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Lambat atau Lemot adalah dengan melakukan restart pada smartphone sobat, biasanya dengan melakukan restart mampu mengatasi beberapa bug atau kesalahan yang ada pada smartphone kita. 

Nah sobat, demikianlah artikel tentang 7 Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Lambat atau Lemot semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Lambat atau Lemot"